-->
Menu
/ /
Review Buku Asyiknya Bermain

 

Bagi anak-anak, setiap waktu adalah bermain. Mereka akan mengenal aturan, proses, dan belajar bijak. Ketika bermain bukan hanya mementingkan diri sendiri juga menghormati lawan main. Banyak permainan anak yang tak kalah serunya. Mulai dari permainan yang sederhana, permainan tradisional, hingga permainan modern. 


Di kelas menulis cerita anak bersama penerbit ini, para penulis mengasah cerita permainan dengan sangat menarik. Yuk, simak cerita-cerita seru lainnya!

Review Buku Asyiknya Bermain 



Wayang Suket Buatan Kakek

Karya: Dwi Rahmayanti


Liburan sekolah telah tiba. Ayah dan Bunda mengajakku bertamasya ke kampung halaman Kakek dan Nenek yang ada di pedesaan. Aku merasa senang karena liburan kali ini kami tidak di rumah saja. Kata Bunda, di desa itu sangat menyenangkan karena banyak hal menakjubkan yang tidak bisa ditemui di kota.
“Memang di tempat Kakek dan Nenek ada apa aja, Bun? Kok sampai bisa membuat kita takjub?” tanyaku penasaran sambil menatap Bunda yang sedang tersenyum.
Bunda tersenyum, kemudian berkata, “Lea lihat saja nanti kalau sudah sampai.”
Mendengar ucapan Bunda, aku mengangguk dan kembali menikmati perjalanan yang terasa mengasyikkan. Aku menikmati pemandangan pepohonan di kanan dan kiri jalan sambil bermain gim di ponsel.



Hujan

Karya: Esti


Allahu Akbar, Allahu Akbar.
Kumandang azan memecah keheningan pagi itu. Suara yang saling bersahutan dari musala dan masjid sekitar rumah Ara memang cukup ampuh membuat Ara terjaga. Bergegas Ara bangun, memaksakan duduk meski dengan mata yang masih terpejam.
 Dingin sekali. Enaknya selimutan lagi, nih. Tapi aku harus bangun, kata Ara dalam hati sambil menjejakkan kakinya di lantai.
Aku tidak boleh terlambat! kata Ara lagi, masih di dalam hati. Dipaksanya melangkah dan menyalakan lampu. Ara tersenyum menatap ke sudut kamar. Yes, segala sesuatunya sudah disiapkan dengan baik dan rapi.
Ara keluar kamar diikuti Rana, adiknya. Dengan mata masih terpejam, Rana berjalan mengekor seraya memegang ujung baju kakaknya itu. Tadi Ara memang memaksanya agar segera bangun.



Yuk, Bermain Jajangkungan!

Karya: Rizky Amallia Eshi


Minggu pagi yang cerah ternyata tidak mengubah suasana hati Ardi yang sedang bingung. Wajah Ardi juga terlihat sangat kusut. Melihat hal itu, Ayah yang baru selesai mencuci mobil menghampirinya.
“Kenapa, A?” tanya Ayah sambil duduk di samping Ardi.
Anak kelas enam SD itu segera menjawab, “Aa bingung, Pa.”
“Bingung kenapa? Cerita, dong. Siapa tahu Apa bisa bantu,” tawar sang Ayah.
“Jadi gini, Pa. Aa kan kelas enam, ya, bentar lagi mau lulus. Nah, minggu depan itu udah masuk pekan ulangan. Selain ujian dalam bentuk tulisan, ada juga ujian dalam bentuk praktik




Bermain Hujan Bersama Ayah

Karya: Dita Aledina


Aku berdiri di depan pintu rumah karena hari ini Ayah akan pulang. Sudah seminggu Ayah pergi bekerja. Kata Bunda, Ayah pergi untuk tugas negara. Ayahku memang seorang tentara. Ia bekerja menjaga negaraku, Indonesia. Aku bangga padanya, meskipun terkadang Ayah harus pergi berhari-hari, bahkan berbulan-bulan. Aku rindu bermain bersama Ayah.
Suara klakson mobil Ayah mengagetkan. Aku menunggu mobilnya berhenti, lalu berlari menghampirinya.
“Ayaaah!” teriakku, begitu bahagia melihat kedatangan Ayah.




