Menu
/

www.ernawatililys.com – Sebagai manusia pasti normal saja ketika rasa takut, sedih, khawatir, atau hal negatif itu mampir. Itu bisa jadi kita akan mencari solusi atau mencari insting untuk memompa rasa nyaman dan membuat strategi aman untuk diri sendiri, atau orang yang kita sayangi. Asal jangan berlebihan. Takut berlebihan, sedih berlebihan, khawatir yang berlebihan, bisa-bisa bikin hidup kamu nggak bakalan happy. Life is never flat harus diakui, kadang naik dan turun, sudah kayak naik mobil dan motor aja ya, naik di lokasi penjemputan dan turun di lokasi tujuan, hidup itu bergerak, guys. Jadi #unistallkhawatir yang berlebihan ya. Negative thinking juga segera diganti dengan positive thinking.

Mau cerita nih, sebagai emak mobile, istilahnya apa lagi tuh! Jadi, pasti tahu’kan hidup itu pastinya bergerak. Apalagi emak-emak di rumah aja gerakannya nggak ada kelarnya. Ya nyuci, masak, ngepel, nyapu, jemur, bebenah. Pokoknya kerjaan yang nggak ada habisnya deh. Apalagi kalau antar anak ke sekolah, belanja harian ke pasar, belanja bulanan ke swalayan atau naikin dikit budgetnya ke mall. Bisa dikatakan mobilitas setinggi ini bagi emak-emak perlu banget driver harian yang bisa ganti-ganti kendaraan sesuai kebutuhan, asyik. Mau cepat tinggal pesan ojek online, mau motor atau mobil ya bisa diposisikan sesuai kebutuhan.

Pasti sudah banyak para emak yang punya kisah suka duka dalam menggunakan kendaraan umum (ashiaaap), mau dengerin enggak curhatan hati emak millenial ini. Sudah tahu’kan di setiap negara pasti ada yang namanya kendaraan umum, gunanya untuk mobilitas harian rakyatnya yang terus bergerak dari satu tempat ke tempat lain. Dibuat fasilitas kendaraan umum, gunanya banyak sekali di antaranya :

  1. Moda transportasi bersama
  2. Agar menghindari macet (enggak kebayang kalau setiap pribadi punya kendaraan sendiri-sendiri, bukan enggak boleh sih, asal jalanannya juga diperhatikan)
  3. Keselamatan berkendara (Jujur saja ya, enggak semua yang punya kendaraan pribadi itu tertib berlalu lintas, jadi driver angkutan umum, sudah ada persyaratan kerja dari penyedia jasa masing-masing.
  4. Asuransi (nanti kita bahas di bawah lebih lengkap lagi ya)
  5. Dan masih banyak yang lainnya


Mau cerita beberapa waktu lalu, bersama teman seprofesi sebagai penulis dan blogger yang akan mengadakan pelatihan ke ujung pelosok sebuah desa. Akhirnya sepakatlah pesan kendaraan umum saja, GO-CAR. Bagi yang enggak hapal alamat pasti tahu rasanya di antar sampai tujuan dan tepat waktu, huhuu senangnya. Akhirnya langsung sampai lokasi, sayonara sama abang drivernya dan kita menuju kelas untuk memberikan materi menulis. Selama menerangkan materi di salah satu Sekolah Menengah Kejuruan, yang pesertanya aktif-aktif bikin hati bahagia bisa berbagi ke adik-adik tentang dunia menulis dan ngeblog. Selesai acara kami pun hendak pulang dan bertanya-tanya pastinya, naik kendaraan apa untuk kembali ke rumah masing-masing. Kalau naik angkutan kota nomor berapa dan di mana naiknya. Sayangnya, ternyata di tempat ini belum ada kendaraan yang masuk. Dengan muka pucat pasi, mana mungkin jalan kaki sepanjang jalan kenangan tadi, walau banyak hamparan sawah yang indah. Akhirnya, pesan lagi GOJEK. Teman di saat perjalanan dan jadilah penyelamat bagi kita yang tadinya dag dig dug der enggak karuan. Kalau kalian masuk ke rimba belantara seperti ini apa yang kalian lakukan gaes? Hehehe uji nyali juga ya, sampai kita menatap heran, salah satu teman yang bisa membawa kita ke sebuah tempat terisolasi begini.

