Menu
/

www.ernawatililys.com - Menulis satu buku satu bulan, bisa? Bisa banget lho. Kenapa? Karena orang yang bisa fokus menulis satu buku satu bulan itu produktif sekali. Berarti ia itu konsisten menulisnya. Mau statusnya single, double atau emak-emak triple. Yang harus di garis bawahi adalah management waktu, konsisiten menulis, niat dan tekadnya membuktikan target yang ditulisnya. 


Saya pun sedang berusaha konsisten menulis satu buku satu bulan, semoga bisa terus berkarya di tengah kerempongan sebagai emak dengan 3 anak balita, pekerjaan domestik yang menggunung lengkap dengan sumur kering dan lagi bikin jetpump. Kebayang rumah tanpa air, hohohoho merana? Nggak juga. Beli air akhirnya, hihihihi sok ngabisin duit. Padahal terpaksa karena tetangga juga sama nggak ada yang bisa kasih air. Ya sudahlah, berdoa saja segera musim hujan. Tukang sumur juga selesai pasang jetpumnya. Biar rumah kembali bersih, nggak ngirit air. Tetapi, dari keterbatasan hidup ini kita jadi bersyukur banget. Masih bisa beli, setidaknya Allah berikan rezeki, asal kita jangan lelah berdoa dan meminta pertolongan Allah. Ini segelintir kehidupan di balik layar. Semoga bukan jadi penghalang buat berkarya ya.

Balik lagi ke menulis, kenapa sih harus nekad sebulan satu buku? Ini sedang ada rezeki dapat amanah dari penerbit untuk mengajar kelas menulis dan dibukukan. Jadi, bukan hanya saya saja yang dapat buku terbit tetapi juga semua peserta juga bisa koleksi karya dengan cepat. 

Eit, kirain buku solo. Lho, jangan salah buku solo pun lanjut nulis lho. Malah sudah dua naskah, satu untuk penerbit mayor dan sudah acc lagi proses ilustrasi. Satu lagi mendekam di penerbit yang masih baru, ntahlah mungkin naskahnya lagi diminta antri. 

Ya, tugas penulis adalah semangat menulis. Buku itu seperti anak bagi penulis.Penulis itu seperti ibu yang penuh kasih dalam berkarya, menulis karya yang mendidik, menulis dengan menyalurkan ilmu dan juga setelah terbit ikut berproses dalam promo buku hingga buku tersebut laris. Naun, jangan sedih jika buku tidak laris, justru sedih saat bukumu tidak bermanfaat. 

Nah,mau tahu cara bisa terbit satu buku satu bulan :

1.Ikut kelas Menulis Private


Ini bisa ikut kelas UTJT batch 5, yang setiap bulannya menerbitkan satu buku. Seru kan. Daripada pusing mikirin tema, menulis dan bingung mau cari penerbit. Ini sudah ada solusi, tema-tema menulisnya oke-oke, penerbit sudah ada. Pokoknya super produktif bisa menghasilkan karya setiap bulan. Mau daftar kelas UTJT yuk ke whatsapp : 0812-1400-7545

Selanjutnya private punya mentor menulis yang mengarahkan naskahmu. Ini juga sudah ada lho, join di group nulis jadi buku.Pokoknya lengkap. Whatsapp lagi saja ya ke nomor 0812-1400-7545. InsyaAllah amanah. Produktif berkarya. 

masih waiting cover buku berikutnya :)

2. Menantang diri sendiri


Penting sekali menaklukkan diri sendiri. Bagaimana bisa konsisten menulis ditengah gempuran godaan seperti scroll down media sosial, update status whatsapp story, instastory yang kamu selalu mikir berapa jumlah viewnya. Mending saatnya kamu fokus menulis. Sebulan satu buku? Bisa. 

Hitung-hitungan awamnya seperti ini menulis 5 lembar setiap hari selama sebulan yang rata-rata ada 30 hari, berarti 5x30= 150 halaman. Sudah cukup untuk membuat naskah satu tulisan, lalu bisa langsung terbitkan. 



Sudah ya curhatannya segitu dulu, ini emak lagi mau update blog dengan tulisan curcol santai aja lho. Semoga bermanfaat.


Salam Inspirasi 


2 comments

emak2 tiga anak yg semangatnya sangat tinggi
salutee
sukses terus, mom of threee

Reply

Sukses selalu untuk buku-bukunya.

Reply

Powered by Blogger.