-->
Menu
/

 

Apa yang dimaksud coding? 

Coding adalah istilah lain untuk pemrograman komputer. Jadi, yang dimaksud coding atau pemrograman komputer adalah proses membuat perintah pada komputer untuk melaksanakan sesuatu.

Setelah mengetahui apa itu coding, tahukah kamu tentang bahasa pemrograman? Supaya komputer mengerti apa yang kita perintahkan maka perintah tersebut harus menggunakan bahasa yang dimengerti oleh komputer atau yang sering disebut bahasa pemrograman.

Bahasa pemrograman komputer ada dua jenis yaitu :

1) Berbasis teks, seperti  C,  java, basic, phyton, dan program lain.

2) Berbasis visual, seperti  scratch, LOGO, ladder diagram, dan program lain. 

 

Dasar Desain Coding

Sebelum membuat aplikasi atau program komputer ada beberapa hal yang harus kita pertimbangkan supaya tujuan dibuat aplikasi tercapai, seperti apa saja kebutuhan aplikasi, siapa penggunanya, bagaimana aplikasi berjalan, di mana aplikasi digunakan, dan hal-hal lainnya. Berikut ini urutan tahapan dalam membuat sebuah aplikasi. 

              
Perencanaan & Analisis Desain   -----> Implementasi  -------> Testing
Aktivitas  coding ini berada dalam tahapan implementasi.\


Pengetahuan mendesain coding sangat dibutuhkan bagi mereka yang akan memperdalam coding. Buku ini bukan untuk membahas detail desain coding, melainkan fokus membahas dasar-dasar coding untuk pemula dengan aplikasi Scratch.  

 

 Mengenal Aplikasi Scratch 

 

Untuk pemula khususnya anak-anak yang akan belajar coding, banyak disediakan  bahasa pemrograman yang mudah digunakan di antaranya yang saat ini populer yaitu Scratch.


Scratch adalah sebuah aplikasi untuk membuat pemrograman visual yang dibuat khusus untuk pemula yang akan belajar coding dengan mudah dan menyenangkan. Dibuat oleh Lab Media Massachusetts Institute of Technologi (MIT) supaya aktivitas membuat program menjadi mudah dan menyenangkan bagi anak-anak.


Aplikasi untuk coding bisanya disebut IDE (Integrated Development Enviroment)  atau Lingkungan Pengembangan Terpadu, karena terdiri dari beberapa aplikasi yang dijadikan satu (terpadu) antara lain sebagai berikut:


a)Aplikasi untuk mengetik/membuat kode program (teks atau visual)
b)Aplikasi compiler
c)Aplikasi lainnya


Berikut ini contoh IDE aplikasi Scratch versi 3.0 yang akan digunakan pada buku ini.



                            Gambar IDE Scratch versi 3

Untuk membuat program Scratch, kita bisa membuatnya dengan 3 pilihan yaitu


1)Membuat coding di website secara online. Untuk menggunakan cara ini kita bisa mendaftar lebih dahulu. Setelah itu, lakukan login untuk memulai coding. Namun, bisa juga tanpa mendaftar lebih dahulu. Alamat situs https://scratch.mit.edu/join.


2)Membuat coding menggunakan HP android. Untuk yang satu ini, kita bisa install aplikasi Scratch melalui Play Store  di link https://play.google.com/store/apps/details?id=org.scratch.


3)Membuat coding secara offline pada komputer. Untuk ini kita download dahulu setup aplikasi Sketch, lalu meng-install di komputer. Alamat situs untuk download fail setup-nya https://scratch.mit.edu/download (tahapan install bisa di lihat dalam panduan buku di sini)


Berikut ini contoh karya anak SD kelas 3, sudah belajar scratch sejak kelas 1 SD. 


 

Temanya capung yang berputar-putar mengikuti arah mouse yang digerakkan. Ide ini agar terlihat capung terlihat terbang bebas dan bergerak-gerak. 



Tema kedua ini, gambar kambing yang mengejar anak laki-laki.Terinspirasi dari cerita komik Hari Besar Islam. Komik ini sedang ada promo juga,bisa di beli, tentang Ramadan, Idul Fitri, Idul Adha, kisahnya lucu dan menyenangkan juga banyak ilmunya. 


Gambar anak lelaki yang bernama Faiz, tetapi bajunya dibedakan karena keinginan anak. Anak-anak sekarang sudah bisa mengutarakan keinginannya. Dari warna baju, celana, warna kambingnya. Oiya, untuk gambar di Scratch bukan gambar dari ilustrator komik Hari Besar Islam, yaitu Pak Agus Willy K. Tetapi gambar di coding Scratch buatan dari penulisnya alias Ernawati Lilys. Jadi maaf kalau gambarnya kurang mirip dengan di komik, yang gambarnya keren-keren ya.Ini buat seru-seruan di Scratch. 



Cara gambar di sini pakai aplikasi gambar medibang. Di simpan dalam bentuk file PNG. Kemudian dihapus backgroundnya jadi transfaran, hapus backround bisa dengan photoshop atau eraser background secara online dan gratis. Setelah itu nanti bisa dimasukkan ke scratch dan buat ide cerita baru. 




Semua tentang coding scratch bisa dipelajari di buku "Belajar Coding dengan Scratch" bisa didapatkan di Tokopedia 



Salam inspirasi


6 comments:

  1. Kelihatannya rumit, tetapi ini membantu banget untuk sekarang dan bagus untuk anak.

    ReplyDelete
  2. Menarik juga dan kayaknya penting untuk diketahui nih, terima kasih ilmunya.

    ReplyDelete
  3. Waktu SMA dulu seingatku ada ekstrakurikuler coding, di situ diajarin buat game juga menarik meski rumit. Kalian patut coba.

    ReplyDelete
  4. Keren sih yang kayak gini menurutku, mau coba walau nanti rumit dan pusing sendiri, hehe.

    ReplyDelete
  5. Bagus tentang coding patut dipelajari karena bagaimana pun penting buat kita, terima kasih.

    ReplyDelete
  6. coding sangat berguna di masa depan, semua harus mempelajari dikit demi dikit, kedepannya semua akan menggunakan teknologi dan semakin cangih

    ReplyDelete

Powered by Blogger.