Menu
/

www.ernawatililys.com - Perkembangan ekonomi syariah kini kian gencar di masyarakat. Bukan hanya tabungan syariah, deposito syariah, pembiayaan syariah, asuransi jiwa syariah, hingga saham dan reksa dana syariah. Kepedulian masyarakat untuk bisa menjalankan syariat sesuai ajaran Islam membuat masyarakat memilih segala sesuatunya berdasarkan syariat. Lalu apa itu asuransi syariah dan apa manfaat dan keuntungannya? Kita bahas bersama ya di sini, stay read terus, baca sampai habis. 

Asuransi Jiwa Syariah 


A. Apa itu Asuransi Jiwa Syariah 


Sebelum memilih memang perlu taaruf atau perkenalan dahulu, ada asuransi jiwa konvensional ada asuransi jiwa syariah. Nah, apa sih Asuransi Jiwa Syariah? Kalau dengar Asuransi Jiwa  Syariah secara Internasional lebih dikenalnya dengan istilah Takaful.

Menurut KBBI online ta.ka.ful adalah (n) penjaminan, (n) asuransi berdasarkan syariat Islam. Sedangkan pengertian Takaful (menurut Wikipedia) adalah konsep Asuransi Jiwa Syariah (berlandaskan Syariah Islam). 

Jadi kesimpulannya Asuransi Jiwa Syariah merupakan sebuah usaha untuk saling melindungi, tolong menolong dan bekerja sama di antara para peserta (pemegang polis), semua proses dilakukan melalui pengumpulan dan pengelolaan dana tabarru’ (kumpulan dana kebajikan), serta memberikan pola pengembalian untuk menghadapi risiko tertentu yang sebelumnya sudah ada kesepakatan melalui akad (perikatan) yang sesuai dengan prinsip syariah. 

B. Manfaat Asuransi Syariah 


Asuransi Jiwa Syariah menurut OJK yaitu menggunakan prinsip sharing of risk, artinya di mana risiko dari satu orang/pihak dibebankan kepada seluruh orang/pihak yang menjadi pemegang polis. 

Sedangkan peran Asuransi Jiwa Syariah adalah melakukan pengelolaan operasional dan investasi dari sejumlah dana yang diterima dari pemegang polis. 

Yang perlu digaris bawahi yaitu tentang akad Asuransi Syariah yaitu menggunakan prinsip tolong menolong antar sesama pemegang polis dan perwakilan/kerja sama pemegang polis dengan perusahaan Asuransi Syariah. 

Keunggulan Asuransi Syariah yaitu : 


1. Prinsip yang digunakan Syariah Islami dalam pengelolaan sumber dana. 


Setiap peserta polis merasa lega karena pada Asuransi Syariah ini pengelolaan dana oleh perusahaan Asuransi Syariah harus memenuhi prinsip-prinsip syariah. Misalnya dana tersebut tidak dapat diinvestasikan pada saham dari emiten yang memiliki kegiatan usaha perdagangan/jasa yang dilarang menurut syariah, termasuk perjudian, kegiatan produksi dan distribusi barang dan jasa haram, semua harus berdasarkan pada Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia. 

Jadi seluruh pesera polis satu visi misi dalam menjalankan Asuransi Syariah dan tidak keluar dari syariat Islam. 


2. Kejelasan dalam pembagian keuntungan hasil investasi 


Hasil investasi dari setiap pemegang polis (peserta), mereka memperoleh hasil investasi baik secara kolektif atau individu, melalui pembagian antara peserta polis dan perusahaan asuransi syariah, sesuai akad yang digunakan.

3. Pengelolaan dana pemegang polis dilakukan secara transparansi 


Kelebihan yang didapatkan para pemegang Asuransi Syariah yaitu pengelolaan dana oleh perusahaan Asuransi Syariah dilakukan transparan, baik itu terkait penggunaan kontribusi maupun pembagian hasil.  Pengelolaan dana ini memiliki tujuan agar dapat mengoptimalkan keuntungan bagi para pemegang polis. 

4. Tidak ada perlakuan sistem "dana hangus"


Dana kontribusi (premi) yang telah disetorkan sebagai tabarru dalam asuransi syariah tidak hangus, meskipun tidak terjadi klaim selama masa perlindungan. Peserta (polis) yang telah mengumpulkan dana akan tetap diakumulasikan di dalan dana tabarru' yang merupakan milik pemegang peserta (polis). 


5. Kepemilikan dana 


Jika pada asuransi konvensional seluruh premi yang masuk menjadi milik perusahaan asuransi. Maka, pada asuransi syariah, kontribusi (premi) tersebut sebagian menjadi milik perusahaan asuransi syariah sebagai pengelola dana dan sebagian lagi menjadi pemilik pemegang polis. 


C. Memilih Asuransi Syariah 


Kita ketahui saat ini banyak produk Asuransi Syariah. Sebelum memilih kita harus kenal betul apa akad, manfaat dan kelebihan dari Asuransi Syariah yang akan kita pilih nantinya. Bagaimana sistem pengelolaan dan kebijakan-kebijakan yang diberikan oleh perusahaan Asuransi Syariah.  Dari semua produk Asuransi Syariah yang ada di Indonesia, perlu diketahui tentang PFI Mega Life dengan Mega Amanah Link (MAL), asuransi jiwa syariah terbaik yang memberikan manfaat perlindungan lengkap dan optimal.

