Menu
/

www.ernawatililys.com – Kalau week end tiba, sudah pasti di benak inginnya jalan-jalan, benarkan? Lihat tabungan yang nggak bersahabat buat diajak liburan, lebih baik cari wisata hemat yang bisa mengusir penat. Memangnya ada? Pasti ada, warga ibukota pasti hapal betul, lokasi wisata yang mudah dan murah transportasinya, sampai di lokasi bisa hunting tempat yang nggak perlu bayar tiket mahal atau bisa free alias bebas masuk. Yang penting bisa hirup udara segar, dan menikmati pemandangan kota. Tempatnya juga instagramable jadi nggak perlu khawatir,  kamu bisa upload juga di media sosial, kalau kamu sedang liburan, walau budget pas-pasan. 


Bogor menjadi destinasi pilihan untuk liburan yang menyenangkan. Bogor yang dikenal sebagai kota hujan karena memiliki curah hujan yang tinggi dan udaranya juga cukup dingin. Selain itu, Bogor juga dikenal dengan nama Buitenzorg. Dengan suasana sejuk, banyak pepohonan rindang, serta taman-taman kota yang indah dan banyak spot yang asyik untuk menikmati indahnya alam. 

Bogor yang terletak di 59 km Selatan Jakarta. Bisa ditempuh dengan kendaraan pribadi baik roda dua maupun roda empat. Jika mau hemat lagi, bisa naik transportasi umum seperti bus atau kereta. Jika naik bus maka pemberhentian langsung di terminal Baranang Siang. Di sana sudah banyak kendaraan umum yang bisa kamu pilih untuk menuju destinasi wisata, tidak perlu menunggu lama. Jika ingin jalan kaki menikmati keramaian kota sudah berderet restauran, kuliner khas Bogor, mall, Adha Swalayan, Gramedia, dll. Ketika menuju ke arah jembatan penyembarangan dekat terminal ada toko-toko penjual makanan khas Bogor mulai dari talas, aneka kripik, ada juga roti unyil. Di samping terminal ini juga ada swalayan Ngesti yang bersejarah dengan harga yang murah meriah. Ada Asinan legend ibu Sri yang selalu ramai dikunjungi. Tak jauh dari terminal ada tugu Kujang yang menjadi ciri khas kota Bogor. 

Kebun Raya Bogor 


Gerbang masuk termudah dan termurah untuk memasuki kota Bogor yaitu melalui stasiun Bogor. Bisa jalan kaki jika ingin hemat, sambil menikmati pemandangan kota Bogor. Melewati pasar dan juga Taman Topi Square,  Ada Sekolah Budi Mulia, lanjutkan perjalanan  kamu bisa melewati SMP Negeri 1 Bogor, jika berbelok ke arah kanan maka ada pintu Masuk Pintu Kebun Raya Bogor. Karcis masuk sekitar Rp. 14.000,- cukup murah untuk menikmati keindahan pohon-pohon langka di Bogor. Ada ratusan jenis tanaman dan juga oleh-oleh khas Bogor. 



Jika tadi kamu belok ke arah kanan bisa memasuki Kebun Raya Bogor, maka jika ke arah kiri kamu bisa menuju balaikota. Di sana ada juga pemandangan indah di depan Istana Bogor. Bisa memberi makan rusa juga lho. 



Sambil menikmati jajanan sore. Dari arah balaikota masih bisa berjalan kaki saja melewati kedai Tahu Yunyi, yang legend di Bogor. Lalu di seberang jalan jika terus berjalan ada tempat kuliner langganan para artis yaitu Bogor Permai, di sebelahnya ada Gedung Wanita tempat acara-acara formal baik pemerintah atau warga Bogor yang ingin menyewa gedung tersebut. Di depannya ada halte Soedirman 1, kamu bisa duduk sambil melihat lalu lalang kendaraan yang melaju. 


Taman Peranginan Bogor


Jika kamu menyebrang jalan ada Taman Perangingan Bogor juga yang bisa beristirahat sejenak. Mau duduk di bangku-bangku taman, melihat anak-anak bermain ayunan, atau muda-mudi yang sedang berfoto ria di pinggir Taman dan terlihat aliran sungai Ciliwung serta perumahan warga yang berundak-undak, eksotis sekali.



Masih cari spot gratisan di Bogor, berjalanlah dari Taman Peranginan ke Air Mancur Bogor. Jaraknya cukup dekat. Ada Pusat Pendidikan Zeni, di sana ada Museum Peta yang jam kunjungnya bisa ditanyakan pada penjaga, bisa melihat tank-tank yang sudah tak dipakai lho, anak-anak juga senang pastinya. 

