Menu
/

www.ernawatililys.com - Aplikasi Yang Wajib Untuk Penulis. Menjadi penulis pastinya sangat menyenangkan, di mana tulisan menjadi sebuah karya yang bisa jadi jejak warisan. Namun sebelum jadi penulis, ada beberapa yang harus dipelajari para penulis pemula, di antaranya :

1. PUEBI 


Ada yang tahu PUEBI apa? Jadi kalau bahasa mudahnya ini adalah rambu-rambu menulis.
Yang melanggar akan kena tilang editor. Sebagai penulis yang ramah, jangan sampai naskah kita banyak tanda merahnya dari editor ya, yuk dekati PUEBI agar naskah kita pun dibacanya bikin happy.



PUEBI
n sing Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (pedoman ejaan bahasa Indonesia yang merupakan pemutakhiran dari PUEYD)

Bisa didownload di playstore :
https://play.google.com/store/apps/details?id=com.mentariedu.pedoman.umum.ejaan.bahasa.indonesia

Membantu penulis dalam pencarian :
1. Pemakaian huruf : huruf abjad, vokal,konsonan, huruf diftong, huruf gabungan konsonan

2. Penulisan kata : kata dasar, kata berimbuhan, bentuk ulang, gabungan kata, pemenggalan kata, kata depan, partikel, singkatan dan akronim, angka dan bilangan.

3. Pemakaian tanda baca : tanda titik, tanda koma, tanda titik koma, tanda hubung, tanda pisah, tanda tanya, tanda seru, tanda elipsis.


2. Tesaurus


Pernahkah kita membaca puisi lalu melihat ada kosakata tak dikenal. Contohnya pawana, yang artinya angin. Atau ada istilah bulus,melarat, miskin, dsb yang bervariatif untuk menulis.

Seberapa penting penulis berteman dengan tesaurus? Jika Anda penulis fiksi baik itu penulis cerpen, novel atau puisi sebaiknya sering-sering membuka tesaurus untuk pembendaharaan kata.



Pengertian Tesaurus

te.sau.rus /t├Ęsaurus/

1. n buku referensi berupa daftar kata dengan sinonim dan antonimnya

2. n buku referensi berupa informasi tentang berbagai perangkat konsep atau istilah dalam pelbagai bidang kehidupan atau pengetahuan

Aplikasi bisa di dowload di playstore. Berikut linknya : https://play.google.com/store/apps/details?id=id.lawas.tesaurusindonesia


Nah, masih banyak lagi aplikasi lainnya. Cukup di sini dahulu ya. Semoga next bisa berbagi informasi lagi. Kalau mau komentar silakan di kolom komentar ya, apa saja aplikasi yang kamu pakai? Bisa jadi next postingan saya nanti yang akan membahasa aplikasi tersebut. Demikian pembahasan mengenai Aplikasi Yang Wajib Untuk Penulis.


Salam Literasi

2 comments:

  1. Wah baru tahu tentang tesaurus, bagus nih. Soalnya saya kalau nulis juga suka memakai kata yang sama berulang, padahal kalau ada kata pengganti dengan makna yang sama jadikan tulisan lebih terasa "kaya". thankyou mbak ^^

    ReplyDelete

Powered by Blogger.