Pernah punya cerita lebih horor lagi. Pulang dari luar kota turun dari bus dan sudah menjelang larut malam. Kebetulan tiga anak dibawa semua, dan nunggu angkutan di pinggir jalan enggak ada yang lewat. HP juga lowbat plus power bank juga habis. Lengkap sudah penderitaan, akhirnya ke pos satpam numpang chargeran sebentar sambil menyalakan handphone dan pesan GO-CAR, enggak mungkin GO-RIDE bisa tercerai berai nanti sampainya. Namanya, sudah malam, anak terlelap, sedapatnya saja lah. Alhamdulillah, datangnya cepat dan tarifnya murah (eh emak-emak, suasana genting gini masih lihat harga). Akhirnya kami masuk berlima, anak ketiga dipangku, anak kedua dan pertama, tidur saling bersandaran, di depan Pak suami dan Pak sopirnya. Alhamdulillah berikutnya yaitu supirnya ramah, tahulah keluarga rempong. Terbantu sekali kan dengan adanya GOJEK ini.



UPDATE GOJEK


GOJEK memberikan rasa aman, nyaman, hingga memberi kepastian bahwa penumpang telah terlindungi dalam perjalanannya merupakan bentuk nyata dengan memberikan asuransi penumpang atau Asuransi GO-RIDE.  GOJEK memberikan perlindungan asuransi untuk pengguna layanan GO-RIDE mulai dari penjemputan hingga tiba di lokasi tujuan. Jika terjadi (hal yang tidak diinginkan) kecelakaan kita bisa memanfaatkan perlindungan asuransi ini. Asuransi GO-RIDE ini sekarang sudah berlaku di seluruh area Indonesia untuk layanan GO-RIDE.



Makin mantap GOJEK ya. Apalagi sekarang GOJEK juga selalu berupaya meningkatkan kualitas dan memberikan yang terbaik untuk para mitra GOJEK dan juga pengguna layanan GOJEK. GOJEK terbuka sekali untuk masukan dan saran masyarakat yang sangat membantu GOJEK untuk menjadi lebih baik lagi, serta menginspirasi GOJEK untuk selalu berkembang dan menjadi salah satu aplikasi yang dapat diandalkan bagi para penggunanya. Kini GOJEK memperkenalkan fitur keamanan dan juga strict on boarding process, yaitu pelatihan driver melalui Rifat Drive Labs (RDL) dan memberikan pembekalan edukasi kepada mitra driver. Makin nambah rasa nyaman dan amannya pakai GOJEK ya.

Walaupun judulnya jalan bareng teman, pasti kamu akan pulang ke alamat rumah masing-masing'kan. Apalagi kalau pulang malam, entah ini macet di jalan, acaranya yang kelarnya lama, dll. Biasanya kalau sendirian rasa takut semakin menumpuk, sampai screencap halaman booking lalu di share ke group dan ke keluarga, cara aman dan tenang selama perjalanan. Tetapi, sekarang lebih mudah lagi guys, tinggal share link dan bisa live tracking (memangnya paketan saja yang pakai jasa tracking :)), makin kerenkan!


Bagikan Perjalanan


Bagikan Perjalanan merupakan sebuah fitur yang memungkinkan pengguna membagikan tautan kepada keluarga atau kerabat melalui Whatsapp, LINE, SMS, atau aplikasi bertukar pesan lainnya. Tautan ini berisi informasi: Titik pickup dan drop off, informasi pengendara secara detail (Nama, nomor dan jenis kendaraan dan nomor pemesanan), status perjalanan (menunggu driver, dalam perjalanan, sudah tiba).  Terakhir, live location. Tujuannya adalah pengguna dapat merasakan keamanan karena perjalannya dipantau oleh orang-orang terdekatnya, baik itu keluarga atau teman. 

Fitur ini sudah berlaku di seluruh Indonesia baik untuk GO-CAR dan GO-RIDE. Kita tinggal bagikan saja lokasi saya, lokasi saya sekarang dan bagikan perjalanan kepada keluarga dan sebagai rasa aman dalam perjalanan.


Tombol Darurat


Jadi ini adalah sebuah fitur yang memungkinkan pengguna mendapatkan rasa aman karena GOJEK kini menyediakan tombol yang dapat digunakan untuk keadaan atau situasi yang darurat. Tombol ini akan langsung terhubung pada unit Darurat GOJEK yang siap melayani 24 jam setiap harinya. Jadi, sebagai pengguna bisa merasakan keamanan karena GOJEK sudah menyiapkan pertolongan untuk kondisi terburuk. 



Tombol Darurat bisa dipakai saat keadaan darurat seperti kecelakaan dan tindak kriminal. Bukan penumpang saja yang khawatir, driver juga perlu keselamatan dari pencurian, begal, dan tindakan lainnya yang merugikan driver atau penumpang. 

