Menu
/

Berikut ini kami paparkan informasi mengenai Kuliner di Banda Aceh yang Enak dan Murah yang dapat Anda jadikan referensi saat berkunjung ke Banda Aceh. Mari simak uraian berikut ini.


Kuliner di Banda Aceh yang Enak dan Murah


Kerang Rebus


Salah satu tempat yang dapat Anda kunjungi untuk menikmati kuliner yang satu ini adalah di Lhokseumawe,  jalan Perdagangan. Namun warung- warung yang terletak di jalan ini hanya buka di malam hari secara dadakan. Anda dapat menikmati nuansa malam di Aceh sembari duduk di kursi plastik beserta meja panjang yang sudah disediakan para pedagang. Para pedagang hanya menyediakan satu menu yang sudah pasti itu adalah kerang rebus. Jenis kerang yang dijual adalah kerang dara yang masih sangat segar dan tidak terlalu berbau amis.

Kerang dimasak dengan sederhana yaitu direbus setelah sebelumnya dibersihkan. Hal unik yang akan Anda temukan adalah pada menu sambalnya yang terbuat dari nanas alias sambal nanas. Tentunya sangat berbeda dengan sambal pelengkap kerang biasanya yang berupa sambal terasi ataupun sambal kacang. Sambal pada menu kerang yang satu ini terbuat dari nanas yang dihaluskan dan dicampur dengan merica, garam, serta kacang tanah. Anda juga dapat membeli kopi untuk menemani makan kerang rebus ini.

Rupanya Anda memang harus mencoba makanan yang satu ini, akan sangat disayangkan jika Anda melewatkannya. Rasa daging kerang yang halus dan segar berpadu dengan sambal khas yang akan sangat memanjakan lidah Anda. Untuk dapat menikmati satu porsi kerang rebus, Anda dapat membelinya dengan harga sekitar 20 ribu rupiah. 

Memek

Makanan Aceh yang satu ini terbuat dari pisang, santan, beras ketan, dan juga gula. Beras ketannya disngrai sedangkan pisang ditumbuk dengan kondisi masih kasar, tidak sampai halus. Lalu semua bahan dicampur dan dimasak. Proses memasaknya memerlukan waktu sekitar satu jam. Makanan ini sudah ada di Aceh sejak zaman kerajaan yang merupakan salah satu kuliner khas dari simeulue.  Makanan ini dapat Anda jumpai di berbagai tempat di Aceh. Anda hanya perlu membayar sekitar 5 ribu rupiah untuk dapat menikmatinya. 



Pemberian nama memek berarti menggigit. Hal ini dikarenakan pada zaman dahulu para nenek moyang  Simeulue sangat sering mengunyah beras ketan dicampur dengan pisang dan ahirnya muncul istilah “mamemek”. Lambat laun makanan tersebut diberi sebutan memek. Kuliner ini sangat legendaris bagi masyarakat Simeulue karena merupakan warisan dari leluhur. Makanan ini banyak disajikan di acara tertentu misalnya untuk menyambut tamu yang datang ke Simeulue dan juga banyak dihidangkan saat bulan ramadhan tiba. 


Bakso Barata


Nama Barata diambil karena tempat makan ini terletak disamping Barata  dekat masjid Baiturrahman yang merupakan salah satu ikon kota Serambi Mekkah ini. Menikmati bakso ini terutama saat musim penghujan sangatlah nikmat. Bakso ini selalu ramai dikunjungi pelanggan dan sudah cukup populer karena kelezatnnya yang tak dapat diragukan lagi. 

Bakso Abunawas


Namanya yang sangat unik menjadikan daya tarik tersendiri pada makanan yang satu ini. Rasanya sudah terkenal enak dan pedasnya yang sangat menantang. Terdapat sebuah hal unik jika Anda berkunjung ke warung bakso yang satu ini. Setiap hari selasa dan juga rabu, warung ini memberikan bakso gratis pada pelanggan yang memiliki nama Abunawas. Namun tentuya pelanggan tersebut harus menunjukkan kartu identitasnya. Hal unik lainnya yaitu bakso disajikan dengan bentuk piramida dan semakin menambah selera makan. 

hal uniki lainnya yaitu warung ini memberikan bakso gratis untuk berbuka puasa bagi pelanggan yang berpuasa pada hari senin dan juga kamis. Selain itu, bakso Abunawas juga memberikan makan gratis pada pelanggan yang membaca suart al kahfi pada malam jumat.  Dan warung ini juga bekerjasama dnegan rumah zakat. Dengan demkian dapat memberikan manfaat bagi orang banyak. Anda dapat mengunjunginya di jalan masuk SMA 8 Banda Aceh di Lampineng. 



Itulah beberapa informasi mengenai Kuliner di Banda Aceh yang Enak dan Murah yang dapat Anda coba jika bekrunjung ke Banda Aceh. Kunjungi https://www.cekaja.com/info/rekomendasi-wisata-kuliner-di-banda-aceh-dengan-harga-murah-mangat-taht/dan dapatkan beragam informasi menarik lainnya.

Powered by Blogger.