Menu
/

Deskripsi: Inilah jajaran wisata Solo dengan tema budaya. Selain bisa jalan-jalan, kamu sembari melestarikan warisan nenek moyang. 
===
Banyak daerah di Indonesia yang menarik untuk dieksplor. Misalnya saja ada Solo, Jawa Tengah yang selama ini masih kental budayanya. Wisata Solo memang menarik untuk dikulik lebih menyeluruh, terutama jika berhubungan dengan warisan para leluhur.


Buat kamu yang selama ini tertarik dengan budaya, Solo tentunya merupakan destinasi yang tepat selain Jogja. Kamu akan melihat kehidupan tradisional yang menjunjung tinggi warisan nenek moyang. Nah, untuk itu akan diberikan deretan wisata Solo dengan tema budaya, bisa traveling sembari belajar plus lestarikan budaya juga.

Keraton Kasunanan Surakarta


Lokasi pertama adalah Keraton Surakarta yang kental dengan kehidupan kerajaan Jawa. Destinasi Solo ini sudah didirikan sejak tahun 1744. Hingga sekarang, Keraton Kasunanan Surakarta masih berfungsi dengan baik sebagai tempat tinggal para keturunan raja serta masih menjadi basis menjalankan tradisi kerajaan.

Banyak hal berharga yang terdapat di dalamnya. Mulai dari hadiah dari raja-raja Eropa, barang-barang peninggalan kerajaan, kereta kencana dan lain-lain. Lokasinya sendiri berada di Baluwarti, Pasar Kliwon, Surakarta dan buka setiap hari mulai dari pukul 09:00-14:00 WIB. Libur setiap hari Jumat ya!

Pura Mangkunegaran


Jika belum puas ke Keraton Kasunanan, bisa langsung melipir ke Pura Mangkunegaran. Bangunannya sangat megah dengan gaya arsitektur Eropa-Jawa. Saat masuk ke dalamnya, kamu akan disambut dengan tulisan Kavallerie-Artillerie. Jika lebih dalam lagi, kamu akan melihat seperangkat gamelan yang merupakan milik dari Kyai Kanyut Mesem.

Di dalam istana ini, terdapat banyak peninggalan Kerajaan Mataram dan Majapahit. Alamatnya berada di Jl. Ronggowarsito  No. 83, Keprabon, Kecamatan Banjarsari, Surakarta. Tempat yang awalnya jadi kediaman para penguasa ini sudah bertransformasi jadi pusat budaya dan seni Kota Solo.

Kampung Batik Kauman


Batik dan Solo seperti dua sisi mata uang yang tak bisa dipisahkan. Akan banyak batik-batik bertebaran jika kamu jalan-jalan di Solo, apalagi mampir ke Kampung Batik Kauman. Di tempat ini, kamu bisa menyaksikan proses pembuatan batik, dari awal sampai selesai.

Tidak hanya itu saja, kamu juga bisa membeli aneka batik yang disukai. Banyak wisatawan, baik dalam atau luar negeri yang memborong produksi batik dari sini. Sementara jam operasionalnya mulai dari pukul 07:00-20:00 WIB.

Museum Batik Danar Hadi


Jika masih begitu tertarik dengan batik, bisa langsung meluncur ke Museum Batik Danar Hadi. Nama lainnya adalah House of Danar Hadi dan didirikan oleh PT Batik Danar Hadi, salah satu produsen batik kondang di Solo.

Di dalamnya terdapat kurang lebih 10.000 koleksi kain batik dengan motif beragam. Lengkap dengan deskripsi dan periode pembuatannya. Alamatnya sendiri berlokasi di Jl. Brigjen Slamet Riyadi, No. 261, Sriwedari, Solo, masih berada di kompleks Ndalem Wuryaningratan.

Pasar Klewer


Terakhir yang tidak boleh terlewat adalah Pasar Klewer. Buat yang ingin membelikan oleh-oleh untuk keluarga di rumah namun harganya murah meriah, tempat wisata di Surakarta ini salah satu rekomendasinya. Apalagi belinya dalam jumlah yang banyak, lebih terjangkau.

Pasar Klewer berlokasi di jalan DR. Radjiman No. 5A, Gajahan, Pasar Kliwon, Kota Surakarta. Buka mulai dari pukul 08:00-17:00 WIB. Di dalamnya lebih dari 2.000 penjual yang menjajakan dagangannya.

Supaya bisa jelajah wisata kota Solo dengan gampang, kamu bisa menyewa kendaraan melalui TRAC. Caranya begitu gampang, hanya tinggal memenuhi syaratnya saja kamu bisa menyewa kendaraan dengan lebih cepat. Pahami syarat dan ketentuan menyewa supaya sama-sama menguntungkan.

Segera agendakan untuk bisa menikmati berbagai wisata Solo dengan tema budaya. Bisa traveling sembari melestarikan budaya para leluhur. Satu hal lagi, jangan lupa bagikan informasi ini di media sosialmu ya.

Powered by Blogger.