-->
Menu
/

www.ernawatililys.com - Buku, Bekal anak bertumbuh bersama Let's Read Indonesia dan Blogger Perempuan. Selasa, 11 Mei 2021 di penghujung Ramadan, namun masih produktif dan peduli terhadap bacaan anak. Sebuah acara yang digagas oleh Let's Read Indonesia dan langsung materi diberikan oleh foundernya yaitu ibu Roosie Setiawan dan 72 Blogger Perempuan yang aktif, gesit dan sangat antusias menyimak acara demi acara. Sampai dua jam kebersamaan tidak terasa, maunya lagi dan lagi. Semoga bisa ikut keseruan ini kembali, aamiin. 





"Membaca nyaring tujuannya bukan untuk menyelesaikan suatu buku,melainkan untuk menikmati prosesnya." Roosie Setiawan - Founder Let's Read Indonesia. 




Mengenal Let's Read 

Let's Read adalah perpustakaan digital buku cerita anak persembahan komunitas literasi dan The Asia Foundation. 

Ratusan koleksi cerita bergambar Let's Read dapat dibaca, diunduh disebarkan dan diterjemahkan secara bebas melalui situs maupun aplikasi Android. 





Buku, Bekal Anak Bertumbuh

Membacakan nyaring pada membuat anak semakin banyak memahami kosakata juga memahami jalan sebuah cerita. Selain itu juga, imajinasi anak akan terasah melalui bacaan buku yang dibacakan. 



Ada tahapan dalam membacakan nyarin diantaranya sebelum Read a load yaitu mengenalkan tentang buku, produksi, judul buku, penulis, ilustrator. 

Pada saat membacakan nyaring hal yan penting diperhatikan yaitu interaksi dan dialog. Agar ada feedback. 

Nah setelah itu menceritakan kembali, berdiskusi tentang buku dan di luar buku. 




Ada 7 tahapan dalam membaca di antaranya : pra membaca, membaca dini, membaca awal, membaca lancar, membaca lanjut, membaca mahir. 



 
Tahapan sebelum membacakan nyaring : 

1. Mulailah dengan percakapan pembuka
2. Tunjukkan sampul buku atau bacaan yang akan dibacakan. 
3. Sebutkan judul, pengaran dan ilustrator 
4. Gali pengetahuan latar atau umum
5. Mulai menyusuri ilustrasi kalau terdapat dalam buku atau bahan bacaan.
6.Buat membaca semakin menarik.







Setelah Membaca Nyaring ada point penting yang bisa dilakukan,seperti meminta anak-anak menajukan pertanyaan, ajukan pertanyaan jika anak tidak bertanya, minta anak menceritakan kembali dan letakkan buku atau materi bacaan ditempat yang mudah dijangkau anak. 


Bagi orang tua yan ingin menanamkan literasi dasar pada anak, dengan mengenalkan buku bacaan sedini mungkin, metode membacakan nyaring buku pada anak sangat menyenangkan. Selain itu bisa dikunjungi websitenya, media sosial seperti instagram, twitter atau download aplikasinya di handphone. Semua gratis dan bisa diunduh serta dibacakan kepada anak-anak. Semoga semakin banyak anak cinta baca dan membangun literasi sejak dini kepada anak-anak. 

Website : Let's Read 


Salam Literasi 

Powered by Blogger.