-->
Menu
/

Bukan sebuah kebetulan berdiri di sini bersama orang-orang pejuang literasi yang tanpa pamrih. Datang dari antar pulau, dikesibukan waktu bekerja bahkan meninggalkan keluarga hanya untuk menimba ilmu. Namun, ada kewajiban yang harus diikuti agar dapat menaikkan pengetahuan dan kapasitas diri. Ini juga bukan pelesiran atau jalan-jalan, benar-benar belajar, dan ketahuilah ilmu menulis itu begitu luas. Mungkin yang kita tahu baru satu titiknya. Jadi, jangan pernah lelah untuk terus belajar. 


Walau langkah terasa berat, harus meninggalkan 3 buah hati di rumah. Ada juga kekhawatiran apakah bumil ini sanggup belajar dan kuat selama di sana. Tidak bersinergi dengan keadaan fisik yang tak lagi gesit. 

Maju mundur niat sudah pasti terjadi, tapi melihat semangat kawan-kawan seprofesi lintas pulau, jadi berpikir jika saya mundur hanya karena jarak Bekasi-Jakarta yang tak seberapa, kawan seperjuangan ada yang dari Kendari, Sulawesi, Sumatera, bahkan pulau yang katanya setelah turun dari pesawat di bandara pun, masih harus naik pesawat lagi untuk sampai ke wilayah pelosok. 

Berpasrah, dan selalu berdoa kepada Allah. Agar selama upgrading dikuatkan, apalagi senangnya di kamar hotel disediakan Al-Quran. Bisa tadarusan, dan menenangkan diri kala rindu dengan buah hati. 

Jika masih ada yang menyinyir, kok profesi penulis begini-begini, ketahuilah setiap pengalaman adalah guru yang paling berharga. Jangan pandang berkarya dan bekerja dari sebuah nilai kepopuleran, kekayaan, kesuksesan dunia lainnya. Namun, bagaimana setiap sisa umur semakin bermanfaat, semakin bertanggung jawab, dan tentunya semakin taat. Walau manusia tak pernah ada yang sempurna, paling suci atapun tak ada cacat. Setidaknya selalu memperbaiki diri lebih baik lagi. 

Bersama mereka yang berenergi positif. Tak lelah dalam belajar, tak ada jarak dalam melangkah, tak ada batasan usia untuk terus maju.



Cerita final dari rangkaian panjang, akhirnya bertemu juga dengan sahabat #maksalihah @mameh_ghina, semoga kita berdua bisa menebar manfaat dibidangnya masing-masing dan tentunya untuk ibu-ibu lainnya. 



Kesimpulan untuk acara upgrading Asesor ini :

1. Padat sekali materinya, bagus dan memang dibutuhkan. Selama berkarier 12 tahun di dunia literasi ini, mendapatkan ilmu yang sangat bermanfaat dan belum pernah mendapatkan dipelatihan mana pun.

2. Banyak informasi terkait bidang literasi semua lini yang harus dipelajari dan juga rancangan ke depannya. Info ini sangat penting dan berguna. 

3. Menambah silaturahmi antar asesor, seperti yang diketahui kesibukan dan juga jarak tak ada masalah. Mereka banyak yang datang jauh dari antar pulau, membuat saya yang masih area terdekat pun harus lebih semangat dan bersungguh-sungguh untuk datang ke acara ini. 

4. Semoga ilmu yang telah diberikan bisa, secepatnya saya serap dan bisa dibagikan agar bermanfaat bagi khalayak ramai, terutama para pegiat literasi. 


Salam literasi

2 comments:

  1. asik ya sekalian juga bisa jalan dan dapat ilmu ya erna, mantap

    ReplyDelete

Powered by Blogger.