Menu
/

www.ernawatililys.com – Mengelola keuangan rumah tangga memang bukan hanya tugas seorang istri, suami juga sebagai investor keuangan perlu membuat perencanaan yang sama dengan pasangan. Agar semua pendapatan dan pengeluaran bisa mengalir sesuai dengan pos-pos yang tepat. Jangan sampai karena saling percaya atau mempercayakan pada satu orang hingga akhirnya tak tahu ada anggaran-anggaran yang bocor dan tidak diperlukan. Pasti semua tahu bahwa hidup itu terkadang banyak kepingan-kepingan kejutan, baik kejutan kebahagiaan yang tak terduga atau sebaliknya. Dan, yang menjadi masalah ketika terjadi hal tak terduga sehingga kita diposisikan untuk memilih namun sulit karena terbatas pada pendanaan. 


Hal apa saja yang membuat keuangan menjadi naik turun?


1.Sakit : Setiap orang selalu berdoa diberi umur yang berkah dan panjang, badan yang sehat dan juga kecukupan dalam hidup. Namun, sakit tak mengenal usia, kadang menghampiri siapa saja mulai dari janin dalam kandungan, bayi, ibu hamil, anak-anak, hingga orangtua. Sakit yang butuh pembiayaan obat dan pemeriksaan yang tak cukup hanya sekali, bisa berkali-kali harus check up, butuh biaya besar. Tanpa punya asuransi kesehatan atau dana tabungan kesehatan pribadi, semua menjadi terasa berat jika harus dipikul sendiri. 

2.Biaya pendidikan : Tak bisa dipungkiri biaya pendidikan semakin hari semakin mahal. Apalagi untuk sekolah-sekolah terbaik dan pilihan, butuh dana besar. Kita ketahui pendidikan memang penting, apalagi orangtua menginginkan anak-anak mendapatkan pendidikan yang baik. Ketika tak memiliki tabungan, sedang anak harus bersekolah, butuh biaya untuk menunjang aktivitasnya serta membuatnya nyaman belajar dan terus berprestasinya. Jika keuangan keluarga tak dipersiapkan untuk dana pendidikan, maka akan menjadi penyakit kronis yang terus menggerus dana anggaran belanja atau anggaran lainnya. 


3.Kehamilan/Melahirkan : Kehadiran anak adalah anugerah bagi setiap keluarga. Ada keyakinan banyak anak banyak pula rezeki. Walaupun seperti itu, harus persiapan matang untuk menyambut kehamilan sampai melahirkan. 

4.Membangun/renovasi rumah : Banyak yang berasumsi membangun rumah nanti saja jika tabungan sudah banyak, namun kenyataannya ada beberapa rumah tangga yang harus mensegerakan membangun rumah sendiri agar bisa membuat kehidupan keluarga sendiri dengan nyaman. Bukan berarti hidup ‘numpang’ atau tinggal di rumah orang itu tidak nyaman. Kasus lainnya yaitu ketika renovasi rumah, ada yang berpikir nunggu rusak parah atau nanti saja kalau sudah roboh sekalian. Tentu jika hal ini terjadi akan membahayakan penghuninya. Rumah yang tak nyaman dihuni pun akan mempengaruhi anggota keluarga lainnya. Kadang butuh renovasi untuk hal yang tak terduga,seperti atap dapur yang roboh, pagar depan yang hancur tertabrak mobil, dll. Dana tak terduga untuk ini tentu saja tidak sedikit.

5.Bisnis yang macet : Setiap pasangan yang memiliki usaha atau bisnis pastinya selalu ingin untung dan sukses. Namun namanya musibah berbisnis, entah usaha bisnis yang macet, usaha istri yang kena tipu mitra bisnis, dan motif lainnya. Jika hal ini terjadi, kadang bukan hanya keuangan bisnis yang sakit, keuangan keluarga juga ikutan sakit. Apalagi yang merintis usaha butuh modal dan ada beberapa order yang masuk tertahan karena tidak memiliki biaya produksi.

6.Bencana alam/kecelakaan tak terduga : Hidup aman dan nyaman pasti pilihan setiap orang, apa daya ketika kita menghadapi perumahan yang kita tempati banjir, atau rumah tetangga kebakaran, atau pohon jalanan tumbang dan menimpa atap rumah. Semua hal tak terduga lainnya bisa saja terjadi. Disaat yang sama keuangan kita pun tak memungkinkan. 




