Menu
/

Kanker payudara merupakan salah satu penyakit yang akan selalu menjadi kekhawatiran bagi setiap wanita. Tingkatan stadium pada penyakit kanker menunjukkan bentuk penanganan apa yang tepat yang harus diberikan pada penderita. Dari beberapa tingkatan kondisi para penderita kanker payudara, stadium 4 akan menjadi kondisi terparah dan penyembuhannya akan semakin sulit dilakukan.


Walau demikian, ada beberapa usaha dan penanganan yang dapat dilakukan untuk memperpanjang usia hidup dan meringankan rasa sakit yang diderita. Oleh sebab itu, ciri-ciri dari gejala kanker payudara stadium 4 atau akhir ini wajib dikenali agar penderita segera mendapatkan penanganan yang tepat. Nah, berikut ini akan disajikan beberapa informasi terkait gejala kanker payudara stadium 4, berikut ulasannya!

Apa Itu Kanker Payudara Stadium 4?


Kanker payudara stadium 4 disebut juga dengan tahap metastasis, dimana sel-sel kanker yang terdapat di tubuh anda sudah berkembang dalam waktu yang lama. Di tahap metastasis ini sel kanker juga sudah menyebar luas ke bagian luar payudara bahkan hingga je organ-organ lainnya, seperti hati, paru-paru, tulang, dan otak. Oleh sebab itu, penyakit kanker payudara stadium 4 ini mampu mengancam jiwa sang penderitanya.

Gejala Kanker Payudara Stadium Akhir


Gejala kanker payudara stadium akhir ini juga sama seperti gejala kanker payudara pada stadium lainnya, akan tetapi kondisinya akan semakin parah, seperti:
1. Terdapat benjolan yang semakin membesar melebihi 5 cm.
2. Tekstur permukaan payudara menjadi seperti kulit jeruk.
3. Puting semakin rata atau bahkan masuk ke dalam.
4. Payudara menjadi merah, bengkak, dan hangat ketika disentuh.

Di samping itu, karena sudah memasuki stadium 4, maka gejala lainnya juga akan dirasakan, bergantung dengan organ mana yang terkena sebaran sel kanker. 


Gejala-gejala tersebut di antaranya adalah:

1. Mudah merasa lemah dan lelah.
2. Mengalami batuk-batuk kering yang tidak kunjung berhenti.
3. Sesak pada dada.
4. Selera makan hilang.
5. Perut terasa kembung.
6. Timbul rasa mual yang terus menerus.
7. Sakit kepala yang semakin parah.
8. Penglihatan terganggu.
9. Kejang-kejang.
10. Linglung dan hilang keseimbangan.

Jika gejala-gejala tersebut sudah mulai muncul maka segeralah untuk melakukan pemeriksaan dan pengobatan lanjutan untuk mengurangi rasa sakit penderita.


Penanganan Pada Penderita Kanker Payudara Stadium 4


Penanganan pada penderita kanker payudara stadium 4 ini juga sama seperti penanganan pada penderita kanker stadium 3, mulai dari pelaksanaan kemoterapi, terapi hormon, terapi radiasi, dan operasi pengangkatan payudara. Hanya saja, penanganan kanker payudara stadium 4 ini sudah harus lebih intens, penderita kanker payudara juga dianjurkan untuk istirahat total agar tidak terlalu lelah.

Selain itu, rangkaian penanganan lainnya bagi penderita kanker stadium 4 adalah melakukan pemeriksaan manajemen nyeri. Dimana pemeriksaan ini ditujukan pada bagian tubuh lainnya yang sudah mulai dirasa sakit atau nyeri akibat penyebaran sel-sel kanker tersebut.

Dari beberapa penanganan tersebut, tentunya dukungan dan waktu kebersamaan bersama keluarga juga sangatlah penting. Berikan kasih sayang terbaik kepada penderita kanker payudara, salah satunya dapat dilakukan dengan membantu mempersiapkan asuransi kesehatan. Dengan demikian harapan hidupnya akan menjadi lebih panjang.

Untuk itu, tidak ada salahnya jika kita mau memulai untuk menyimpan sebagian uang yang dimiliki sebagai asuransi kesehatan bagi diri kita atau keluarga di masa yang akan datang. Untuk info lebih lanjut mengenai kanker payudara bisa kunjungi https://www.cekaja.com/info/yuk-kepoin-penyebab-gejala-dan-cara-mendeteksi-kanker-payudara/

Powered by Blogger.