MEGA AMANAH LINK merupakan produk asuransi jiwa syariah yang dikaitkan dengan investasi, memberikan perlindungan asuransi jiwa sekaligus kesempatan berinvestasi untuk mempersiapkan kebutuhan finansial masa mendatang yang dikelola berdasarkan prinsip Syariah. 

Manfaat
1. Manfaat meninggal dunia sebesar 100% manfaat asuransi ditambah dengan nilai investasi yang telah terbentuk (jika ada)
2. Manfaat hidup pada akhir masa asuransi (usia 100 tahun) adalah sebesar nilai investasi yang telah terbentuk

Keunggulan : 
1. Perlindungan asuransi hingga usia 100 tahun. 
2. Minimum kontribusi yang terjangkau dengan mata uang rupiah. 
3. Wakalah (biaya akuisisi) hanya di tahun pertama dan tahun kedua. 
4. Produk Asuransi Syariah yang fleksibel, Anda dapat melakukan penambahan dana investasi (kontribusi top – up tunggal), penarikan dana investasi, (withdrawal) dan pengalihan dana investasi (switching) kapan saja. 
5.Gratis 2 (dua) kali penarikan dana (withdrawal) dalam satu tahun polis. 
6.Gratis 6 (enam) kali pengalihan dana investasi (switching) dalam satu tahun polis 
7. Arga unit menggunakan 1 harga (Single price). 


Jenis Dana Investasi




Fitur Produk


1. Usia masuk Peserta1-60 tahun
2. Usia masuk Pemegang Polis 18-85 tahun 
3. Mengisi Surat Pengajuan Asuransi Jiwa Syariah (SPAJS)
4. Membayar kontribusi

Biaya 


a. Kontribusi risiko Asuransi Syariah per bulan meningkat setiap tahun sesuai dengan pertambahan usia peserta.
b. Biata administrasi sebesar Rp. 20.000,- per bulan 
c. Bebas biaya untuk 2 (dua) kali penarikan dana dalam satu tahun Polis. Penarikan dana selanjutnya dikenakan biaya sebesar 1,25% dari dana yang ditarik. 
d. Bebas biaya untuk 6 (enam) kali pengalihan dana investasi dalam satu tahun Polis. Pengalihan dana investasi selanjutnya dikenakan biaya sebesar Rp. 100.000,-
e. Biaya penerbitan Polis sebesar Rp. 50.000,-
f. Biaya pengelolaan investasi sebesar 3% per tahun dari total dana investasi.
g. Biaya pembatalan polis selama masa peninjauan polis sebesar Rp. 50.000,-
h. Wakalah (biaya akuisisi) : tahun pertama 80%, tahun kedua 15% dari kontribusi berkala. 
i. Biaya top up sebesar 3%.


Ilustrasi Perkembangan Dana Investasi


Risiko Yang Ditanggung Pemegang Polis


Setiap produk pasti ada kelebihan dan kekurangan, tergantung seberapa dekat kita memilih produk tersebut yang sama dengan pilihan kita. Sebagaimana layaknya produk investasi unit linked, produk Mega Amanah Link mempunyai keterkaitan langsung dengan instrumen pasar uang, Pendapatan tetap, dan ekuitas yang memiliki risiko investasi sesuai dengan karakter masing-masing instrumen investasi tersebut. Nilai investasi akan terpengaruh dan naik turun mengikuti pergerakan nilai instrumen tersebut. 

Sudah panjang lebar membahas tentang Asuransi Jiwa Syariah, tentang manfaat dan juga keunggulannya. Semoga semakin memantapkan hati teman-teman untuk segera memilih Asuransi Syariah Terbaik di Indonesia  salah satu rekomendasinya yaitu Mega Amanah Link (MAL)asuransi jiwa syariah terbaik yang memberikan manfaat perlindungan lengkap dan optimal. Untuk mencari info dan juga pendaftaran bisa langsung kunjungi website PFI Mega Life  https://www.pfimegalife.co.id/  dan juga media sosialnya : 




Salam Inspirasi 

13 comments:

  1. Salah satu hal terpenting dalam hidup adalah memilih asuransi jiwa syariah yang terbaik ya Mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya benar sekali. Terima kasih telah membaca dan berkunjung.

      Delete
  2. Ternyata banyak ya Mbak keunggulan dari asuransi jiwa syariah ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya keunggulan Asuransi Syariah banyak sekali.

      Delete
  3. investasi tambahan pun ternyata juga banyak sekali manfaatya ya Mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. benar sekali, ada plusnya juga jika sejak awal sudah tahu akadnya

      Delete
  4. Jadi ingin segera ikut gabung dengan asuransi jiwa syariah nih Mbak.

    ReplyDelete
  5. Wow banyak banget manfaat dan keunggulannya ya Mbak hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. benar sekali, salah satunya bisa menjadi pertimbangan untuk memilih asuransi syariah terbaik ya mba. :)

      Delete
  6. Jenis dari dana investasinya pun juga beragam ya Mbak, keren deh pokoknya.

    ReplyDelete
  7. Masha Allah, alhamdulillah ada sistem asuransi yg bagus seperti ini. dana yg sudah kita bayarkan utk asuransi ga hangus dan msih bisa tetap dimanfaatkan ya

    ReplyDelete
  8. Penjelasannya cukup detail juga dan membantu sekali.

    ReplyDelete

Powered by Blogger.