-->
Menu
/

Ingin Cetak ID Card Karyawan? Inilah Kriteria Terbaik dan Komponen yang Wajib Ada


ID card atau kartu identitas sangat penting dimiliki sebagai tanda pengenal identitas pribadi. dalam hal ID card karyawan, kartu ini wajib dimiliki sebagai identitas diri Anda sebagai karyawan dari suatu perusahaan atau lembaga. Dengan demikian, orang lain akan percaya bahwa Anda merupakan karyawan resmi dari suatu lembaga resmi yang bersangkutan.


Terkait kejelasan dalam kartu identitas, hendaknya perusahaan memperhatikan kriteria kartu yang baik beserta komponennya yang wajib ada agar informasi tentang karyawannya lengkap. Inilah penjelasannya.


Kriteria ID Card Karyawan yang Baik


Keberadaan kartu identitas karyawan sangat esensial bagi para karyawan dan juga bagi perusahaan yang menaunginya. Selain berfungsi sebagai tanda pengenal, ID card karyawan ini berfungsi sebagai informasi jabatan yang praktis dan sebagai alat keamanan dan eksklusif untuk mengakses area di kantor. Mengingat fungsi pentingnya yang sangat kompleks tadi, sebaiknya kartu identitas ini dibuat dengan memperhatikan kriteria kartu yang berkualitas.

Jenis kartu yang dibuat harus berasal dari material yang berkualitas dengan bentuk yang ideal dan memadai. Perhatikan desain kartu agar mencakup semua identitas yang akan dicantumkan. Mengenai teksturnya, pilihlah kartu yang tidak mudah sobek, kaku, tahan air, dan tidak mudah pudar. Semua kriteria ini wajib dipenuhi agar kartu tetap tahan lama dan tidak luntur yang mengakibatkan informasi karyawan tidak terbaca jelas.

Mengenai desain kartu, upayakan agar kartu tampak atraktif, namun tetap dapat bersifat fungsional. Pilihlah desain ID card karyawan yang sesuai dengan kepribadian perusahaan agar mencerminkan filosofi perusahaan tersebut. Melalui desain kartu identitas yang tepat, semua informasi singkat yang mendeskripsikan karyawan secara formal dan perusahaan akan tersampaikan.

Penentuan desain kartu identitas yang meliputi material, bentuk, desain latar belakang, dan ukuran kartu juga harus melalui rapat kerja. Tujuannya adalah agar diperoleh kesepakatan bersama antara seluruh elemen perusahaan karena kartu identitas ini akan digunakan bersama. Jadi, pada saat akan membuat ataupun mengganti ID card karyawan harus berasal dari kesepakatan semua pihak yang berwenang.


Komponen ID Card Karyawan


Selain memperhitungkan bagaimana ketepatan desain kartu identitas karyawan tersebut, setiap perusahaan harus mencantumkan semua komponen pokok yang harus ada dalam suatu kartu identitas tersebut. Sebuah ID card milik karyawan harus mencantumkan identitas pribadi/personal (nama, jabatan, nomor pegawai, dan tanda tangan), foto karyawan, logo perusahaan, kode data, dan sekuritas tambahan.

Mengapa informasi personal yang dituliskan hanya singkat saja? Tentu saja jawabannya adalah karena ukuran ID card karyawan yang terbatas. Idealnya, komponen informasi personal yang harus diinformasikan adalah nama, jabatan, dan nomor pegawai, sebagai keterkaitan informasi antara nama pegawai dan status resminya di perusahaan tersebut. Tanda tangan sebagai identitas pribadi juga dapat ditambahkan.

Mengenai foto karyawan, usahakan fotonya menggunakan ketentuan yang sama yaitu terkait latar belakang dan seragam yang dipakai. Foto ini harus tampak depan dengan pose resmi. Fungsi dari foto ini tentu saja sebagai alat identifikasi karyawan yang terpercaya dan akurat.

Terkait logo perusahaan, sangat penting untuk mencantumkannya sebagai identitas perusahaan secara resmi. Logo perusahaan yang tercantum akan memperlihatkan eligibilitas dan profesionalitas perusahaan itu sendiri. Pastikan pula bahwa logonya dibuat jelas, menarik, dan punya tampilan elegan. Warna dan desain kartu ini juga harus menggunakan desain yang konsisten agar tidak mismatched.

Kode data yang dimaksud adalah barcode, chip, RFID tag, yang semanya merupakan fitur canggih sebagai penyimpan data informasi karyawan sebagai alat identifikasi yang ringkas. Gunanya adalah untuk mengakses fasilitas di kantor. Dengan cara ini, keamanan perusahaan akan terjaga secara otomatis.

Jika ingin menggunakan sekuritas yang lebih, perusahaan dapat memutuskan menggunakan sekuritas tambahan pada ID card karyawan. Apa itu? Sistem pengaman tambahan ini bisa berupa sidik jari karyawan atau hologram pada kartu. Kedua cara ini akan meminimalisasi aktivitas penggandaan kartu identitas oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

Itulah berbagai penjelasan mengenai desain ID card karyawan dan komponen apa saja yang harus ada di dalamnya. Semua itu harus diperhatikan demi kemudahan dalam mengidentifikasi karyawan dan perusahaan itu sendiri. Keamanan akses fasilitas perusahaan juga akan mudah dijaga.

Powered by Blogger.