-->
Menu
/


Mungkin jika ditanya, hampir semua orang ingin mendapatkan uang tanpa perlu bekerja keras. Sebenarnya semua bisa diwujudkan di era digital ini, sebab mencari uang melalui internet cukup lah mudah. Begitu pun dengan apa itu program afiliasi yang akan kita ulas pada pembahasan kali ini.


Baca juga : afiliasi hosting terbaik di Indonesia


Apa Itu Program Afiliasi?


Adalah program yang membuat para usernya mendapatkan komisi setelah berhasil mengajak seseorang untuk menggunakan suatu produk. Ada pun jumlah komisi yang didapat berbeda-beda, mengingat perusahaan afiliasi memiliki kebijakannya masing-masing.


Sederhananya, jika Anda sukses mempromosikan suatu produk ke khalayak umum dan ternyata banyak yang membeli, maka Anda akan memperoleh komisi sekian persen dari total belanja yang dilakukan. 


Itu artinya, semakin banyak orang yang membeli, maka semakin banyak pula komisi yang didapat.


Cara Kerja Program Afiliasi Indonesia


Jangan khawatir, menjalankan program afiliasi Anda tak perlu mengeluarkan modal besar. Yang dibutuhkan hanyalah waktu, kreatifitas, tenaga dan pengetahuan di bidang marketing. Nah, bagaimana sih cara kerjanya? Yuk langsung simak ulasannya!


●Daftar Program ke Merchant


Untuk mendapatkan komisi, daftarkan diri terlebih dahulu sebagai afiliasi pada sebuah perusahaan. Terkait kebijakan di dalamnya, setiap perusahaan pasti memiliki syarat dan ketentuannya masing-masing.


●Bagikan Program dengan Promo Code


Setelah Anda mendapatkan kode referral milikmu, Anda bisa memulai menjual dengan cara mempromosikan melalui blog, media sosial hingga forum-forum online.


●Customer Membeli Melalui Kode Referral Tersebut


Jika promosi yang dilakukan sukses besar, pastinya ada customer yang datang untuk membeli. Mereka bisa tiba karena menggunakan link khusus untuk memasukkan kode referral milikmu.


●Dapatkan Komisi


Setelah transaksi dari orang-orang yang mendaftar ini sukses, maka selang beberapa hari Anda akan diberi komisi. Namun sebenarnya ada beberapa komisi affiliate marketing pada program ini. Apa saja itu?


Bentuk Komisi pada Program Afiliasi


●CPS (Cost Per Sale)


Cara kerja metode ini, yakni, menghitung komisi setelah terjadi transaksi pembelian berdasarkan persentase nilai suatu produk atau jasa. 


Pay Per Click


Jenis komisi satu ini memang lebih mudah didapatkan jika dibandingkan jenis komisi lainnya. Anda hanya perlu meyakinkan seseorang untuk mengklik link yang mengarah pada landing page milik perusahaan Anda bergabung. 


Karena komisi ini lebih mengutamakan kuantitas, itu artinya komisi yang didapatkan pun tidak sebesar jenis komisi lainnya.


●CPL (Cost Per Action)


Selanjutnya Anda akan memperoleh komisi bila suatu audiens berhasil mendaftar pada program yang sudah ditentukan. Tak hanya itu, Anda juga harus memastikan mereka benar-benar mendaftar dan resmi menjadi anggota. Dari sinilah Anda akan mendapatkan komisi yang menggiurkan. 


●CPA

Jika Anda tak mengetahui dengan baik, mungkin Anda akan mengira cara kerja CPA sama dengan CPL, padahal sebenarnya berbeda.


Di mana CPL cenderung memberikan perintah yang lebih kompleks, agar banyak audiens yang mendaftar. Sedangkan CPA jauh lebih sederhana, di mana hanya mengisi survey, polling, dan sejenisnya.


Keuntungan Bergabung dengan  Program Afiliasi


Jika Anda masih ragu pada program afiliasi indonesia yang terbukti membayar, sebaiknya simak keuntungannya di bawah ini!


●Penghasilan Pasif


Biasanya pekerja akan mendapatkan uang setelah melakukan tugas di tempat kerjanya. Namun berbeda dengan afiliasi, bahkan Anda bisa mendapatkan uang saat sedang tertidur sekalipun. 


Mengapa bisa begini? Tak lain karena promosi yang dilakukan akan bertahan selamanya, entah itu pada suatu website, blog sampai sosial media. Dengan begitu, penghasilan pun akan masuk secara konsisten. Luar biasa bukan?


●Tidak Membutuhkan Modal yang Besar


Bergabung bersama program afiliasi, Anda tak membutuhkan modal yang besar. Anda cukup menyediakan waktu, tenaga dan dasar-dasar ilmu marketing/digital. Sedangkan medianya sendiri cukup menggunakan laptop/komputer dan koneksi internet yang stabil. Murah bukan?


●Kerja dari Rumah


Karena cara kerjanya berhubungan dengan dunia maya, maka program afiliasi bisa dijalankan dari rumah. 


Cukup gunakan internet/laptop/komputer lalu lakukan strategi promosi yang baik. Itu artinya pekerjaan ini menjadi solusi yang tepat bila Anda tak ingin mengikuti aturan kantor yang ketat.


●Dapat Menjual Berbagai Macam Produk


Jika Anda sudah mendapatkan anggota yang membeli suatu produk, secara otomatis Anda sudah menjadi pemilik toko karena berhasil mendapatkan pelanggan. 


Nah, untuk memaksimalkan keuntungan yang masuk, sebaiknya jual lah produk yang Anda sukai. Dengan begitu, proses pemasaran dan promosi pun jauh lebih mudah, karena memang Anda mengerti produk tersebut secara detail.


●Penghasilan Didapat dari Kerja Keras


Biasanya bekerja pada sebuah perusahaan membutuhkan waktu hingga 80 jam perminggunya. Namun apa? Gaji pun tetap sama. Berbeda dengan program afiliasi, penghasilan yang didapat sebanding dengan kerja keras yang dilakukan. 


Dengan kata lain, semakin besar usaha yang Anda lakukan, maka semakin besar pula pendapatan yang akan masuk.


●Tidak Perlu Menggaji Karyawan


Bisnis afiliasi adalah usaha yang dapat Anda lakukan sendiri, sehingga Anda tak perlu menggaji karyawan. Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, Anda akan mendapatkan komisi setelah berhasil mengajak orang untuk ikut bergabung/membeli produk tersebut. 


●Jam Kerja Fleksibel


Bersama perusahaan afiliasi, Anda bisa mengerjakan pekerjaan secara fleksibel. Mengapa? Karena tak ada kontrak yang mengikat, sehingga Anda bebas melakukan promosi dimana pun dan kapan pun. 


●Keuntungan Jangka Panjang


Jangka panjang dalam program ini terjadi berulang-ulang. Karena Anda bisa memasang link/iklan website tersebut di forum online, blog, sosial media dan lainnya tanpa batasan waktu. 


Dengan begitu, kemungkinan orang mengklik link tersebut sangatlah besar. Maka penghasilan yang masuk juga akan sama besarnya bukan?


Nah, itulah beberapa informasi seputar apa itu program afiliasi serta keuntungan dan cara kerjanya. Sekian, semoga bermanfaat!


Powered by Blogger.