Tuk-Tuk Ubi

Karya: Izza Aini Rosyidah


Di Jakarta, hari Sabtu merupakan hari libur sekolah. Fatah dan teman-temannya selalu menunggu hari Sabtu untuk bermain bola. Terlebih mereka mendapat teman sekolah pindahan dari Purwokerto yang jago bermain bola bernama Dika. Mereka berjanji untuk bermain bola Sabtu pagi pekan ini.
Pukul 07.00 WIB, Ranu, Bani, Wisnu, dan Dika sudah datang menjemput Fatah untuk bermain bola. Tapi sayang, ia bangun kesiangan.
“Fatah, ayo cepat!” ucap Bani.
“Iya, bentar,” sahutnya sambil menenteng bola plastik.
Mak yang sedang berada di dapur pun berkata, “Fat, sarapan dulu. Mak sudah masak nasi goreng, nih.”
“Enggak sempat, Mak. Fatah buru-buru, nih.”




Teman Bermain Lila

Karya: Ernawati Lilys


Sejak pindah rumah, Lila selalu mengurung diri di kamar, membuat Ayah dan Ibu sedih sekali. Ibu membujuk Lila untuk berbaur dengan teman barunya, tetapi Lila menggeleng. Tak kalah dari Ibu, Ayah juga mengajak Lila berkeliling desa. Desa ini memang indah, banyak sawah dan sungai yang jernih.
“Lila mau di rumah yang dulu, Bu!” Suara Lila terdengar sendu sambil menekuk wajahnya.
“Iya, Lila, Ibu juga paham. Tapi ....” Ibu melirik Ayah.
“Lila, Ayah sekarang sudah dipindahtugaskan ke sini.” Ayah mencoba menjelaskan dengan sabar.
Ibu memeluk Lila dan mengusap wajahnya. “Besok Ibu ajak main, ya, di sini banyak permainan seru.”


Blurb

Salah satu hal yang tidak bisa dipisahkan dari anak-anak adalah bermain. Bagi mereka, bermain merupakan hal menyenangkan yang harus dilakukan setiap hari. Terkadang, anak-anak akan lupa waktu saking asyiknya bermain. Selain itu, bermain juga dapat membuat anak-anak yang tadinya bersedih, menjadi lebih ceria lagi. 


Buku berjudul Asyiknya Bermain memberikan gambaran tentang hakikat bermain bagi anak-anak. Di dalam buku ini terdapat berbagai permainan yang membuat anak-anak kembali ceria, Mulai dari permainan yang sederhana, permainan tradisional, hingga permainan modern yang mengesankan.
Yuk, kita menyelami dunia bermain anak!

Penulis: Dwi Rahmayanti, dkk
Penyunting : Yuli Triyuliani
Ilustrator : Ernawati Lilys  
Penata Letak: Ernawati Lilys
Desain sampul : Ernawati Lilys
Cetakan I :  Agustus 2021
Penerbit : YPI Attaqiy
Halaman : 64 halaman
ISBN : 978-623-97107-4-3
Tahun : 2021

 

Buku Asyiknya Bermain mengajak anak untuk memilih permainan yang menyenangkan. Bisa bermain dengan keluarga, dengan alam, juga permainan tradisional. Buku ini menarik dan ilustrasi berwarna akan membuat anak-anak menyukai buku ini. Bagi yang ingin memesan buku ini silakan kontak ke 081310832071

 

 

Salam Inspirasi 

/ /
 Rejeki WOW Jadi Ladang Rejeki Bagi Setiap Pengguna Smartfren



Hadirnya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berlaku terhitung sejak tanggal 3 Juli 2021 sampai 20 Juli 2021 mendatang. Pemberlakuan PPKM dilakukan untuk mencegah adanya lonjakan pasien positif yang terus bertambah. Pandemi membuat segalanya menjadi terbatas, segala hal perlu dilakukan dengan tetap menjaga jarak. Tetapi rindu tak mengenal jarak, untuk tetap bersilaturahmi secara jarak jauh dibutuhkan jaringan komunikasi yang lancar dan bersahabat seperti jaringan pada smartfren. 


Percaya atau tidak, dibalik setiap kesulitan akan selalu ada kemudahan. Walau hanya di rumah saja, ternyata  rezeki bisa datang menghampiri. Hal ini pastinya tidak asing lagi bagi pengguna smartfren karena ada program #RejekiWOW.


Apa Itu Program Rejeki WOW?


