Menu
/

www.ernawatililys.com - Assalammualaikum pembaca setia blog yang selalu semangat menimba ilmu. Kali ini saya mau berbagi resep bikin bolu pisang super mudah, yaitu no mixer dan no oven. Karena dua alat tersebut memang belum saya miliki, hohoho. Alasan lainnya memang masih belum fokus di dapur, untuk bikin kue. Masih setia deadline menulis sepanjang tahun 2019 ini.
Tambah lagi dengan fokus bimbingan dan konsultasi naskah untuk para penulis, kelas-kelas menulis dan juga bimbingan untuk para alumni kelas untuk menerbitkan buku solo yang alumninya sudah ratusan. Jadi ditengah kesibukkan tersebut, saya adalah ibu 3 orang anak-anak kecil yang aktif-aktif. Kalau lapar itu kayak dinosaurus mengacak-acak kebun istana,hohohoho. Makanya sebagai emaknya kudu kreatif membuat camilan yang mengenyangkan. Masak nasi dan lauk tetap ya, setiap hari. Selain itu rebus jagung, kadang masak ketan putih, masak nasi uduk juga pernah setiap hari kalau mereka requestnya seperti itu.

Hari ini sudah masak, sop ayam, tahu, serta sore hari masak kwetiaw goreng. Sepertinya tiga menu tersebut masih membuat anak-anak ribut mencari camilan lain. Satu toples wafer juga sudah habis. Di dapur hanya tersisa 4 buah pisang ambon yang sudah sangat matang. Pantas kurang dilirik anak-anak. Biasanya mereka ke dapur dan bolak-balik makan buah pisang sendiri. 

Sore ini bikin bolu pisang kukus super mudah, no mixer dan no oven. Serta masaknya juga dibantu si kecil alias anak ketiga. Berikut prosesnya ya : 

Resep Bolu Pisang Kukus Super Mudah No Mixer dan No Oven


Resep terinspirasi dari #DapurBunda

Resep simple "Bolu Pisang Kukus"  (no oven, no panggang & no mixer)

Bahan-bahan :



  1. Pisang Ambon 3 buah (ukuran besar), saya pakai 4 buah pisang tadi karena ukurannya kecil-kecil.
  2. Telur 2 butir (Ukuran besar, pakai putih dan kuningnya ya, tinggal ceplok saja ke wadah)
  3. Terigu 7 sdm muncung. (Saya tadi pakai segitiga biru)
  4. Gula pasir 9 sdm muncung.
  5. Vanili 1 kemasan kecil
  6. Soda kue 1/2 sdm.
  7. Sejumput garam.
  8. Minyak goreng 1/2 gelas belimbing (saya pakai merk sania)

.

Cara Buat Bolu Pisang Kukus : 

Panaskan kukusan sampai airnya mendidih (tutup panci di kasih kain agar uap airnya menyerap ke kain tidak berjatuhan, tapi tadi saya tidak pakai kain, gapapa). Sambil nunggu panas pancinya kita siapkan bahan-bahannya.

1. Haluskan pisang di mangkuk (Saya pakai garpu haluskanpisangnya, ditekan-tekan saja)
2. Ambil tempat lain untuk ngocok telur, vanili, garam, gula pasir (kocok sampe gulanya larut kadang saya ngocoknya pakai garpu, kadang pakai kocokan telur yang bulat mantul-mantul) sampai larut.
3. Campurkan terigu segitiga biru dan soda kue ke dalam wadah telur tadi (boleh teriguna di ayak dulu agar halus, tapi saya  nggak pernah sih langsung masukkan saja ke adonan) aduk sampai rata.
4. Lalu masukan pisang yang sudah dihaluskan ke adonan tadi. Aduk sampe rata dan tambahkan minyak goreng setengah gelas ke adonan, aduk lagi sampai rata. 
5. Kalo sudah di aduk semua siapkan loyang apa aja kasih minyak polesan biar nggak lengket.
6. Lalu kukus di panci yg tadi sudah di panaskan tadi.
7. kukus selama 25 menit menggunakan api sedang. 



Setelah 25 menit, kalau masih ragu matang atau belum, boleh pakai lidi dan tusuk kue bolu pisang kukusnya,kalau di lidi sudah tidak ada adonan basah, berarti sudah matang dan siap disajikan. Mudah sekali bukan. Selamat mencoba. 



Salam Inspirasi

4 comments:

  1. Wuah, sepertinya mudah. Makasih tipsnya ya, Teh.

    ReplyDelete
  2. Wuah, sepertinya mudah. Makasih tipsnya ya, Teh.

    ReplyDelete
  3. Dua telur bisa ngembang sebesar itu,, boleh dicoba nih resepnya :)

    ReplyDelete

Powered by Blogger.