Menu
/

www.ernawatililys.com – Tak dipungkiri kemajuan teknologi banyak membawa perubahan terutama pada dunia bisnis. Pada era digital ini market semakin luas lagi. Bukan hanya toko fisik saja yang berkembang, namun juga kehadiran toko online. Sekalipun online jangan anggap sepele karena trafic penjualan bisa berkali-kali lipat. Untuk itu banyak pebisnis yang ikut pindah lapak dan beralih dengan membuat website untuk usaha onlinenya. 


Di era digital inilah peluang akan kebutuhan memiliki website usaha online semakin meningkat, mau dari perusahaan besar sampai yang baru merintis, banyak manfaat yang didapatkan ketika para pelaku bisnis memiliki website tersendiri. 

Sebelum pembahasan tentang manfaat website, sebaiknya tentukan dahulu tujuan dasar membuat website, ada 2 tujuan primer untuk membuat website, di antaranya :

1. Corporate Website atau website perusahaan : membangun corporate website atau website perusahaan adalah untuk menampilkan profil perusahaan secara profesional yang akan menciptakan kredibilitas di dunia maya dan khususnya untuk para pelanggan. Dengan adanya corporate website ini juga calon customer bisa menilai, menyelidiki, menimbang dan mempelajari perusahaan yang akan dituju. Selain itu branding kuat sebagai perusahaan yang mandiri dan juga pengelolaan intern yang membuat data pelanggan rahasia serta memberikan kenyamanan. 

Display untuk corporate website ini lebih formal, seperti tagline perusahaan, program yang digaungkan, visi dan misi perusahaan, struktural pengurus dan pegawai, data perusahaan yang ingin dishare (kecuali yang bersifat rahasia), penghargaan yang didapatkan, bentuk kerjasama yang telah dilakukan, project sosial yang digaungkan, liputan perusahaan, produk yang telah dilaunchingkan, dan masih banyak lagi sesuai keinginan perusahaan tersebut, tampilan website akan menyesuaikan. Untuk perusahaan lainnya ada fasilitas tanya jawab bukan hanya pada customer service namun pada profesi ahli seperti konsultan keuangan, konsultasi pada dokter, dll yang membuat nilai plus webiste dan perusahaan tersebut. 

2. Ecommerce Website atau Webiste toko online : memiliki tujuaan yang berbeda dengan website corporate, di mana ecommerce website atau website toko online memiliki target yang berbeda. Pada ecommerce website lebih pada profit dan penjualan yang terukur, dan juga data pelanggan yang tersimpan dalam database sendiri. Tampilan website toko online ini lebih pada foto produk, deskripsi detail produk, keranjang belanja, wishlist, check out dan pembayaran yang mudah, serta tracking pengiriman yang jelas dan cepat. Semakin website tersebut nyaman digunakan pelanggan, trafict pembelian juga naik, ditambah dengan harga terjangkau dan kualitas yang terjamin. 

Pada ecommerce website ini branding perusahaan akan kuat dimata pelanggan karena memiliki nama website sendiri, seperti www.tokosaya.com dibandingkan masih menggunakan www.ecommerce.com/tokosaya, selain terlalu panjang dan ada nama ecommerce lain yang ditumpangi. Jadi tak salah jika ingin memberikan kenyamanan berbelanja maka membuat website toko online sendiri agar semakin loyal juga para customer dengan produk Anda, tanpa teralihkan dengan produk lain atau kompetitor yang saling muncul di ecommerce website lain. 


Setelah tahu dua tujuan pembuatan website yang utama, mana yang lebih Anda perlukan untuk perusahaan Anda. Maka langkah selanjutnya yaitu memilih yang paling relevan dengan bisnis yang ingin Anda kembangkan. Setelah itu segeralah mulai membuat website yang Anda inginkan. 

Sekarang kita bahas 10 Keuntungan Memiliki Website Untuk Usaha Online :

1. Membentuk Branding Perusahaan

Mau ecommerce website atau corporate website, keduanya sama-sama sedang membuat branding untuk perusahaan. Tampilan yang disajikan akan membuat pelanggan tahu website yang dikunjungi ini memiliki tujuan A atau B. Kunjungan pertama pada website Anda akan menjadi branding kuat kepada pelanggan. 