Rejeki WOW adalah program loyalti dari smartfren, Rejeki WOW Periode 2 sedang berlangsung mulai dari 1 Juni 2021 sampai 12 September 2021. Program ini memberikan kesempatan bagi setiap pengguna setia smartfren untuk mendapatkan #RejekiDepanMata berupa hadiah langsung dan hadiah pasti. Ada berbagai macam hadiah pasti mulai dari bonus pulsa, emas, smartphone, tablet, TV, laptop, E-Money, hingga sepeda motor dan Grand Prizes 50 gram emas, mobil, dan tabungan ratusan juta rupiah. Ikutan Rejeki WOW semua pasti menang, semua pasti dapat hadiah langsung ,pokoknya semua pasti dapat rejeki depan mata.

Ini adalah Arif Wahyudhi, pria berusia 27 tahun yang bekerja sebagai pedagang dan menjadi pemenang Rejeki WOW periode 1 yang mendapatkan total uang tunai sejumlah Rp 100.000.000.


Sedangkan pemenang Grand Prizes mobil Rejeki WOW smartfren yaitu Ahmad Sugiyanto, 24 tahun, pria asal Ketitang Kalikuto, Grabag Magelang. Pekerjaan sehari-harinya sebagai buruh lepas. Arief Wahyudi dan Ahmad Sugiyanto adalah dua dari jutaan orang yang mendapatkan keberuntungan dari program Rejeki WOW smartfren. 



Masih ada kesempatan untuk ikut Rejeki WOW Periode 2 sampai 12 September 2021 mendatang.


Beburu Harta Karun di Pulau Harta di Aplikasi MySmartfren


Semua pasti menang, semua pasti dapat hadiah langsung di Rejeki WOW smartfren. Caranya sangat mudah, cukup install aplikasi MySmartfren. Kemudian pilih menu “Rejeki WOW”dan lakukan transaksi jenis apapun via aplikasi MySmartfren,  selanjutnya dapatkan hadiah langsung dan kapal yang siap berlayar untuk berburu harta karun di pulau harta. Bagaimana caranya kapal bisa sampai Pulau Harta? dengan cara melakukan berbagai jenis transaksi mulai dari pembelian pulsa atau paket data, bayar tagihan pascabayar, dan transaksi lainnya di aplikasi MySmartfren. Setiap berlayar ke pulau harta, anda akan mendapatkan hadiah langsung. Pada pulau harta terakhir, anda memiliki kesempatan untuk menjadi pemenang Grand Prizes yang akan di undi pada bulan September 2021. Makin sering melakukan transaksi, semakin cepat menang dan dapat hadiah langsung.  Semoga Anda menjadi pemenang berikutnya. Jadi di rumah saja pun bisa hoki dengan Rejeki WOW dari Smartfren.




/ /
Review Buku Pengantin-Pengantin Al-Quds

 



PENGANTIN – PENGANTIN AL-QUDS


Allaahumma yaafaarijal hammi, kaasyifal gammi mujiiba da'aatil mudtarrina rahmaanad dunya wal aakhirati wa rahimahumaa anta tarhamunii farhamnii birahmatin tugniinii 'an rahmatin man siwaak.

"Ya Allah, Dzat yang menghilangkan kesusahan dan keprihatinan, Dzat yang mengabulkan doa orang yang dalam keadaan yang memaksa, Dzat yang Maha Belas Kasih, baik di dunia maupun di akhirat, Dzat Yang Maha Penyayang di dunia dan di akhirat. Engkaulah yang memberi belas kasih kepadaku, maka belas kasihilah aku dengan rahmat yang dapat menghindarkan aku dari belas kasih selain-Mu."

Kubaca ratusan kali doa ini, doa memohon agar dijauhkan dari kesedihan dan  belas kasih kepada Allah. Tak henti bibir ini membacanya, seperti sudah terekam dalam otakku untuk memutar terus doa ini. Aku wanita yang dirundung duka. Masih dalam lautan luka yang harus kulewati. Berada dalam kota buta, termenung da¬lam senja sunyi yang bernyanyi lagu rintihan hati ditinggal mati.
/ /
Review Buku Jurnal Penulis Buku Wajib Untuk Semua Penulis


www.ernawatililys.com - 



Alhamdulillah, kini hadir buku rekomendasi untuk para penulis. Pembahasan mudah dipahami, ada materi + komik sehingga membuat belajar teknik menulis menjadi menyenangkan. Isinya  lengkap untuk pengetahuan penulis pemula atau yang bergelut di dunia literasi.
/ /
Belajar Coding dengan Scratch

 

Apa yang dimaksud coding? 