Air Mancur 


Air mancur kalau pagi, jadi pemandangan yang indah dengan pancuran air ke atas dan taman yang rapi. Jika sore hari di sekeliling air mancur banyak penjual makanan dan kuliner khas Bogor, mulai dari jajanan pasar seperti kue apem, kue pepe, nasi uduk, soto Bogor, siomay, batagor. Mau coba martabak super enak dan sudah terkenal, yaitu Martabak Air Mancur. Walau nama outletnya Martabak Air Mancur, tidak hanya menjual martabak, semua kuliner tersedia. Tapi harganya cukup berbeda ya dengan jajanan di pinggir jalan. Kalau kamu mau hemat lebih baik cari harga yang bersahabat. Semakin malam semakin ramai Air Mancur ini apalagi malam mingguan, malam tahun baru bisa padat dikunjungi orang-orang untuk merayakan pergantian tahun. 

Di sekitaran Air Mancur terdapat Pusat Pendidikan Zeni, di sana juga ada Museum Peta dan Ada masjid Jenderal Besar Soedirman. 


GOR Bogor 


Belum afdol kalau datang ke Bogor belum mengunjungi Gedung Olah Raga Bogor. Lokasinya nggak jauh dari Air Mancur, jadi jangan bilang sudah nggak ada ongkos, masih bisa jalan kaki dari Air mancur. Masih kuatkan jalan-jalan hematnya di Bogor. Di GOR ini bukan hanya ada lapangan bola, tempat latihan basket, pencak silat, dll. Juga ada kolam renang yang harga tiketnya murah meriah. Kalau kamu nggak suka renang dan mau duduk santai sambil baca buku  ada Perpustakaan Bogor. Di sana ada buku-buku yang siap baca sesuai selera pembaca. Ada majalan, ada kids corner juga, di mana desain ruang baca untuk orang dewasa dan anak-anak dibedakan. Pastinya orang dewasa bisa baca dengan tenang, dan anak-anak bisa baca dengan senang, bukan hanya buku-buku untuk anak-anak yang super lengkap, juga ada komputer edukasi yang membuat anak-anak belajar sambil bersenang-senang.  



Gimana? Seru sekali bukan jalan-jalan ke Bogor. Dijamin betah dan nggak mau pulang, masih banyak taman-taman kota  seperti Taman Kencana, Taman Skateboard,  Taman Heulang atau Taman Oreo, dan spot lainnya yang tak kalah menarik untuk kamu kunjungi.  


Jangan khawatir, sewa hotel di Bogor sekarang sudah banyak dengan fasilitas yang sangat nyaman, bikin betah seperti rumah sendiri. Fasilitasnya juga lengkap ada kolam renang, wifi, menu masakan yang tak kalah dengan restauran berbintang, dan lainnya. Tinggal pilih yang sesuai budget dan lokasi hotel di area Bogor banyak yang strategis, seperti Hotel Salak, Hotel Padjajaran, Hotel Pangrango, Zest Hotel, Lorin Sentul, Bogor Icon, Grand Savero, Izi Hotel, Amaris Hotel, Amaroossa Royal Hotel, Favehotel, IPB Hotel, Santika, Rancamaya, Ibis Hotel, dan masih banyak lagi. Jadi kamu tetap bisa berkeliling kota Bogor tanpa perlu bingung cari sewa hotel di Bogor, karena banyak dan lengkap.  Serukan, mau backpaper seorang diri, sama teman-teman atau ajak keluarga. Mau liburan hemat, jalan-jalan ke kota Bogor  bisa jadi pilihan. Ada yang pernah backpacker ke Bogor atau wisata ke Bogor? Share yuk pengalaman kamu, siapa tahu bisa jadi inspirasi bagi pembaca. :)

Sumber Foto : Doc.Pribadi

Salam Inspirasi




5 comments:

  1. Penginnn ke Bogor. Duluuuu banget pernah ke Taman Safari. Sekarang penginnya bawa anak-anak :)

    ReplyDelete
  2. Walah.. Di Bogor ada Taman Oreo? Saya baru tahu nih. Kayaknya seru banget ya di sana.

    Terus itu GOR Bogor sudah ada kolam renangnya juga. Mantep banget nih..

    ReplyDelete
  3. Aku suka banget Bogor, airnya dingin, udaranya segar, dan memang bisa cari spot instagramable juga , plusnya lagi gratisan

    ReplyDelete
  4. Wah aku sempat ke bogor beberapa tahun lalu tapi mampirnya ke makaroni panggang sama botani square. Heu.

    ReplyDelete
  5. Kebun Raya Bogo saya udah pernah sih, dua atau tiga kali. Senang berada di sana karena masih banyak pohon jadi udaranya lebih sejuk. Taman Peranginan yang aku baru tahu dan pengen juga nanti kalau ke Bogor mampir ke perpustakaannya.

    ReplyDelete

Powered by Blogger.