Bagi keluarga kecil ada sebuah prinsip yang dipegang yaitu tidak ingin merepotkan keluarga besar. Karena terkadang sebuah musibah harus dilewati sendiri. Tak selamanya keluarga besar bisa menjadi tempat sandaran masalah, terkadang merekapun sudah memiliki ‘cobaan hidup’ masing-masing. 
Sesuatu yang diluar perkiraan telah terjadi, menumpuk dan menjadi beban, mencari solusi agar bisa segera teratasi. Ingat ya, dalam rumah tangga jangan meminjam uang karena untuk gaya hidup! Karena kalau untuk menuruti gaya hidup pasti tidak akan ada habisnya. Namun, keadaan terdesak dan butuh dana cepat agar bisa menyelesaikan satu masalah yang terjadi. Seperti ketika butuh pinjaman bisnis, ketika sudah pre order banyak pesanan dan biaya produksi masih kurang. Untuk perputaran ini bisa melakukan pinjaman online.


Mengenal KoinWorks


Pertama kali baca penjelasan tentang KoinWorks di berbagai media, saya menyimpulkan sendiri bahwa ini sistemnya saling bantu antara pendana (pemberi dana) dengan peminjam (yang membutuhkan dana) dijembatani KoinWorks dengan fasilitas yang aman dan nyaman. Selain itu 



KoinWorks dengan peer to peer lending (P2P Lending) yaitu aktivitas pinjam-meminjam uang yang terjadi secar online dan dijembatani oleh platform P2P Lending tertentu. Jadi KoinWorks, sebagai platform PZP Lending, berfungsi sebagai penghubung antara masyarakat yang membutuhkan dana dengan masyarakat yang memiliki dana untuk dipinjamkan. Sebagai penyedia platform, Koinworks tentunya memberikan solusi agar mudah dijangkau oleh siapapun, bisa digunakan online dan aman.
Tentang P2P Lending ini seperti : Menyalurkan pinjaman dana untuk kebutuhan konstruktif (bukan konsumtif) seperti pinaman bisnis, pendidikan, kesehatan, dan sebagainya. Sumber dana ini dari masyarakat (bukan dari perusahaan penyedia layanannya), Masyarakat bisa berkontribusi meminjamkan dana dan menjadi alternatif investasi. Seluruh prosesnya semua dilakukan secara online, kapan pun dan di mana pun yang pasti aman. Selain itu mendapatkan dukungan dari OJK dan BI demi meningkatkan inklusi keuangan. Mampu membantu UKM berkembang dengan dukungan modal usaha yang murah dan terjangkau.


Mengapa memilih P2P Lending?

- Kendali dan pengelolaan secara penuh
- Bebas dari tingkat suku bunga pasar yang fluktuatif
- Bukan judi/bodong
- Investasi alternatif bagi semua kalangan
- Imbal hasil yang stabil

Yang Bingung dengan cara kerja KoinWorks, simak dibawah ini :
1. Peminjam mengajukan pinjaman secara online. 
2. KoinWorks menganalisa seluruh data dan memberikan skor kredit A1-E5
3. Pinjaman diterbitkan ke platform 
4. Akan ada ratusan hingga ribuan pendana (pemberi dana) yang membantu memenuhi. 
5. Pinjaman dicairkan 
6. Peminjam memanfaatkannya dengan membayar cicilan bulanan 
7. Sistem KoinWorks secara otomatis menyalurkan pengembalian ke pendana berdasarkan porsi pendanaan masing-masing pendana.

Pinjaman Bisnis (KoinBisnis)



Berbisnis itu pilihan. Setiap orang mempunyai jiwa entrepeneur untuk mengembangkannya ia perlu mengasah bakat dan mengenal peluang serta market. Namun tak salah jika mencoba untuk memulai. Kini KoinWorks yang telah bermitra dengan online marketplace besar di indonesia,seperti Lazada, Tokopedia, Bukalapak, Bhinneka, BerryBenka, DOKU, Sirclo, dan sebagainya. Peminjam bisnis di KoinWorks adalah merchant di online marketplacetersebut. KoinWorks memiliki tim ahli yang menjamin bahwa peminjam bisnis memiliki penjualan dan performa bisnis yang baik sehingga mampu membayar kembali pinjamannya, sehingga hal ini penting untuk pendana juga. Jadi Koinworks pun memberikan kenyamanan bukan hanya pada peminjam juga pada pemberi dana. 


