-->
Menu
/

 


Beberapa waktu belakangan, nama tanaman eucalyptus sedang banyak menjadi bahan perbincangan. Meski demikian, masih banyak yang belum mengetahui lebih rinci tentang jenis tanaman herbal ini. Ada yang menyamakannya dengan tanaman kayu putih. Faktanya, kayu putih adalah salah satu dari family tanaman eucalyptus yang bisa ditemukan di dunia. 



Manfaat Eucalyptus untuk Kesehatan


Tanaman eucalyptus sudah digunakan oleh Suku Aborigin sejak jaman dahulu untuk diambil minyak esensialnya dari daun tanamannya guna meredakan demam, batuk, sesak napas, serta mengatasi otot yang sakit. Tanaman yang berasal dari daratan Australia ini termasuk dalam family Myrtaceae atau jambu-jambuan. Tanaman ini dikenal sebagai tanaman serbaguna. Nah, berikut adalah berbagai manfaat dari tanaman ini.


1. Mencegah Gigitan Serangga 


Manfaat pertama yang bisa didapatkan dari eucalyptus adalah bisa mencegah gigitan serangga. Serupa dengan bahan herbal lain seperti sereh, tanaman ini juga memiliki aroma yang kuat sehingga bisa mengganggu indera penciuman nyamuk, dan akhirnya mempersulit nyamuk menemukan makanannya. Tidak hanya nyamuk, tanaman ini juga bisa menangkal serangga lain seperti lalat dan kutu.


2.  Meredakan Sakit Kepala 


Tanaman eucalyptus ini memiliki kandungan senyawa anti-inflamasi, diantaranya ada limonene dan cineole yang bisa berperan sebagai penghilang rasa sakit. Dalam pengobatan tradisional, tanaman ini juga digunakan untuk mengurangi peradangan dan sinus. Penderita sakit kepala akibat sinusitis, bisa berkurang sakitnya. Begitu pula ketika merasa sakit kepala akibat tegang, dengan menghirup aroma eucalyptus bisa membuat jadi lebih rileks.


3. Merangsang Sistem Kekebalan Tubuh 


Menurut temuan yang sudah dipublikasikan dalam berbagai jurnal kesehatan, minyak dari eucalyptus juga bermanfaat untuk merangsang sistem kekebalan tubuh. Dari penelitian yang dilakukan, didapatkan hasil bahwa eucalyptol dapat meningkatkan respon sistem kekebalan fagositik terhadap serangan pathogen. 


4. Meredakan Masalah Pernapasan 


Manfaat berikutnya yang bisa didapatkan dari eucalyptus ini adalah dapat membantu meredakan masalah pernapasan seperti pilek, batuk sakit tenggorokan sampai sinusitis. Menghirup atau mengoleskan minyak eucalyptus pada bagian tenggorokan atau dada bisa meredakan hidung tersumbat dan pilek. Manfaat ini didapatkan dari kandungan anti bakteri yang ada pada tanaman ini yang bisa menghilangkan bakteri yang mengganggu dan menyumbat saluran pernapasan. 


5. Menyembuhkan Luka 


Sebagaimana yang sudah sedikit disinggung sebelumnya, minyak yang terbuat dari eucalyptus memiliki kandungan bahan aktif seperti citronellal, citronellol dan 1,8-cineole dimana bahan-bahan aktif ini berperan sebagai antibakteri. Dengan mengoleskan minyak dari tanaman ini pada bagian luka akan mampu melindungi luka yang terbuka maupun daerah teriritasi dari infeksi yang biasanya disebabkan oleh paparan udara dan mikroba. 


6. Membantu dalam Perawatan Gigi 


Minyak yang terbut dari tanaman ini juga bisa meringankan dan mengatasi plak pada gigi, meringankan gigi berlubang dan berbagai infeksi gigi lain yang timbul akibat kuman. Manfaat ini bisa didapatkan karena minyak ini mengandung antimikroba yang mampu melindungi gigi dari pertumbuhan mikroba. Karena itulah, eucalyptus juga sering ditemukan pada produk-produk perawatan gigi, seperti pasta gigi, obat kumur dan lain sebagainya. Tidak hanya bisa membunuh bakteri, manfaat lainnya juga bisa mengurangi plak, serta mengurangi bau mulut dan mengatasi gusi berdarah. 



Sekarang Anda sudah tahu bukan apa saja manfaat yang bisa diperoleh dari eucalyptus. Tanaman yang berasal dari Australia ini memiliki banyak kandungan yang bermanfaat untuk kesehatan dan sudah dibuktikan melalui berbagai penelitian. Jadi, jangan heran jika saat ini ada banyak produk kesehatan yang menggunakan eucalyptus sebagai bahan utamanya.

Powered by Blogger.