Menu
/
picture by canva
www.ernawatililys.com - Kalau lagi buka facebook atau instagram sudah mulai bermunculan iklan mukena, sarung dan baju couple-an, itu artinya sudah mendekati tanda-tanda mau memasuki bulan Ramadhan, benarkan? Kurang lebih 4 bulan lagi kita akan menjalankan ibadah puasa Ramadhan. Berbicara tentang sarung dan mukena menjadi pengingat kita untuk mempersiapkan ibadah selama bulan Ramadhan, semoga semakin khusu’ dalam beribadah, puasa tak hanya sekedar puasa dan juga amalan ibadah sunnah bisa ditingkatkan lagi. Kalau soal baju-baju couple-an sudah pasti ini termasuk salah satu khas lebaran. Kayak nggak afdal kalau belum pakai baju kembaran sekeluarga, yay or nay?


Kalau dibuat list banyak juga ya printilan yang dipersiapkan untuk menyambut bulan suci Ramadhan hingga merayakan hari kemenangan, Idul Fitri. Walau yang paling nggak bisa nahan pada bulan puasa itu, iklan sirup bertebaran di siang hari yang panas, hihihi, makanya jangan kebanyakan nonton televisi, tapi banyakin juga ngajinya. Kalau kue khas lebaran pastinya juga jadi salah satu hal yang perlu dipersiapkan, kalau keluarga besar saya termasuk yang rela-rela bikin kue lebaran seperti nastar, kue kacang, kue kering lainnya bersama-sama. Kalau saya sendiri tipe yang beli kue jadi saja, alasannya yaitu lebih praktis dan juga anak-anak masih kecil jadi saya hemat tenaga untuk jaga anak-anak saja di rumah. Biasanya keluarga besar saya datang kalau lebaran, selalu bawa makanan banyak dan juga oleh-oleh, alhamdulillah berkah. :) 

Berikut ini 7 Tips Persiapan Menyambut Liburan Lebaran Tahun Ini yaitu :


1. Persiapan Jasmani Dan Rohani 


Bersuka cita boleh saja, namun jangan abai pada kondisi badan. Karena puasa itu butuh stamina yang sehat dan puasa juga salah satu merehatkan kerja keras lambung kita, biasanya ngemil terus, biasanya makanan apa saja masuk. Setelah berpuasa kita akan memilah asupan yang penuh sehat. Selain jasmani, persiapan rohani juga perlu, seperti menyiapkan hati agar selalu mengingat Allah SWT atas segala khilaf, memaafkan kesalahan orang lain, pikiran dan hati tenang menyambut Ramadhan, serta membayar utang puasa atau qodo puasa tahun lalu bagi yang puasanya kemarin tidak full. Apalagi perempuan selalu datang haid setiap bulannya, bisa jadi tidak berpuasa dan laki-laki pun ada juga seperti ketika safar, sakit, atau keadaan lainnya yang tak bisa menjalankan puasa seperti biasanya. 


2. Bikin list 30 Menu masakan untuk sahur dan berbuka puasa

Kalau bagi anak kost atau ibu rumah tangga ini penting sekali, menyiasati ketika bangun sahur kesiangan, sudah tidak sempat masak sekalipun masakan instan, jadi harus ada alternatif makanan yang bisa langsung di makan saat sahur seperti sedia selalu kurma, madu, susu, roti, abon, buah-buahan. Untuk menu masakan sendiri bisa memilih rebus-rebusan yang menyehatkan badan, mengurangi minyak, makanan terlalu pedas, serta makanlah secukupnya jangan berlebih-lebihan. 

Resep sahur dan berbuka puasa bisa dipilih dari bahan yang mudah didapatkan di warung atau swalayan, dimasaknya juga mudah dan tidak memakan waktu yang lama. 

picture by canva


3. Beli baju lebaran di awal kalau ada budget lebih.

Kalau emak-emak nggak mau ribet, ada juga lho yang sudah beli baju lebaran jauh sebelum bulan puasa datang. Alasannya karena mau khusu ibadah, juga biar tenang saja ketika mau lebaran nggak berdesakan cari baju buat sekeluarga. Ada yang jauh-jauh hari sudah jahit juga biar seragam. Namun nggak semua juga punya dana lebih yang dialokasikan ke sini, banyak juga yang hanya modif baju lebaran lama dengan tambahan renda atau ada tambahan rompi, outer, dll. 

4.THR untuk bagi-bagi sesama 

Bonus tunjangan hari raya biasanya digunakan untuk bisa memberi lebih kepada kaum duafa, selain itu juga bisa jadi angpau lebaran untuk anak-anak atau keponakan atau saudara, tetangga yang bersilaturahmi. Biasanya anak-anak sangat bahagia mendapatkan angpau lebaran, uangnya akan dikumpulkan ditabung untuk membeli mainan kesayangan mereka. 

5.Beli tiket Mudik


Ini penting banget, bagi yang mudik harus sudah persiapan membeli tiket h- berapa biasanya tiket selalu habis dan juga mahal. Kalau jauh-jauh hari sudah pesan tiket pastinya mau mudik tenang, mau silaturahmi bisa sesuai tanggal tiket yang dipesan. Pokoknya momen lebaran jadi bahagia bisa berkumpul dengan keluarga. Keuntungan beli tiket lebaran 2019 lebih awal adalah agar menjalankan ibadah puasa dengan tenang, siap berangkat mudik sesuai jadwal yang direncanakan, harga lebih hemat dan juga bisa berkumpul dengan keluarga tercinta di hari raya. 

picture by canva

6.Bikin itinerary selama liburan lebaran 

Kalau single alias yang masih jomlo bisa banget bikin itinerari liburan untuk diri sendiri. Namun bagi yang sudah berkeluarga, harus disamakan jadwal liburan. Seperti jadwal liburan ayah, tanggal libur dan tanggal masuk kerja pun dengan tanggal liburan anak-anak, libur sekolah dan masuk sekolah. Memanfaatkan momen bersama libur sekeluarga tanggal berapa saja, ke mana saja, budgetnya berapa dan akan pulang tanggal berapa serta perkiraan sampai rumah kalau terkena macet, persiapan juga untuk tubuh istirahat sehari sebelum memulai aktivitas normal kembali untuk kerja atau sekolah. 


picture by canva

7.Tetap bersyukur walaupun ekspektasi vs realita tak selalu sama. Jalani, syukuri dan terus bahagia.


Semua persiapan telah matang dibuat. Bukan berarti semua tidak ada hambatan dalam kehidupan. Ada kejutan-kejutan lain yang tidak bisa kita prediksikan, ketika kita menerima apapun yang harus dijalani saat ini, mendatang, keep positif. Selalu penuh rasa syukur agar hidup selalu bahagia. 


picture by canva


Nah, itulah 7 tips persiapan menyambut liburan lebaran tahun ini, kalau kamu apa saja persiapannya share di kolom komentar yuk. 



Salam Inspirasi 

1 comment:

  1. Bener, beli baju lebaran diawal biar ga riweh hehe, dan itu bikin list menu oke juga jadi tar ga bingung yah

    ReplyDelete

Powered by Blogger.