Kabar bahagianya nih, fitur Tombol Darurat sudah bisa diakses customer GO-CAR seIndonesia. Semoga bisa segera diakses di GO-RIDE juga ya. Kita selalu dalam lingkungan yang aman dan enggak perlu pakai fitur ini. Bukan penakut sih, tapi, kalau masyarakat Indonesia yang terkenal keramahan, santun, baik, saling gotong royong, semua akan nyaman dan aman di mana pun.


Driver Jempolan


Kalau fitur-fitur di atas secara langsung berhubungan dengan pengguna, GOJEK juga punya beberapa program untuk mitra drivernya.  Di antaranya proses perekrutan yang ketat, pelatihan driver melalui Rifat Drive Labs dan juga pembekalan edukasi ke driver.

GOJEK bekerja sama dengan Rifat Drive Labs untuk melatih para driver. Program itu diinisiasi Duta Keselamatan Berkendara, Rifat Sungkar. Dalam waktu 4 tahun terakhir, sekitar 300 ribu mitra pengendara GOJEK di 20 kota di Indonesia, sudah bergabung dalam program ini. Program ini masih terus berjalan dan diikuti sekitar 10 ribu mitra driver setiap bulannya. Program ini memberi edukasi ke mitra mengenai: pengetahuan tentang tanggung jawab, kesabaran, dan empati; defensive riding; keselamatan berkendara; pre trip inspection; dan sesi praktek.

Ada info lagi nih GOJEK memberikan edukasi kepada mitra driver melalui #TrikNgetrip yaitu sebuah program edukasi yang menyampaikan pesan, dengan cara yang menyenangkan untuk para mitra driver dalam memberikan pelayanan terbaik dan tips dalam berkendara serta perjalanan.

Masih tentang kegiatan positif juga dari GOJEK yang menyelenggarakan serangkaian workshop dalam upaya meningkatkan keterampilan mitra driver melalui Bengkel Belajar Mitra. Program yang rutin diselenggarakan di berbagai kota di Indonesia dengan menggandengan para profesional di bidangnya masing-masing untuk memberi pembekalan kepada  driver GO-JEK dalam meningkatkan layanan dan mengasah pengetahuan di bidang lainnya. Untuk para mitra driver yang telah memberikan layanan terbaiknya dan memberikan kontribusi yang positif dalam masyarakat, GOJEK turut mengapresiasi dengan memberikan sebuah penghargaan, bernama Driver Jempolan. Penghargaan ini diberikan oleh GOJEK untuk menjadi motivasi bagi mitra driver untuk selalu meningkatkan kualitas pelayanan mereka. Penghargaan ini disematkan pada driver berupa pin pada jaket GOJEK mereka.



Banyak sekali informasi tambahan tentang GOJEK ya, semuanya membuat pengguna makin nyaman menggunakan GOJEK dan aman dalam perjalanan dengan fitur dan program terbaru dari Bagikan Perjalanan, Tombol Darurat, Driver Jempolan, yang tak kalah menariknya yaitu passenger insurance berupa asuransi penumpang yang merupakan bentuk nyata kepedulian GOJEK dalam memberikan rasa aman, nyaman, hingga memastikan bahwa penumpang telah terlindungi dalam perjalanan. Semoga kita semua selalu diberi keselamatan dalam perjalanan ya, bisa pulang dan berkumpul dengan keluarga itu adalah kebahagiaan yang tak ternilai. Bersama GOJEK, nyaman di perjalanan dan #UninstallKhawatir yang berlebihan. Satu lagi info penting, jangan lupa ya untuk selalu update aplikasi GOJEK ke versi terbaru karena fitur Bagikan Perjalanan, Panggil Bantuan Darurat baru bisa diakses setelah aplikasi versionnya diupdate.

Salam Inspirasi

10 comments:

  1. Wah bagus banget ya memang fitur yang terbaru dari gojek ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya Mba,bikin hati tenang dan uninstall khawatir yang berlebihan.

      Delete
  2. Wah dengan adanya fitur bisa membagikan perjalanan, ini sangat membantu ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar sekali, jadi aman dan nyaman ya pastinya

      Delete
  3. Wah sekarang ada tombol daruratnya juga ya. Membantu sekali nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar, semoga tombolnya nggak terpakai ya, selalu aman damai sentosa :)

      Delete
  4. Wah sekarang gojek ada fitu baru ya, sepertinya harus update aplikasinya dulu nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, update dahulu ya, agar dapatkan semuanya

      Delete
  5. Wah bermanfaat sekali nih informasinya. Terima kasih kak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama, terima kasih sudah mampir dan membaca artikelnya

      Delete

Powered by Blogger.