Menu
/

www.ernawatililys.com – Revolusi industri kini tengah ramai jadi bahan perbincangan, perdebatan serta perhatian publik. Masyarakat yang awalnya tidak mengikuti revolusi industri, jadi penasaran apa saja yang sebelumnya telah terjadi pada revolusi industri 1.0, revolusi industri 2.0, revolusi industri 3.0, dan yang sedang booming saat ini yaitu revolusi industri 4.0.

Pengertian Revolusi  Industri 

1. re.vo.lu.si /révolusi/

n perubahan ketatanegaraan (pemerintahan atau keadaan sosial) yang dilakukan dengan kekerasan (seperti dengan perlawanan bersenjata)
n perubahan yang cukup mendasar dalam suatu bidang: dialah pelopor -- dalam bidang arsitektur bangunan bertingkat
n peredaran bumi dan planet-planet lain dalam mengelilingi matahari

2. in.dus.tri

n kegiatan memproses atau mengolah barang dengan menggunakan sarana dan peralatan, misalnya mesin

Jadi Pengertian Revolusi Industri menurut   KBBI online memiliki pengertian sebagai berikut https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/revolusi%20industri 

revolusi » revolusi industri

perubahan radikal dalam usaha mencapai produksi dengan menggunakan mesin-mesin, baik untuk tenaga penggerak maupun untuk tenaga pemroses.


Revolusi 1.0 

Membaca sejarah revolusi industri dari berbagai artikel, baik itu wikipedia, zenius.net, maxmanroe.com , dan lainnya, menarik saya rangkum di sini bahwa setiap revolusi industri selalu membawa perubahan baru yang tadinya sulit, mahal, tak terpikirkan menjadi mudah, terjangkau dan peluang baru. Selain itu ada perubahan baik tentu saja ada dampak yang buruk juga.Karena pergerakan revolusi begitu cepat butuh kesadaaran dari berbagai lapisan untuk saling menjaga dan juga menyeimbangkan dengan alam, terutama dengan kelestarian lingkungan. 

Sebelum lahir revolusi industri, semua manusia berfokus pada kekuatan otot untuk menyelesaikan pekerjaan. Alternatif lain untuk menggerakkan beban yang diluar batas kemampuan manusia yaitu dengan angin. Namun, sudah bisa ditebak dua sumber tenaga ini tidak bisa di push untuk produksi yang lebih besar lagi karena keterbatasan. Semakin banyak menggunakan tenaga manusia, biaya produksi semakin mahal. Pun dengan mengandalkan angin untuk menggerakkan kincir untuk beban yang besar, tidak semua daerah terdapat angin kencang. Untuk tenaga air pun harus dekat dengan sumber air terjun.



Revolusi industri 1.0 dengan hadirnya mesin uap. Mesin uap merupakan mesin yang menggunakan energi panas dalam uap air dan mengubahnya menjadi energi mekanisTenaga mesin uap dapat menggerakkan (sumber wikipedia). Setelah kehadiran mesin uap, banyak perubahan yang terjadi pada industri, seperti ketika produksi terbatas pada tenaga otot, angin, air, juga butuh waktu lama untuk prosesnya, dengan adanya mesin uap semua menjadi mudah dan juga waktu bisa lebih cepat. 

Revolusi 2.0 

Banyak industri yang semakin berkembang dan mensuplay kebutuhan masyarakat. Semakin naiknya permintaan, produksi harus menaikkan juga target produksi atau barang yang akan dihasilkan. Walau ada bantuan mesin uap, tidak semua pekerjaan berat bisa dijangkau dengan mesin uap. Untuk itu, pada revolusi industri 2.0 ini muncullah listrik dan proses baru pada lini produksi “Assembly Line” dan ada tambahan lagi berupa ban berjalan “conveyor belt” yang membuat produksi semakin berubah total. Di mana awalnya setiap perakitan hanya satu tenaga kerja dari awal sampai akhir, kini dengan adanya conveyor, perakitan bisa dibagi berpos-pos yang bisa dikerjakan beberapa orang bisa lebih dari tiga orang atau sepuluh orang, tergantung dengan seberapa besar yang diinginkan pada out put produksi. 


Revolusi 3.0

Pada revolusi industri 1.0 ditemukannya mesin uap, yang menjadi jalan keluar keterbatasannya tenaga otot, air, angin. Kemudian di revolusi industri 2.0 dengan hadirnya listrik dan conveyor belt yang membuat proses produksi semakin mudah dan ringan. Maka pada revolusi 3.0 ini yaitu hadirnya mesin yang bergerak, dan berpikir secara otomatis seperti komputer dan robot. 