Coding adalah istilah lain untuk pemrograman komputer. Jadi, yang dimaksud coding atau pemrograman komputer adalah proses membuat perintah pada komputer untuk melaksanakan sesuatu.

Setelah mengetahui apa itu coding, tahukah kamu tentang bahasa pemrograman? Supaya komputer mengerti apa yang kita perintahkan maka perintah tersebut harus menggunakan bahasa yang dimengerti oleh komputer atau yang sering disebut bahasa pemrograman.

Bahasa pemrograman komputer ada dua jenis yaitu :

1) Berbasis teks, seperti  C,  java, basic, phyton, dan program lain.

2) Berbasis visual, seperti  scratch, LOGO, ladder diagram, dan program lain. 

 

Dasar Desain Coding

Sebelum membuat aplikasi atau program komputer ada beberapa hal yang harus kita pertimbangkan supaya tujuan dibuat aplikasi tercapai, seperti apa saja kebutuhan aplikasi, siapa penggunanya, bagaimana aplikasi berjalan, di mana aplikasi digunakan, dan hal-hal lainnya. Berikut ini urutan tahapan dalam membuat sebuah aplikasi. 

              
Perencanaan & Analisis Desain   -----> Implementasi  -------> Testing
Aktivitas  coding ini berada dalam tahapan implementasi.\


Pengetahuan mendesain coding sangat dibutuhkan bagi mereka yang akan memperdalam coding. Buku ini bukan untuk membahas detail desain coding, melainkan fokus membahas dasar-dasar coding untuk pemula dengan aplikasi Scratch.  

 

 Mengenal Aplikasi Scratch 

 

Untuk pemula khususnya anak-anak yang akan belajar coding, banyak disediakan  bahasa pemrograman yang mudah digunakan di antaranya yang saat ini populer yaitu Scratch.


Scratch adalah sebuah aplikasi untuk membuat pemrograman visual yang dibuat khusus untuk pemula yang akan belajar coding dengan mudah dan menyenangkan. Dibuat oleh Lab Media Massachusetts Institute of Technologi (MIT) supaya aktivitas membuat program menjadi mudah dan menyenangkan bagi anak-anak.


Aplikasi untuk coding bisanya disebut IDE (Integrated Development Enviroment)  atau Lingkungan Pengembangan Terpadu, karena terdiri dari beberapa aplikasi yang dijadikan satu (terpadu) antara lain sebagai berikut:


a)Aplikasi untuk mengetik/membuat kode program (teks atau visual)
b)Aplikasi compiler
c)Aplikasi lainnya


Berikut ini contoh IDE aplikasi Scratch versi 3.0 yang akan digunakan pada buku ini.



                            Gambar IDE Scratch versi 3

Untuk membuat program Scratch, kita bisa membuatnya dengan 3 pilihan yaitu


1)Membuat coding di website secara online. Untuk menggunakan cara ini kita bisa mendaftar lebih dahulu. Setelah itu, lakukan login untuk memulai coding. Namun, bisa juga tanpa mendaftar lebih dahulu. Alamat situs https://scratch.mit.edu/join.


2)Membuat coding menggunakan HP android. Untuk yang satu ini, kita bisa install aplikasi Scratch melalui Play Store  di link https://play.google.com/store/apps/details?id=org.scratch.


3)Membuat coding secara offline pada komputer. Untuk ini kita download dahulu setup aplikasi Sketch, lalu meng-install di komputer. Alamat situs untuk download fail setup-nya https://scratch.mit.edu/download (tahapan install bisa di lihat dalam panduan buku di sini)


Berikut ini contoh karya anak SD kelas 3, sudah belajar scratch sejak kelas 1 SD. 


 

Temanya capung yang berputar-putar mengikuti arah mouse yang digerakkan. Ide ini agar terlihat capung terlihat terbang bebas dan bergerak-gerak. 



Tema kedua ini, gambar kambing yang mengejar anak laki-laki.Terinspirasi dari cerita komik Hari Besar Islam. Komik ini sedang ada promo juga,bisa di beli, tentang Ramadan, Idul Fitri, Idul Adha, kisahnya lucu dan menyenangkan juga banyak ilmunya. 


