Menu
/

www.ernawatililys.com – Saat ini keseharian manusia tidak jauh dari searching by internet. Mencari data, mencari produk, artikel, bahkan mencari pekerjaan. Banyak sekali website-website yang akan muncul sesuai dengan keyword yang diketik pada mesin penelusuran. Untuk memilih deretan website tersebut, sebagai pengguna internet harus berhati-hati memilih website, apalagi website tersebut digunakan untuk transaksi jual beli dengan menyertakan identitas diri yang lengkap, akan ada data yang diberikan.
Walau pemilik website tersebut murni tidak ada niatan jahat, dan hanya berjualan saja. Namun, sebagaimana kejahatan di dunia nyata kini kejahatan di dunia maya pun ada. Di mana ada peluang bagi orang yang tidak bertanggung jawab, maka akan selalu ada kejahatan. Untuk itu lebih baik berhati-hati dan menjaga kemanan website, sebelum kejadian yang tidak menyenangkan terjadi atau menimpa diri sendiri.  Seberapa pentingkah menjaga keamanan sebuah website? Kalau menurut rincian di atas, sepertinya sangat penting. Karena pernah mendengar beberapa pemilik webiste yang websitenya bermasalah, mulai tidak bisa diakses, ditunggangi iklan yang tidak diinginkan dan juga iklannya tersebut tidak izin pastinya, websitenya di ‘cloning’, bahkan ada juga yang kena virus. What! Serem-serem ya, ibarat rumah tuh harus dikasih pager, digembok juga. Bukan hanya pager saja ada juga pintu, agar semakin aman. Kebayang nggak kalau webiste kita sudah nggak ada pager keamanan, nggak pakai gembok, plus pintu pun nggak punya. Jangan sampai website yang susah payah dibangun lalu menghilang tak tahu ke mana, baru penyesalan datang. Walau bisa diselamatkan pakai jasa ahlinya, tetapi kemungkinan terburuk pasti ada.

Nah, buat yang sering berselancar dari satu website ke website lain, coba perhatikan pada kotak alamat paling atas yang bertuliskan www.xxxx.com . Perhatikan sekali lagi, kenapa ada yang tulisan “Not Secure”  atau tidak aman. Ada yang tahu penjelasannya?



Sesuai dengan pengumuman dari Google bahwa pada bulan Juli, untuk webiste-website harus segera instal SSL certificate untuk keamanan website. Bagaimana jika yang yang belum menginstal SSL certificate maka Google akan menandai website dengan tulisan “Not Secure” atau tidak aman.  Jadi sudah tahu kan alasannya, karena update dari Google dan keamanan website perlu ditingkatkan juga. 

Alasan kedua “Kenapa semua website harus segera instal SSL certificate?” Karena Google selalu mengupdate versi chrome terbaru dan memiliki kelebihan lebih dalam sistem kecepatan penelusuran, keamanan, dll. Salah satu kelebihan fitur chrome ini akan menjadi pembaca keamanan bahwa website yang sedang dikunjungi ini benar-benar aman. 

Bagaimana membuat website aman? Segera mengganti alamat yang semula pakai HTTP menjadi HTTPS, walau hanya ada penambahan satu huruf saja yang awalnya HTTP menjadi HTTPS namun tanda ini sangat berarti untuk keamanan sebuah website. 
Di website lainnya ada juga yang bericon gembok hitam, serta ada tulisan HTTPS menunjukkan bahwa website tersebut telah aman dikunjungi. 



Apa itu SSL?


SSL atau Secure Socket Laer adalah sebuah protokol keamanan, seperti yang dilansir dari SSL Indonesia. Bahwa semua browser memiliki kemampuan untuk berinteraksi dengan web server secara aman, apabila menggunakan protokol SSL. Jadi, browser dan server juga membutuhkan sertifikat untuk keamanan sambungan tersebut. 

Apa Manfaat SSL?


- Meningkatkan Peringkat Website di Google 
Membaca dari berbagai ahli dan juga pembahasan diberbagai media, Sertifikat SSL atau SSL certificate dapat meningkatkan performa website di google. Tentu saja ini menjadi hal yang penting bagi semua website, ketika bisa muncul di halaman pencarian google. 

- Menjaga Informasi Rahasia 
Ingin keamanan website terjaga, maka dengan SSL kini dapat menjaga informasi rahasia selama dalam proses pengiriman melalui internet dengan cara dienkripsi. Karena keamanan ini, hanya penerima pesan yang dapat memahami dari hasil enkripsi tersebut. jadi tak perlu khawatir dengan rahasia di website yang Anda kelola. 

- Melindungi Pencurian Data dalam bentuk Pemalsuan (Phising). 
Ini kejadian yang dialami teman saja ketika websitenya ditiru bahkan beserta konten dan tataletaknya. Walau hal ini, sangat berakibat buruk bagi pelaku, tapi tetap saja cara ini masih saja digunakan. Jadi, sebagai pencegahan dini sebaiknya lindungi keamanan website dengan instal SSL certificate 

image by pixabay 


Sampai sini paham’kan betapa pentingnya menjaga keamanan sebuah website. Tidak perlu beranggapan bahwa dengan instal SSL certificate itu sulit atau bingung pilih yang rekomendasi dan terpercaya. Sekarang ada jasa layanan terbaik dari Qwords yang memberikan pilihan untuk SSL certificate sesuai dengan kebutuhan website Anda. 

Ada 3 Macam SSL certificate  :

1. Domain Validated
Hanya memerlukan verifikasi domaian dan email saja,cara ini sangat mudah dan banyak dipilih oleh kalangan blogger, dan golongan menengah karena proses domain validated ini sangat cepat. 

2. Organization Validated
Bagi pengguna bisnis, jenis SSL ini digunakan untuk domain bisnis atau organisasi sangat tepat. Karena Organization Validated ini hanya memerlukan verifikasi beberapa dokumen usaha seperti SIUP/TDP/Akta perusahaan. Membutuhkan waktu lebih lama untuk issue-ing SSL-nya (ada proses vetting). Walau lama, hasilnya tentu saja wesbite semakin SEOfriendly, aman terkendali. 

3. Extended Validated (Green Bar)
Jadi, standar validasi SSL tertinggi yang merupakan kombinasi dari organization Validated dan Domain Validated. Extended Vakidated ini  digunakan oleh mereka yang ingin mencapai highest trust level SSL dan juga branding karena tersedia fitur Green bar pada URL. Oleh karena itu, Extended validated sangat direkomendasikan untuk website bisnis, ecommerce/toko online.

Dari ketiga pilihan di atas mana yang sesuai dengan kriteria website Anda. Dengan adanya SSL Certificate keamanan website akan terjaga. Jadi jangan tunggu lagi ya, segera amankan website dengan segera instal SSL Certificate, prosesnya cepat dan mudah, percayakan pada Qwords. Qwords juga terkenal sebagai jasa penyedia Hosting Indonesia yang rekomended. Lengkapi step keamanan website Anda sekarang juga. Ada pengalaman tentang menjaga keamana website versi teman-teman. Sharing yuk di kolom komentar, siapa tahu jadi inspirasi bagi pembaca yang lainnya. 

Salam Inspirasi 

4 comments:

  1. Informasinya sangat bermanfaat, terima kasih Bunda Erna ๐Ÿ˜

    ReplyDelete
  2. Terima kasih informasinya teh erna๐Ÿ˜Š

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama, terima kasih sudah berkunjung :)

      Delete

Powered by Blogger.