Pertentangan pasti ada, di mana banyak yang mengkhawatirkan peran manusia tergantikan oleh robot. Namun, nyatanya tenaga manusia masih memiliki peran penting dalam produksi. Jika dahulu, tak ada profesi yang bekerja untuk mengoperasikan komputer, kini profesi ini dibutuhkan disemua perusahaan. Jadi, memang ada sebagian pekerjaan yang hilang akibat revolusi industri 3.0 ini, akan tetapi juga akan lahir pula profesi baru yang dahulu tak terpikirkan akan ada. 


Revolusi 4.0 

Revolusi 3.0 akan perangkat komputer yang dari ukuran besar terus berkembang pesat menjadi ukuran yang kecil. Dari yang tidak bisa dipindah,menjadi mobile. Kemajuan dalam sistem komputerisasi ini pun terus berkembang tak hanya pada komputer saja, laptop dan juga ada yang lebih kecil dari komputer namun daya kerja hampir sama, yaitu kehadiran smartphone. Smartphone digunakan oleh smartpeople untuk koneksi pekerjaan yang lebih mudah,cepat dan juga tak ada jarak.

Maka pada revolusi 4.0 ini lahirlah yang namanya revolusi digital yaitu internet. Di mana semua perangkat yang terhubung dengan internet ini akan semakin cepat diakses, dipantau, serta pekerjaan pun dapat dikerjakan melalui internet ini. Membahas internet di Indonesia sendiri sudah tersedia hosting Indonesia. Hosting atau disebut rumah digital atau rumahnya sebuah website, maksudnya yaitu hosting adalah penyewaan tempat untuk menampung data-data yang diperlukan oleh sebuah website dan bisa diakses melalui internet.  Jadi bagi Anda yang ingin bergerak pada digital marketing bisa banget menggunakan fasilitas hosting atau juga cloud hosting sesuai dengan keperluan usaha Anda. Dan, saat ini penyedia hosting terbaik yaitu Qwords. Memiliki hosting untuk keperluan branding perusahaan atau juga marketing perusahaan, sangat cocok di era digital ini. 


Setiap revolusi pasti ada dampaknya, mulai dari beberapa pekerjaan tradisional yang tergerus menjadi pekerjaan digital, kejahatan via internet, dan sebagainya. Akan tetapi, setiap revolusi industri selalu menyuguhkan kemajuan dan juga kemudahan serta gaya baru dari setiap produksi, dengan mendukung resolusi industri kreatifitas dan inovasi akan selalu menduduki nomor satu. 

Jadi revolusi industri akan terus berkembang, manusia siap tidak siap akan terus mengikuti perkembangan tersebut. Butuh kerjasama baik masyarakat dan pemerintah agar kelestarian lingkungan tetap terjaga, kehidupan yang aman dan nyaman tetap tercipta. Revolusi menyuguhkan semua serba cepat, mudah, terjangkau, tanpa jarak, serta kelebihan lainnya. Sedangkan manusia tetap menjadi subjek yang penting dan mengambil peran dalam perubahan revolusi industri. 

Sumber image : by pixabay 

Salam Inspirasi. 

12 comments:

  1. Bagus banget tulisannya Teh Erna, menambah pengetahuan saya tentang revolusi industri. Barokallah fiik.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih. sama-sama belajar tentang revolusi Industri ya

      Delete
  2. Wahh mantap penjelasannya. JAdi paham sekarang. Terima kasih sharingnya, Bund :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama :) semoga kita bisa menjadi bagian revolusi yang baik ya

      Delete
  3. Membuka wawasan saya ttg revolusi industri. Makasih sharingnya Mba Erna 😘

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama, biar jadi mama kekinian juga ya :)

      Delete
  4. Wah dengan adanya hosting Indonesia ini sangat membantu masyarakat ya

    ReplyDelete
  5. Wah bener banget tuh Mbak, siap tidak siap zaman pasti juga akan berubah

    ReplyDelete
  6. Wah terima kasih nih Mbak informasinya, sangat bermanfaat nih Mbak

    ReplyDelete
  7. Habis membaca ini saya jadi tahu nih bagaimana perkembangannya. Thanks

    ReplyDelete
  8. Memang banyak banget ya manfaat yang didapatkan dengan adanya internet ini

    ReplyDelete

Powered by Blogger.