Menu
/


www.ernawatililys.com –  Sejak 2004 saya sudah mengenal dunia ngeblog, walau hanya coba-coba semua platform karena belum tahu ilmunya. 2008 baru mengenal yang namanya WordPress, tadinya suka ganti-ganti platform sekarang ada yang berbeda dengan WordPress.
Waktu itu walah hanya modal nekat, langsung daftar saja karena  gratis juga jadi asyik-asyik saja coba hal baru. Menulis tentang sastra Jepang menjadi pilihan, karena memang keseharian saya masih mahasiswi sastra Jepang, jadi sekali menyelam dua pulau terlampaui yaitu belajar kembali mata kuliah dan menulis di WordPress untuk melawan lupa. Sedikit demi sedikit pelajaran yang saya ingat,  saya salin ke WordPress. Alamat blog saya kala itu www.lisojungchan.wordpress.com namun hanya bertahan sampai 3 tahun. karena waktu itu kesibukan saya sebagai mahasiswi, juga pekerja tetap di perusahaan Jepang, serta aktif di beberapa organisasi, membuat semangat menulis saya turun, blog saya pun akhirnya non-aktif, huhuhu padahal ada foto saya pakai kimono yang dijadikan background theme (Sayounara) . Apalagi kala itu saya harus mengetik di warnet Nurul Fikri, tempat di mana saya juga kursus komputer di area dekat indekost-an saya. Walau jarak dekat, tapi benar-benar tidak ada waktu. Akhirnya saya menabung bersama teman kuliah saya untuk segera memiliki laptop agar semakin bisa menjelajah dunia internet. 

Memiliki laptop baru, membuat saya memiliki semangat baru untuk menjelah di WordPress. Buat teman-teman yang masih bingung apa itu WordPress, saya dapat penjelasan simple dari Mas Tiyo Kamtiyono di blognya wpkampt.com, WordPress adalah sebuah software/script yang bisa di-install di server/hosting untuk membuat website apa saja. 

WordPress adalah sebuah software yang bisa digunakan untuk membuat website, baik itu untuk web pribadi, situs portal berita atau bahkan toko online. Saya pribadi pernah menggunakan ketiganya. Web pribadi sudah merasakan sendiri bagaimana asyik dan mudahnya memakai WordPress. Situs portal berita pun saya sudah beberapa kali, baik media Islami atau umum. Nah, untuk yang ketiga saya pernah juga punya toko online, penyedia perlengkapan keluarga Indonesia. 

WordPress banyak dipakai oleh perorangan untuk profesionalitas dan juga oleh perusahaan-perusahaan ternama. Wordpress menjadi pilihan banyak jutaan pengguna karena banyak kemudahan ditemukan. Mau tahu 5 alasan lainnya yang bikin teman-teman makin yakin memilih wordpress. 

5 Alasan Harus Memilih Wordpress 


1. Tanpa Mengeluarkan Biaya, Wordpress Itu Gratis!

Silakan register ke www.wordpress.com dan buatlah blog atau website yang teman-teman inginkan. Kalau teman-teman mau ngeblog, mau bisnis dan mau branding apapun, nggak perlu mundur karena tidak memiliki modal di awal. Cukup gunakan smartphone kamu dan jadilah smart people yang membuat blog atau website bisnis teman-teman, karena tinggal sign up and free! Nggak percaya, lihat saja WordPress My husband www.pccontrol.wordpress.com di mana sejak tahun 2010 telah membuat blog pribadi dengan niche teknik dan pemograman.  Dari tahun viewnya semakin naik, kita bisa check di report harian, mingguan, bulanan atau tahunan seperti gambar di bawah ini.



2. Very Simple! Ya, Wordpress sangat mudah digunakan.

Sudah tidak diragukan lagi bahwa memang banyak pengguna yang menjadikan WordPress sebagai pilihan. WordPress memiliki struktural tata letak dan juga fitur yang mudah dipahami sekalipun oleh pemula. Bisa lihat kolom kelola yang di kotak merah, ada penambahan halaman situs, post blog, media, komentar, umpan balik, plugin, impor. 



3. Jagoan SEO 

Waktu saya ikut kelas SEO bersama pakar SEO Palembang, Mas Qbenk namanya. Beliau menyarankan untuk para blogger yang ingin kuat di halaman page one atau di mesin penelusuran, menaklukkan keyword tertentu, blog terbaca cepat dan artikel juga cepat dirayapi, maka salah satu cara adalah dengan memilih WordPress. Karena struktural yang mudah terbaca dan memiliki ruang deskripsi untuk satu blog atau satu tulisan yang membuat WordPress merajai penelurusan di page one. 
Bermain cantik dengan WordPress lebih cepat dan juga menguatkan SEO. SEO itu sendiri kepanjangan dari Search Engine Optimization , yang artinya optimasi mesin pencari. Bentuk kerjanya yaitu serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis. SEO juga bertujuan untuk meninggkatkan volume dan juga trafic pengunjung. Jadi blog atau web kita tidak sepi pengunjung. 

4. Plugin dan thema variatif

Teman sejawat blogger selalu bilang, “Enak toh pakai WordPress, plugin tinggal install, thema tingga pilih ada ribuan dan juga aman serta variatif.” Berbeda dengan blogger yang thema masih sedikit, walaupun ingin kreatif sendiri dengan membuat thema baru maka harus berhadapan dengan html. Tidak semua blogger pemula memahami hal ini. Jadi daripada ribet maka Wordpress pun masih menjadi pilihan favorit. 


5. Bisa upgrade dan lebih Profesional

Kalau di awal saya bilang gratis dan tetap bisa sama fungsinya dengan yang sudah upgrade menjadi custom domain. Misalnya jika kamu ingin membuat blog di www.WordPress.com lalu mendaftar gratis di sana dan membuat blog dengan nama www.blogaku.wordpress.com, masih gratisan  dan alamat pun panjang karena nama belakangnya masih WordPress. Jika ingin tampil lebih profesional, lebih berkelas maka bisa sekali dengan memilih nama custom domain seperti www.blogaku.com. Memang nama domain lebih pendek, jadi mudah diingat, jadi lebih terlihat profesional, berbayar dan akan menaikkan nilai blog. Cara membayar biaya tahunan pada Wordpress dengan custom domain ini, bisa ke upgrade WordPress atau penyedia jasa WordPress Hosting seperti Qwords. Kita bisa membayar biaya tahunan untuk domain serta hosting yang dikenal dengan sebutan custom domain.

Penyedia jasa terutama Hosting Indonesia kini sudah mulai marak dan banyak pilihan. Setiap penyedia jasa memiliki banyak penawaran, silakan pilih yang terbaik. Tips dari saya yaitu amati dan juga baca testimoninya ketika membeli produk layanan jasa, atau juga bisa bertanya pada teman yang sudah pakai terlebih dahulu. Bisa juga kita chat dengan customer servicenya, jika di awal sudah merasakan bentuk pelayanan service nomor 1, fast respon nomor dua, dan nilai plus lainnya yang menjadi daya tarik.

Kalau kamu setujukah dengan 5 Alasan Harus Memilh Wordpress? Punya alasan yang berbeda, yuk share di kolom komentar. Siapa tahu jadi inspirasi untuk pembaca lainnya.


Salam Inspirasi

1 comment:

Powered by Blogger.