Menu
/

www.ernawatililys.com - Selalu ada plus minus saat seseorang menyewa sebuah apartemen sebagai tempat bermukimnya. Mulai dari terbatasnya fasilitas yang didapatkan, hingga ketidak cocokan elemen-elemen di dalam unit yang anda sewa bisa membuat suasana hidup anda tidak menyenangkan saat menghuninya. Lantai standar pada apartemen yang Anda sewa pun terkadang dapat menjadi faktor yang menjengkelkan Anda.


Untuk menjauhkan kejengkelan atas bentuk lantai apartemen Anda, dilansir dari situs Freshhome.com, beragam pilihan material ini dapat menjadi opsi untuk menciptakan nuansa menyenangkan pada tempat bermukim anda.

Ubin Karpet (Carpetting)


Cara paling umum untuk memunculkan nuansa yang berbeda pada lantai saat Anda melakukan sewa apartemen adalah dengan melakukan carpetting. Meskipun telah diaplikasikan sejak abad pertengahan, pemasangan karpet pada ruangan-ruangan pada hunian Anda justru lebih memberikan nuansa yang modern dan jauh dari kata kuno. Pemakaian karpet dikatakan merupakan solusi instan makeover lantai terbaik. Selain pemasangannya yang mudah, harga yang dibanderol untuk karpet cenderung murah. 
Dibanding solusi penggantian lantai yang lain, pemasangan karpet dikatakan sebagai material yang paling nyaman dan aman untuk pijakan kaki Anda setiap detiknya. Carpetting juga dikatakan menimbulkan kesan ruangan yang mewah nan elegan. Namun, ditengah-tengah keunggulan yang diberikannya, Anda harus telaten dalam merawatnya. Selain membutuhkan penyedot debu dalam membersihkannya, kesulitan yang akan Anda alami jika memilih carpetting adalah ketidak tahanannya terhadap rembesan atau tumpahan air. Anda tentu akan mengalami suasana yang tidak mengenakkan saat memijaki lantai karpet yang basah.

Lembaran Vinyl


Salah satu opsi lantai sementara yang populer untuk hunian adalah dengan menggunakan lembaran Vinyl.  Motif dan teksturnya yang menyerupai kayu, membuat pemasangan vinyl sangat cocok untuk Anda yang mengambil tema dekorasi rustik pada hunian Anda. Biasanya Vinyl ditempatkan di beberapa ruang seperti dapur, kamar mandi, hingga kamar tidur.
Adapun alasan utama penggunaan vinyl sebagai lantai sementara dalam ruangan hunian adalah dari pemasangan dan pembongkarannya yang sangat mudah dan cepat. Namun, anda juga harus memastikan tingkat kerataan pada lantai anda untuk memudahkan pemasangannya. Dalam pemasangannya, lantai vinyl harus direkatkan bagian per bagian menggunakan lem perekat khusus untuk hasil yang maksimal. Kerekatan antara tiap bagian yang akan menentukan daya tahan dari pemakaiannya. 
Sama halnya dengan menggunakan keramik atau granit, lantai vinyl juga unggul dalam hal ketahanannya terhadap rembesan air. Selain harga yang cenderung murah, keunggulan lainnya yaitu dalam cara membersihkannya juga dikatakan sangat mudah, hampir sama dengan lantai ubin pada umumnya.

Laminasi (Laminate Floor)


Secara visual, penggunaan lantai laminasi sangat mirip dengan lantai dari vinyl. Baik laminasi maupun vinyl rata-rata memiliki desain motif yang tidak jauh berbeda. Saat melangkah diatas keduanya pun cenderung sama rasanya. Sama seperti vinyl, penggunaan laminasi dikatakan sangat tepat dalam membentuk dekorasi interior rustik dan tradisional. Namun ditengah-tengah persamaan yang ada di antara keduanya, banyak pula terdapat perbedaannya. Mulai dari material pembentuknya yang berbeda hingga pada cara pemasangannya.

Laminasi dikatakan memiliki daya tahan yang lama dan lebih kokoh dibanding dengan vinyl. Cara pemasangannya pun termasuk mudah, tinggal memasang-masangkan setiap pieces seperti halnya puzzle tanpa menggunakan paku atau perekat lem. Salah satu keunggulan laminasi yangpaling tersorot dibanding dengan vinyl adalah laminasi dapat digunakan dalam kondisi lantai yang tidak rata atau lantai mengembang dan dalam segala tekstur. Berbeda dengan vinyl yang harus memastikan tekstur lantainya yang cenderung halus serta lantai yang rata. Hal ini juga yang menjadikan lantai laminasi dapat menghasilkan kesan yang terbaik di seluruh ruangan apartemen Anda.

Untuk kesan yang terbaik yang dihadirkan dalam penggunaan laminasi, pasang lembar busa underlayment di bawah laminasi untuk memaksimalkan peredaman suara. 

Tidak suka atau bosan dengan lantai apartemen yang baru Anda sewa? Daripada Anda terlalu lama menyerapi penolakan dan kebosanan Anda, mari rubah suasana lantai hunian tersebut.


Salam Inspirasi 


Powered by Blogger.