Pinjaman Pendidikan (KoinPintar)




Selain membuka peluang pada pebisnis, KoinWorks juga bermitra dengan berbagaiinstitusi pendidikan bereputasi di Indonesia dengan memberikan akses pembiayaan pendidikan bagi siswa yang ingin melanjutkan pendidian di sekolah/perguruaan tinggi pilihannya. Menurut data BPJS tahun 201, hanya 1 dari 4 orng yang mampu mengenyam pendidikan hingga Perguruan Tinggi, kendala utamanya yaitu masalah ekonomi dan tiadanya tabungan pendidikan dalam keluarga. KoinWorks membantu meningkatkan jumlah populasi masyarakat terdidik baik formal maupun nonformal. Dukungan pendanaanini akan bermanfaat bagi mereka yang membutuhkan dan membantu menciptakan generasi yang kompeten dan cerdas.

Pinjaman Kesehatan (koinSehat)



Selin dua pinjaman di atas KoinBisnis dan KoinPintar, ada satu lagi yaituKoinSehat yang telah bekerjasama dengan Klinik Mata Nusantara dan Rumah Sakit Premier Bintaro untuk menyediakan akses pembiayaan kesehatan yang berkualitas dan terjangkau khusus untuk penyakit non-kronis.
Mengapa memilih KoinWorks

- Rp. 100.000,- bisa dapat apa? di KoinWorks mulai dari seratus ribu rupiah siapapun bisa mulai mendanai/investasi
- Aman dan terpercaya karena terdaftar dan diawasi oeh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Fintech Paling Inovatif versi BIFA, didukung oleh Mandiri Capital, Quona, Gunung Sewu dan lainnya yang telah berkolaborasi dengan mitra bereputasi seperti Tokopedia,Lazada, BukaLapak, English First, BINUS, Bhineka, Berrybenka, dan masih banyak lagi. 
- Memiliki dana proteksi yang aman bagi para pendana
- Belajar fundamental investasi, diversifikasi serta efek compounding
- Mudah, cepat dan sangat fleksibel
- Tujuan pendanaan yang bersifat sosial


Finally, selesai sudah pembahasan mengenai KoinWorks kali ini semoga teman-teman pembaca bisa bijak dan menyimak dengan seksama pengenalan praktik pinjam-meminjamkan secara online ini ya. Yang penasaran dengan KoinWorks bisa download diaplikasi store. Ada promo menarik bagi teman-teman untuk mendapatkan KOIN sebesar 150.000 saat mendaftar di KoinWorks. Caranya mudah banget yaitu hanya tinggal klik link berikut ini : https://koinworks.com/lenders/new?referal_code=KOINWORKS150 



Jangan lupa kunjungi website dan sosial media KoinWorks, untuk mengetahui update terbaru dan juga bisa tanya-tanya tentang investasi online atau perihal peminjaman dana secara online : 

Website : https://koinworks.com/
Instagram : https://www.instagram.com/koinworks/
Telepon :  021-29323996
Email : support@koinworks.com

Sukses impian setiap orang, hidup mapan, bisnis berkembang, pendidikan terjamin, kebutuhan tercukupi, sehat sepanjang tahun, semua yang terbaik menjadi harapan setiap orang. Namun, life is never flat, akan ada ujian, akan ada satu titik terendah, satu posisi terhimpit yang harus kita lewati untuk naik keanak tangga kehidupan berikutnya, jatuh menyerah atau bangkit mencari solusi terbaik. Setiap pilihan pasti ada resikonya, namun tak memilih sama sekali untuk perubahan ke arah yang lebih baik juga akan membuat kita diam di tempat, tertinggal jauh dengan orang-orang yang terus action, melanjutkan perjuangan. Karena sukses itu proses. 


Salam Inspirasi 

5 comments:

  1. Iya, kita harus berinvestasi sejak dini biar pas butuh dana untuk pendidikan, kesehatan dan lainnya bisa terpenuhi..

    ReplyDelete
  2. Investasi mulai Rp100.000 itu beneran ada lho! :D
    Aku udah coba daftar, modalnya masih dikit sih. Semoga bisa nambah pelan-pelan. :)

    ReplyDelete
  3. Aku juga baru belajar investasi nih. KoinWorks jadi pilihanku untuk belajar investasi karena menurutku sistemnya oke dan nilai investasinya dimulai dari 100 ribu rupiah.

    ReplyDelete
  4. Bisa jadi pilihan nih investasi di KoinWorks ya mba

    ReplyDelete

Powered by Blogger.