2. Profesional website 

Profesional website membuat kepercayaan pelanggan bertambah. Banyak diketahui para pebisnis online banyak yang sukses dari berbagai platform, baik instagram, facebook, atau media sosial lainnya. Namun, dengan mencantumkan nama website perusahaan, keyakinan pada produk-produk yang dijual akan naik. Bukan website tumpangan atau gratisan.


3. Kemudahan menyebarkan informasi 

Memiliki website sendiri, tentu saja mudah bagi Anda untuk membuat informasi lebih cepat diterima oleh pelanggan, karena tinggal Anda posting pada website perusahaan atau toko online Anda. Berbedaa jika tidak memiliki website sendiri, butuh proposal pengajuan/surat permohonan/pengajuan event ke website orang lain.

4. Mempermudah komunikasi dan interaksi antar perusahaan/toko online dan pelanggan

Ketika memiliki website sendiri, pelanggan bisa langsung chat dengan customer service baik di website langsung atau via email dengan email profesional, bukan email pribadi, seperti admin@tokosaya.com , admin@perusahaansaya.co.id 


5. Tempat berjualan jasa atau produk

Tahukan Anda, bahwa website yang Anda buat bisa digunakan untuk berjualan aneka produk dan jasa. Baik itu produk-produk makanan, minuman, fashion, elektronik, buku, kosmetik, dll. Sedangkan untuk produk jasa bisa layanan jasa konsultasi ekonomi, konsultasi kesehatan, dsb. 

6. Portofolio perusahaan atau bisnis online Anda

Website bisa dijadikan sebagai kantor kedua, selain yang berbentuk kantor atau toko fisik. Selain itu dengan adanya website ini bisa sebagai portofolio apa saja pencapaian dalam bisnis yang dijalankan dan berkembang hingga saat ini. Tentu hal ini akan menambah value pada usaha Anda.

7. Kerahasiaan Perusahaan Terjamin

Memiliki website sendiri dan mengelolanya sendiri tidak ada campur tangan orang lain membuat database aman, serta pelanggan juga akan loyal karena sudah nyaman dengan segala pelayanan pada website usaha Anda. 

8. Sumber informasi resmi perusahaan

Jika mengadakan event, promo, launching, anniversarry, serta kegiatan yang bersifat formal maupun non formal bisa langsung release di website. Info pertama yang valid dan bisa dipertanggungjawabkan. Tidak ada penipuan atau yang merugikan pelanggan.



9. Mendatangkan client baru atau pelanggan baru

Rekomendasi dari customer yang merasa puas dengan website Anda akan menjadi promosi asli dan testimoni mereka juga real, sehingga akan menggaet customer baru. 

10. Membangun kedekatan dengan pelanggan dengan mengadakan event, lomba, komunitas, dll yang dapat diinfokan melalui website resmi.

Pernah ikut komunitas dari website A, B, C, atau ecommerce website bikin group-group loyal untuk para membernya? Ya, website menjadi jalan silaturahmi antara pebisnis dan pelanggannya. Setiap member hanya perlu registrasi pada website dan masuk pada platform/forum yang sudah disediakan pada website. Tentu hal ini juga perlu didukung hosting terbaik agar semua berjalan lancar, full support dan tidak ada gangguan teknis yang akan membuat para member tidak nyaman. 



Demikian pembahasan mengenai 10 Keuntungan Memiliki Website Untuk Usaha Online. Yuk segera aplikasikan website untuk usaha online Anda. Untuk menjadikan webiste Anda dengan performa terbaik cukup percayakan pada layanan hosting Indonesia yang terpercaya seperti Qwords. Yang punya pengalaman sukses dengan website bisnis onlinenya bisa share ya di kolom komentar, siapa tahu jadi inspirasi bagi pembaca lainnya. 

Sumber gambar : by pixabay

Salam Inspirasi


Powered by Blogger.