Gambar anak lelaki yang bernama Faiz, tetapi bajunya dibedakan karena keinginan anak. Anak-anak sekarang sudah bisa mengutarakan keinginannya. Dari warna baju, celana, warna kambingnya. Oiya, untuk gambar di Scratch bukan gambar dari ilustrator komik Hari Besar Islam, yaitu Pak Agus Willy K. Tetapi gambar di coding Scratch buatan dari penulisnya alias Ernawati Lilys. Jadi maaf kalau gambarnya kurang mirip dengan di komik, yang gambarnya keren-keren ya.Ini buat seru-seruan di Scratch. 



Cara gambar di sini pakai aplikasi gambar medibang. Di simpan dalam bentuk file PNG. Kemudian dihapus backgroundnya jadi transfaran, hapus backround bisa dengan photoshop atau eraser background secara online dan gratis. Setelah itu nanti bisa dimasukkan ke scratch dan buat ide cerita baru. 




Semua tentang coding scratch bisa dipelajari di buku "Belajar Coding dengan Scratch" bisa didapatkan di Tokopedia 



Salam inspirasi


/ /
Review Buku Mengetuk Pintu Sukses


Bismillah, Assalammualaikum warahmatullaahi wabarakatuh. Banyak yang bertanya tentang buku Mengetuk Pintu Sukses. Untuk siapa buku ini ditujukan. Sebenarnya buku ini sama dengan kehidupan saat ini, di mana sebagian besar orang bertanya "Kok hidup begini-begini saja?"

 

Prakata dari Penulis 


Menulis adalah menorehkan jejak kata untuk masa depan. Merangkai cerita yang bermakna, agar hidup semakin penuh warna. Tak selamanya senyuman itu melukis wajahmu, karena kamu tak akan tahu rasanya terjatuh. Segala kegagalan, keterpurukan, kesedihan dan juga kekecewaan dalam hidup, akan membuat sensor kepekaan semakin bertambah. Menumbuhkan empati dan juga berdistraksi dengan perbaikan diri pada Ilahi. 


Buku ini bukan hanya mengupas dari segi ilmu dari para ahli namun juga pengalaman penulis. Karena ilmu adalah cahaya petunjuk, selanjutnya adalah menjalani takdir dan berjalan sesuai petunjuk-Nya. Hingga satu persatu warna hidup kita alami, dari situlah lahir pengalaman-pengalaman baru. Sehingga dari pengalaman itu hadir sebuah tulisan yang bisa dibagikan dalam petuah bijak kehidupan.

Sukses butuh proses, dan proses pun lahir dari pengalaman-pengalaman. Semoga galeri kebaikan ini bisa terus tersalurkan dalam bingkai aksara. 


Suara dari Jiwa yang Terbelenggu


Mungkin juga orang mengira bahwa sukses adalah orang yang kaya raya. Padahal di berita banyak orang kaya pun terjebak narkoba, ada masalah financial juga tindak pidana. Sebenarnya, di mana sulit kita akan menemukan 'sebenar-benarnya' orang. Ketika sulit maka 'warna kulitnya' terlihat. Ada yang tenang, berserah pada Allah SWT, ada yang melilit diri dengan seribu masalah, dll.

Pernah merasakan diri ini sendiri? Kosong? Merasa tak ada apa-apanya? Jadi beban? Akhirnya selalu galau, bingung, resah, dan menyerah.
"Masa muda saya ngapain aja ya?"
"Duh, kok sekarang melangkah jadi berat!"
"Ke sana nggak bisa, diam aja juga mau sampai kapan?"
"Kok orang-orang, bergerak terus ya?"
"Apa nggak ada masalah dalam hidupnya?"
"Si A, keren menang terus!"
"Si B, keren banget jabatannya sudah di atas!"
"Si C, nulis duitnya berdolar-dolar!"
"Si D ...."
Terus saja mengomentari hidup orang yang 'baru terlihat di mata luar'

Yang kita tahu enak-enaknya saja.
Hasilnya saja.
Posisi di atas saja.

Padahal, semua orang memulai dari start 0 (kayak pertamini ya, di mulai dari nol)
Ya, dari kegagalan-kegagalan.
Ya, dari kesedihan-kesedihan.
Ya,dari hinaan-hinaan.
Ya, dari insecure-insecure-an.
Ya, dari ribuan liter air mata dan keringat.
Ya, dari perih, pedih, juga rasa ingin membahagiakan orang terkasih,orangtua, anak, dll.
Ya, dari jatuh bangun, hingga lupa kegagalan nomor berapa yang ia lewati.

