Menu
/

Apa itu saham? Pernahkah anda mendengar istilah broker saham? Bagaimana sih kaitannya dengan bursa saham? Sebenarnya istilah broker saham sering kita dengar dalam dunia perekonomian. Namun saham itu sendiri dianggap sebagai suatu hal yang begitu rumit untuk dipahami oleh orang awam. Sebenarnnya pembahasan saham di dunia perekonomian menjadi topik yang sangat relevan dengan keadaan ekonomi secara internasional. Tapi apakah benar broker saham dapat memicu seseorang menjadi cepat kaya dengan saham?


Sebelum membahas terlalu jauh, kamu perlu tahu apa itu broker saham. Saham merupakan surat berharga yang menunjukkan bagian kepemilikan atas suatu perusahaan. Membeli saham berarti anda telah memiliki hak kepemilikan atas perusahaan tersebut. Nah, broker saham juga mempunyai peran penting dalam melakukan transaksi jual beli saham. Broker saham adalah seseorang atau firma yang melakukan transaksi di instrumen finansial di pasar saham seperti agen dari klientnya yang tidak dapat atau tidak ingin berdagang untuk dirinya sendiri. Jadi Broker saham merupakan perusahaan yang menyediakan jasa untuk menghubungkan investor dengan bursa saham. Dalam rangka menjadi investor saham, salah satu langkah pertama yang harus diambil adalah mendaftar ke sebuah perusahan sekuritas (perusahaan efek), atau yang sering disebut juga sebagai perusahaan pialang atau broker saham. Kantor Pialang saham disebut juga dengan beberapa istilah seperti kantor broker saham,  kantor anggota bursa yang memiliki izin sebagai perantara pedagang efek, kantor perantara pedagang efek, kantor perusahaan efek yang memiliki izin sebagai perantara pedagang efek.

Lalu, apakah bertransaksi dengan broker saham itu aman? Kantor Broker saham pada umumnya berpusat di Jakarta. Namun sebagian diantaranya juga memiliki kantor cabang lainnya di daerah-daerah. Dapat kita lihat bahwa aktivitas broker juga menjadi perantara para pedangang efek, di mana mereka membantu proses jual-beli saham secara langsung di BEI (Bursa Efek Indonesia) . Untuk menjalankan aktifitas ini, broker wajib tercatat di Bursa Efek Indonesia. Keamanan investasi menjadi faktor utama dalam bertransaksi. Tentunya anda sebagai investor harus memastikan bahwa Broker pilihan anda udah tercatat dan memiliki sertifikan WPPE (Wakil Perantara Pedagang Efek). Jadi selama kegiatan yang anda lakukan itu  legal dan diakui secara tertulis maka hukum akan bertindak sesuai fungsinya.

Transaksi jual beli saham butuh informasi yang memadai sebelum kita memulainya. Sebagai investor tentunya anda membutuhkan informasi serta analisis yang tepat dalam bertransaksi. Broker saham bertugas memenuhi informasi yang anda butuhkan dan menyarankan pertimbangannya dalam keputusan yang anda ambil. Sebenarnya tetap saja keputusan dalam bertransaksi ada ditangan anda, namun Broker saham dapat menjadi acuan untuk membantu memperlancar investasi anda. Oleh karena itu aanda perlu memilih Broker Saham terbaik untuk berada dipihak anda.

Bagaimana cara memilih broker lokal terbaik? Hal utama yang harus anda ketahui dalam memilih broker saham adalah perijinan yang memadai dari broker saham yang anda pilih. Kemudian setelah memastikan broker tercatat sebagai anggota BEI (Bursa Efek Indonesia), anda harus rajin memantau Trading Online serta memeriksa fitur platform Trading Online tersebut. Modal minimal yang dipersyaratkan juga wajib anda ketahui. Biasanya untuk pemula modal minimal yang digunakan sebesar RP. 100.000. Dalam bertransaksi anda juga harus memastikan FEE dalam bertransaksi saham. Periksalah apakah Broker saham sering menjadi penjamin emis efek (Underwriter). Jika Broker saham sering menjadi Underwriter maka itu lebih baik untuk perspektif anda. Salah satu broker saham yang terpercaya adalah Mandiri Sekuritas. 







Powered by Blogger.