-->
Menu
/

TIPS MERAWAT ROLLER BEARING AGAR TETAP AWET DAN BERFUNGSI NORMAL 

Tips merawat roller bearing – roller bearing adalah satu dari sekian bearing yang banyak digunakan dalam dunua teknik. Bearing jenis ini umumnya berfungsi untuk memberi gerak putar pada mesin.


Roller  bearing sendiri adalah bearing yang mirip dengan ball bearing. Hanya saja, komponennya sedikit berbeda.

Jika ball bearing menggunakan bola baja untuk memberikan efek putar, roller bearing justru menggunakan roller—atau semacam roda baja—yang menggerakan tubuh bearing itu sendiri. Dengan demikian, bearing akan memberikan efek putar pada mesin.

Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat Anda menggunakan roller bearing. Salah satunya adalah adalah tentang perawatan.

Tentu, Anda harus memastikan bahwa bearing yang Anda miliki terawat dengan baik. Ini akan membuat produk bearing tetap memiliki fungsi sebagaimana mestinya. Cara ini juga dinilai cukup efektif untuk menjaga kinerja bearing itu sendiri.

Nah, untuk Anda yang sudah penasaran dengan cara dan tips yang kami maksud, berikut adalah ulasan lengkapnya.

PASTIKAN ROLLER TELAH DILUMASI DENGAN BAIK – TIPS MERAWAT ROLLER BEARING 


Nah ini adalah hal penting yang harus diperhatikan. Pelumasan pada roller membantunya untuk bergerak dengan tanpa gesekan dengan tubuh bearing. Ini akan membuat roller bertahan lebih lama. Dengan demikian, kinerja bearing akan tetap terjaga untuk waktu yang lebih lama pula.

Memberi pelumas pada roller bisa Anda lakukan secara mandiri. Pelumas tersebut bisa Anda dapatkan di bengkel atau toko yang menjual aneka spare part kendaraan.

Tapi jika Anda ingin cara yang lebih mudah, Anda bisa datangi bengkel dan menyerahkan pekerjaan tersebut pada montir dan tenaga ahli yang ada di sana. Ini akan membuat pekerjaan tersebut lebih mudah.

Namun perlu dicatat, hindari pelumasan yang terlalu banyak. Ini akan membuat bearing fungsi bearing bekerja dengan kurang baik.

Pelumas yang menumpuk pada area roller hanya akan menghambatnya bergerak. Itu akan membuat pergerakan bearing menjadi terhambat. Itu pula yang menjadikan kinerja bearing jadi sedikit terganggu.

Pelumasan baiknya dilakukan secukupnya, jangan terlalu banyak dan jangan terlalu sedikit. Pastikan saja bahwa bearing sudah dilumasi. Itu saja sudah cukup.

HINDARKAN BEARING DARI KONTAK DENGAN AIR – TIPS MERAWAT ROLLER BEARING 


Mungkin ini terlalu berlebihan. Sebab pada beberapa penggunaan tertentu, bearing cenderung jauh dengan air. 

Namun demikian. Kita berbicara mengenai beragam jenis air. Termasuk air hujan. Karena itu, posisikan agar bearing Anda tetap aman dari kontak air. Pastikan air tidak mengganggu fungsi dan fisik dari bearing itu sendiri.

Ya, sebagaimana yang sudah kita ketahui bersama, perlengkapan baja dan besi akan sangat rentan terhadap air. Keduanya akan mudah terpengaruhi; khususnya dalam hal fisik.

Anda bisa mendapati karat pada besi dan baja yang sudah terkena kontak dengan air. Tentu, karat tersebut akan muncul manakala kontak yang dimaksud terjadi cukup sering dan berkepanjangan. 

Anda mungkin bisa mencegah karat tersebut dengan oli. Anda bisa mengoleskan oli pada tubuh bearing. Namun demikian, tindakan ini juga tidak akan efektif manakala Anda membiarkan bearing erus menerus terendam dan mendapatkan kontak dengan air secara langsung.

Itulah beberapa tips merawat roller bearing. Anda bisa gunakan tips di atas untuk menjaga bearing Anda tetap memiliki fungsi dan kondisi fisik ang diinginkan. Dan untuk Anda yang membutuhkan roller bearing, Anda bisa kunjungi Logam Makmur untuk mendapatkan produk bearing dengan kualitas teratas.

Powered by Blogger.