Jangan mau "Nikmatnya" saja,tanpa tahu dibalik perjuangannya.

Ada doa-doa disepertiga malam. Yang lain mendengkur, ia sujud tersungkur. Menangis dan memohon kepada Allah, untuk tetap menguatkan hatinya dalam menggapai apa yang dicitacitakan.
Ada doa-doa dipagi hari, ketika kesibukan mencekik. Ada yang harus bekerja, ada yang sedang cuci masak ngasuh anak. Di sempatkan berdoa di waktu Duha. Yang sebagian orang kadang melewatkan begitu saja.
Ada sedekah di kala kesulitan hidupnya semakin memuncak. Ia sembunyikan, agar ada senyuman bagi orang-orang yang kesusahan.
Ada juga instrospeksi diri dan muhasabah setiap hari, bagaimana hubungannya dengan orang tua, bukan hanya ladang bakti, juga pintu surganya yang sangat berharga.


Tentang buku ini yang ditulis, untuk Refleksi Diri.

Bahwa setiap orang bisa sukses. Setiap orang itu istimewa dengan jalan takdirnya masing-masing dan luar biasa.

Buku Mengetuk Pintu Sukses 


 

Terdapat kisah-kisah teladan tentang Sosok Mulia, Baginda Rosulullah SAW


Dari banyaknya perjalanan, suatu ketika Rosulullah SAW memerintahkan para sahabatnya untuk menyembelih kambing (untuk dikonsumsi bersama). Dengan antusias dari salah seorang berkata, “Aku yang menyembelihnya!”
Sahabat lain pun ikut berkata, “Aku yang mengulitinya!”
Sahabat lainnya ada yang menjawab,” Aku yang memasaknya!”
Sedangkan Rosulullah SAW berkata, “Aku yang mengumpulkan kayu bakar!”
Seketika itu para sahabat yang mendengar sangat terkejut, dan berkata, “Cukuplah kami saja yang melakukan semuanya.”
Rosulullah SAW, berkata “Aku mengerti kalian mampu melakukan semua ini. Namun, aku tidak suka menjadi istimewa di antara kalian. Sesungguhnya Allah membenci hamba yang menjadi istimewa di antara sahabat-sahabat.”
Kemudian Rosulullah SAW berdiri dan mencari kayu bakar. Sekali lagi belajar akhlak dan ketawadhuan dari sosok mulia, atas kerendahan hatinya. Siapapun yang membersamainya akan merasa nyaman. Di rumah Rosulullah SAW juga terbiasa melayani dirinya sendiri, mencuci baju, menjahit dan lainnya. Sedangkan ketika di masyarakat dan lingkungan baginda tak mau diistimewakan, bukan sekali dua kali ikut pekerjaan bersama. 


Ketika perang Khandak, semua sahabat bekerja sama untuk menggali tanah dan memecahkan batu. Menggali tanah dan memecahkan batu adalah pekerjaan yang tidak mengotori baju dan tidak terlalu mengotorkan tubuh. Ketika para sahabat sedang sibuk bekerja, Rosulullah ikut turun langsung. Apa yang dilakukan Rosulullah? Beliau turun langsung mengangkat tanah galian sedalam tiga meter dan mengangkat tanah di punggungnya. 


Para sahabat yang melihat pun berkata, “Kami telah melihat tubuh Rosulullah dilumuri tanah.”


Masyaallah , Rosulullah adalah tauladan utama bagi kita semua. Membaca buku ini seperti memunguti kumpulan ilmu dan juga inspirasi jiwa. Selamat membaca.



Bisa pesan ke : https://www.tokopedia.com/sahabat-keluarga/buku-mengetuk-pintu-sukses

 

 

Salam Inspirasi 

/ /
Review Buku Komik Sejarah Kalender Hijriah

www.ernawatililys.com - Bismillahirrohmanirrohim, alhamdulillah buku anak dengan genre komik berjudul Komik Sejarah Kalender Hijriah akan terbit. Awal niat menulis buku ini terutama adalah untuk anak-anak saya sendiri yang sering sekali lupa hari. Kejadian salah pakai baju seragam, lupa jadwal mata pelajaran, dan lainnya. Untuk itu buku komik anak ini hadir. 


