Menu
/
pict by pixabay

Desain ruangan merupakan komponen yang harus diperhatikan guna mencapai hasil yang maksimal untuk menunjang kinerja dan produktivitas sebuah perusahaan. Salah satunya adalah desain  meeting room dimana ruangan ini menjadi sumber  dari munculnya berbagai gagasan dan project yang diciptakan. Setiap perusahaan memilih desain dan konsep yang berbeda-beda yang dapat memberikan kenyamanan dan menambah semangat para individu.


Konsep Desain Meeting Room yang Nyaman untuk Pertemuan


Konsep ini dapat kita temui di Go-work.com yang menyediakan ruangan dengan suasana nyaman, asri dan menyenangkan. Tentunya menambah semangat para individu untuk bekerja dan diskusi. Untuk mendapatkan kenyamanan tersebut berikut ada beberapa tips tata ruang yang dapat diterapkan untuk meeting room agar memiliki kesan nyaman dan menyenangkan.

1. Ketahuilah Apa yang Dibutuhkan Oleh Individu

Sebelum memulai desain ini sebaiknya pemimpin perusahaan mengetahui kebutuhan anggotanya tentunya kenyamanan dalam menjalani aktivitas di ruang tersebut. Maka diperlukan estimasi tata ruang seperti jumlah anggota, bentuk ruangan dan furnitur di dalamnya.

2. Siapkan Ruangan yang Sesuai dengan Kegiatan

Dalam suatu perusahaan atau kantor memiliki ruangan yang berbeda, hendaknya ruangan disesuaikan dengan aktivitas yang dibutuhkan. Sehingga setiap aktivitas memiliki ruangan khusus dan individu dapat lebih fokus dan berkonsentrasi. Contoh : membedakan antara ruangan rapat dan workshop dll.

3. Tentukan Jenis Penataan Meja dan Kursi

Ada beberapa jenis penataan meja yang sesuai dengan tujuan dalam mendesain ruangan ini dapat diterapkan, yakni kegiatan yang bersifat diskusi sebaiknya penataan meja berbentuk round table dengan meja-meja yang melingkar atau oval. Diharapkan dengan jenis tata ini para anggota dapat berhadapan satu sama lain,  kemudian yang bersifat lebih nteraktif sebaiknya meja disusun dengan bentuk U-Shape disertai dengan alat bantu presentasi karena biasanya dalam konsep ini akan ada satu pembicara atau presenter dan para anggota akan menanggapi dan diskusi. Terdapat pula penataan meja berbentuk square table dimana semua sisi meja tertutup dengan tujuan digunakan untuk diskusi kecil yang memungkinkan adanya interaksi antar individu.

pict by pixabay

4. Gunakanlah Penerangan yang Baik

Lampu merupakan hal penting dalam ruang meeting walaupun diadakan pada siang hari namun pencahayaan sangat penting untuk menunjang kualitas presentasi atau diskusi.


5. Sediakanlah Makanan Atau Minuman di Sudut Ruangan

Durasi meeting tergantung pada setiap diskusi atau project yang akan dibahas. Maka dari itu sebaiknya disediakan makanan atau minuman sebagai teman diskusi agar tidak mengurangi konsentrasi. 

6. Konsep Desain Interior yang Kreatif Lebih Menarik. 

Desain interior menjadi hal yang cukup berperan penting dalam menggugah semangat dan mood para individu. Banyak perusahaan yang menerapkan beberapa konsep dalam meeting room dengan gaya monokrom, perpustakaan, spot desain dll. Konsep yang menarik disinyalir dapat mengurangi rasa jenuh dalam meeting.

Semakin nyaman dan indah konsep dari meeting room diharapkan semakin produktif para individu dalam mengemban tugas. Karena inspirasi dan gagasan jitu biasanya muncul dari lingkungan yang tenang dan nyaman. Tidak hanya menawarkan suasana yang damai namun tempat ini juga menyediakan berbagai hidangan, minuman serta fasilitas lain yang menunjang kinerja para individu. Ruangan meeting yang disediakan juga beraneka ragam sesuai kebutuhan dari para anggota dengan segala peralatan yang memadai. Kelebihan dari konsep ini, individu dapat bekerja serius dan santai dalam satu waktu serta menambah jaringan serta relasi yang bermanfaat untuk kemajuan perusahaan.




Salam Inspirasi 

1 comment:

  1. Wah bermanfaat banget bun informasinya, terima kasih

    ReplyDelete

Powered by Blogger.