-->
Menu
/
fungsi-lambung


Lambung merupakan salah satu organ pencernaan yang mempunyai fungsi sangat penting. Namun, organ ini juga seringkali menimbulkan penyakit atau gangguan pencernaan bagi manusia. Oleh sebab itu, manusia harus senantiasa menerapkan pola hidup sehat untuk mempertahankan fungsi lambung agar bisa bekerja sebagaimana mestinya. 


Macam-macam Fungsi Lambung


Lambung sebagai organ pencernaan mempunyai fungsi yang beragam. Jika salah satu fungsi tersebut tidak dapat berjalan dengan baik, maka pencernaan pun akan terganggu. Oleh sebab itu, kenalilah fungsi-fungsi lambung dengan sebaik mungkin.


1. Menyimpan Makanan


Fungsi lambung yang pertama adalah menyimpan makanan. Organ yang satu ini dapat menyimpan makanan hingga volume 4 liter. Di dalam lambung, makanan akan disimpan selama 2 hari 3 jam untuk selanjutnya diolah. Namun, waktu tersebut juga tidak sama pada setiap orang karena pengaruh kondisi lambung yang berbeda-beda.


2. Mengolah Makanan


Setelah makanan disimpan dengan waktu yang cukup, selanjutnya lambung akan mengolah makanan tersebut. Pengolahan atau pencernaan makanan ini melalui proses mekanik dan proses kimiawi yang dibantu oleh enzim pepsin, lipase, dan asam klorida. Biasanya, proses pengolahan makanan ini membutuhkan waktu selama 3 jam.





3. Memilih dan Memilah Zat Berbahaya


Zat-zat yang berbahaya akan dipilah dan dimatikan secara otomatis di dalam lambung. Di sini, mikroorganisme yang masuk bersamaan secara tidak sengaja bersama makanan akan dibunuh oleh Asam Klorida (HCL). Pembasmian mikroorganisme ini bertujuan agar tidak ada penyakit yang menyerang lambung.


4. Menyerap Zat yang Dibutuhkan Tubuh


Fungsi lambung yang terakhir adalah menyerap zat-zat penting yang dibutuhkan oleh tubuh seperti halnya vitamin. Vitamin yang akan diserap dalam lambung adalah Vitamin B12 yang berfungsi untuk pembentukan sel darah merah, pembentukan DNA, dan juga memelihara sistem saraf.


Cara Menjaga Kesehatan dan Fungsi Lambung


Agar lambung tetap sehat dan menjalankan fungsinya dengan baik, maka diperlukan pola hidup sehat untuk menjaga kesehatan lambung. Hal ini utamanya terkait dengan makanan dan minuman yang dimasukkan ke dalam tubuh karena hal tersebut pasti akan masuk ke lambung. Oleh sebab itu, terapkan pola hidup sehat untuk mencegah berbagai macam penyakit lambung seperti berikut ini:


  • Tidak mengkonsumsi makanan pedas dan mempunyai citarasa macam secara berlebihan sebagai cara mengatasi asam lambung yang paling ampuh
  • Rutin mengkonsumsi air putih sebanyak 8 gelas selama satu hari
  • Menghindari kebiasaan telat makan dan tidak sarapan
  • Membatasi asupan kafein dan alkohol 


Macam-macam Penyakit yang Sering Menyerang Lambung


Anda harus mengetahui segala macam penyakit yang sering menyerang lambung. Tujuannya adalah agar Anda bisa berhati-hati saat mengonsumsi makanan sehingga makanan tersebut tidak menjadi penyebab timbulnya penyakit yang dapat menyerang asam lambung. Inilah macam-macam penyakit yang sering mengganggu fungsi lambung:

  • Tukak lambung adalah penyakit yang menimbulkan luka pada lambung
  • Kanker lambung merupakan penyakit berbahaya yang gejala awalnya adalah mulas, sering bersendawa, dan mual secara terus-menerus
  • GERD merupakan penyakit naiknya asam lambung sehingga menimbulkan nyeri pada ulu hati
  • Dispepsia merupakan penyakit lambung pada bagian atas yang menyebabkan mual dan perut terasa panas
  • Gastroparesis adalah gangguan pada lambung yang mana fungsinya dalam mencerna makanan akan berjalan lebih lambat


Fungsi lambung memang sangat luar biasa dalam sistem pencernaan manusia. Tanpanya, manusia tidak akan bisa mencerna makanan yang telah dimakan sehingga menimbulkan berbagai gangguan dalam tubuh. Mengingat betapa pentingnya fungsi lambung, maka jangan lupa untuk senantiasa menjaga kesehatan lambung ya! 




5 comments:

  1. Banyak banget manfaat lambung, duh kalau tidak dijaga kesehatannya bisa fatal banget. Jadi, jaga baik-baik lambung dengan mengonsumsi makanan yang baik untuk kesehatan dan bermanfaat untuk tubuh.

    ReplyDelete
  2. Bermanfaat banget materinya, terima kasih. Lambung ini sulit banget menjaganya kalau tidak teratur makan bisa terkena maag, karena itu harus hati-hati dalam memilih makanan dan minuman juga diatur dengan baik, ya.

    ReplyDelete
  3. Air putih memang penyelamat di segala situasi, semua penyakit termasuk yang menyerang lambung memang sangat diperlukan minum air putih yang cukup.

    ReplyDelete
  4. Masih mau mengonsumsi makanan dan minuman instan berbahaya gak tuh buat lambung, kalau tahu lambung penting banget jangan dong bisa fatal. Jaga baik-baik lambungnya, ya.

    ReplyDelete
  5. Saya sering banget kumat maag kalau telat makan, teguran banget buat langsung makan dan banyak-banyak minum air putih.

    ReplyDelete

Powered by Blogger.