Komik Sejarah Kalender Hijriah 


Prakata dari Penulis 

Siapa yang suka lupa hari? Ahad, Senin, Selasa, Rabu, Kamis, Jumat, dan Sabtu. Ada tujuh hari dalam sepekan. Mau tahu sejarah nama-nama hari?


Adik-adik juga bisa belajar tentang kalender Hijriah. Kalender atau penanggalan bahasa Arabnya adalah tarikh artinya sejarah. Titik awal dalam kehidupan umat. Kaum muslimin memulai tarikh ketika Rosulullah SAW berhijrah. Sehingga kalender Islam dikenal dengan tarikh Hijriy atau kalender Hijriah. Permulaan Kalender Hijriah pada masa Khalifah Umar bin Khatab.


Tahun Hijriah disebut juga dengan Qamariah  atau tahun bulan. Tahun Qamariah ini, sistem penanggalan yang berdasarkan pada gerak bulan mengelilingi bumi. Satu bulan penanggalan  kamariah terdiri  29 atau 30  hari. satu tahun sekitar 354 hari. Ternyata mempelajari sejarah Kalender sangat seru dan menyenangkan.

Buku ini membahas tentang asal-usul nama hari, juga kalender Hijriah. Semoga menambah khazanah pengetahuan adik-adik ya.


Daftar Isi Buku Komik Sejarah Kalender Hijriah

Isi buku ini tentang keseharian anak, yang banyak dialami anak-anak dan sangat relate dengan kehidupan sehari-hari 

  • Prakata
  • Daftar Isi
  • Asal Usul Nama Hari
  • Hari Spesial (Momen-momen dari 7 Rangkaian Hari)
  • Kalender Hijriah
  • Perayaan Tahun Baru
  • Daftar Acuan
  • Profil Penulis


Ilustrasi Komik Sejarah Kalender Hijriah Sangat Bagus dan Menarik 

Di ilustrasikan oleh ilustrator profesional yang sudah banyak karyanya yaitu Komik Fivi, membuat anak-anak akan sangat seru sekali dalam membaca kisahnya dari satu halaman ke halaman berikutnya. 





Keunikan Naskah Komik Sejarah Kalender Hijriah

Naskah dibuat dengan sealamiah mungkin, membangun kedekatan komunikasi anak dengan orang tuanya. Apalagi di masa pandemik anak-anak 24 jam bersama umi-abinya di rumah. Dengan adanya fitrah based education, di mana orang tua adalah madrasah anak-anak. Semoga buku ini menjadi titik awal membangun keluarga Islami. Rumah adalah madrasah utama dalam sebuah keluarga. Anak-anak berkomunikasi dengan orang tua, belajar menuntut ilmu dengan orang tua. Walau akan selalu bersinergi dengan sekolah-sekolah serta masyarakat dalam membangun generasi yang berakhlak Qurani. 





Review Buku Komik Sejarah Kalender Hijriah 

Ada yang tahu sekarang hari apa? Atau sering lupa hari? Hmm ... jadi sering salah jadwal,’kan! Buku ini berkisah tentang Hafiza Si gadis cilik yang belum hapal nama-nama hari. Hafiza pun belajar tentang asal usul nama hari.

Ternyata Senin bukan hari pertama dalam setiap pekan. Ada yang tahu hari apa? Senin dari Itsnaini artinya dua, senin adalah hari kedua. Berarti sudah tahu hari ketiganya adalah tsalatsah, jadi Selasa. Penasaran juga ‘kan, dengan asal usul nama hari berikutnya?

Buku ini juga menceritakan  kisah istimewa dalam Al-Quran, seperti momen-momen dari 7 rangkaian hari. Selain itu, belajar sejarah kalender Hijriah.  Seperti bulan-bulan Islam dalam kalender Hijriah. Dimulai dari Muharram yang terdiri dari 30 hari, sampai bulan Dzulhijjah atau disebut juga  bulan Haji. Daripada penasaran, Yuk baca “KOMIK SEJARAH KALENDER HIJRIAH” 


Pemesanan buku bisa melalui whatsapp : 081214007545

atau di Tokopedia

/ /
 Kenali Fungsi Lambung dan Cara Pencegahan Penyakitnya
fungsi-lambung


Lambung merupakan salah satu organ pencernaan yang mempunyai fungsi sangat penting. Namun, organ ini juga seringkali menimbulkan penyakit atau gangguan pencernaan bagi manusia. Oleh sebab itu, manusia harus senantiasa menerapkan pola hidup sehat untuk mempertahankan fungsi lambung agar bisa bekerja sebagaimana mestinya. 


Macam-macam Fungsi Lambung


Lambung sebagai organ pencernaan mempunyai fungsi yang beragam. Jika salah satu fungsi tersebut tidak dapat berjalan dengan baik, maka pencernaan pun akan terganggu. Oleh sebab itu, kenalilah fungsi-fungsi lambung dengan sebaik mungkin.


1. Menyimpan Makanan


Fungsi lambung yang pertama adalah menyimpan makanan. Organ yang satu ini dapat menyimpan makanan hingga volume 4 liter. Di dalam lambung, makanan akan disimpan selama 2 hari 3 jam untuk selanjutnya diolah. Namun, waktu tersebut juga tidak sama pada setiap orang karena pengaruh kondisi lambung yang berbeda-beda.


2. Mengolah Makanan


Setelah makanan disimpan dengan waktu yang cukup, selanjutnya lambung akan mengolah makanan tersebut. Pengolahan atau pencernaan makanan ini melalui proses mekanik dan proses kimiawi yang dibantu oleh enzim pepsin, lipase, dan asam klorida. Biasanya, proses pengolahan makanan ini membutuhkan waktu selama 3 jam.





3. Memilih dan Memilah Zat Berbahaya


Zat-zat yang berbahaya akan dipilah dan dimatikan secara otomatis di dalam lambung. Di sini, mikroorganisme yang masuk bersamaan secara tidak sengaja bersama makanan akan dibunuh oleh Asam Klorida (HCL). Pembasmian mikroorganisme ini bertujuan agar tidak ada penyakit yang menyerang lambung.


4. Menyerap Zat yang Dibutuhkan Tubuh


Fungsi lambung yang terakhir adalah menyerap zat-zat penting yang dibutuhkan oleh tubuh seperti halnya vitamin. Vitamin yang akan diserap dalam lambung adalah Vitamin B12 yang berfungsi untuk pembentukan sel darah merah, pembentukan DNA, dan juga memelihara sistem saraf.


Cara Menjaga Kesehatan dan Fungsi Lambung


Agar lambung tetap sehat dan menjalankan fungsinya dengan baik, maka diperlukan pola hidup sehat untuk menjaga kesehatan lambung. Hal ini utamanya terkait dengan makanan dan minuman yang dimasukkan ke dalam tubuh karena hal tersebut pasti akan masuk ke lambung. Oleh sebab itu, terapkan pola hidup sehat untuk mencegah berbagai macam penyakit lambung seperti berikut ini:


  • Tidak mengkonsumsi makanan pedas dan mempunyai citarasa macam secara berlebihan sebagai cara mengatasi asam lambung yang paling ampuh
  • Rutin mengkonsumsi air putih sebanyak 8 gelas selama satu hari
  • Menghindari kebiasaan telat makan dan tidak sarapan
  • Membatasi asupan kafein dan alkohol 


Macam-macam Penyakit yang Sering Menyerang Lambung


Anda harus mengetahui segala macam penyakit yang sering menyerang lambung. Tujuannya adalah agar Anda bisa berhati-hati saat mengonsumsi makanan sehingga makanan tersebut tidak menjadi penyebab timbulnya penyakit yang dapat menyerang asam lambung. Inilah macam-macam penyakit yang sering mengganggu fungsi lambung:

  • Tukak lambung adalah penyakit yang menimbulkan luka pada lambung
  • Kanker lambung merupakan penyakit berbahaya yang gejala awalnya adalah mulas, sering bersendawa, dan mual secara terus-menerus
  • GERD merupakan penyakit naiknya asam lambung sehingga menimbulkan nyeri pada ulu hati
  • Dispepsia merupakan penyakit lambung pada bagian atas yang menyebabkan mual dan perut terasa panas
  • Gastroparesis adalah gangguan pada lambung yang mana fungsinya dalam mencerna makanan akan berjalan lebih lambat


Fungsi lambung memang sangat luar biasa dalam sistem pencernaan manusia. Tanpanya, manusia tidak akan bisa mencerna makanan yang telah dimakan sehingga menimbulkan berbagai gangguan dalam tubuh. Mengingat betapa pentingnya fungsi lambung, maka jangan lupa untuk senantiasa menjaga kesehatan lambung ya! 




Powered by Blogger.