Menu
/

Anyang-anyangan tak melulu menyerang wanita usia produktif namun juga dapat menyerang anak-anak, remaja, ibu hamil atau wanita dewasa yang telah menopause. Anyang-anyangan juga menyerang laki-laki baik anak-anak maupun dewasa. Jadi anyang-anyangan ini jangan dianggap sepele. 


Apalagi wanita itu lima dari sepuluh wanita menurut prosentase penelitian pernah mengalami Infeksi Saluran Kemih (ISK) dengan gejala awal seperti anyang-anyangan atau keingian untuk buang air secara terus menerus namun hanya sedikit-sedikit keluarnya. 80% kasus Infeksi Saluran Kemih (ISK) disebabkan oleh bakteri Escherichia coli atau E. coli yang umumnya hidup di dalam saluran cerna. Jadi bersihkanlah dengan tepat jangan sampai salah dan bakteri E.colli bersarang. 


Anyang-anyangan


Infeksi Saluran Kemih (ISK) menurut alodokter.com adalah kondisi ketika organ yang termasuk ke dalam sistem kemih, yaitu ginal, ureter,kandung kemih dan uretra, mengalami infeksi. 


Maka dari itu wanita maupun laki-laki harus menjaga area bawahnya dengan bersih. Terutama wanita karena salurannya begitu dekat. ISK bagian bawah yaitu infeksi yang terjadi pada uretra dan kandung kemih (sistitis). Gejalanya yaitu ingin selalu buang air kecil, nyeri atau perih saat buang air kecil dan bau urine yang tidak sedap. 


Adapun gejala jika terkena anyang-anyangan tersebut :

  • Ingin buang air kecil tapi sedikit-sedikit
  • Kemaluan terasa sakit atau terbakar
  • Keluar urine bercampur darah
  • Demam tinggi
  • Tidak nyaman

Anyang-anyangan akan semakin sakit bukan hanya perlu obat bisa sampai dirawat juga di rumah sakit, ya gejalanya kalau sudah terinfeksi bakteri dan parah. Dokter akan menyarankan untuk menjaga kebersihan tubuh terutama area miss V, bilas sampai bersih dari arah depan ke belakang bukan sebaliknya. Karena saluran kemih yang berdekatan dengan anus rentang sekali bakteri masuk ke saluran kemih, jika membasuhnya salah. 

Kalau sudah masuk bakteri jahat E-coli bila tidak segera ditangani akan mengakibatkan infeksi saluran kemih. Hanya minum air putih saja ternyata tidak cukup. Semakin bakteri berkembang akan semakin menghambat aktivtas Anda. 


Oleh karena itu tidak boleh menganggap sepele anyang-anyangan, kalau tidak segera ditangani maka akan terjadi infeksi pada kemih dengan berbagai gejala :
  • Ginjal (pielonefritis akut) pada gejala ini pinggang terasa nyeri pada bagian belakang atas, mual dan muntah hingga demam tinggi. 
  • Kandung kemih (sistitis) pada gejala ini perut bagian bawah terasa tidak nyaman, buang air kecil terasa nyeri dan urine ada darahnya. 
  • Saluran kencing (urethritis) pada gejala ini kemaluan terasa perih saat buang air kecil karena ada bakteri dari anus yang masuk ke saluran kemih. 

Penyebabnya anyang-anyangan dapat terjadi karena beberapa gejala 

hati-hati dengan penyebab anyang-anyangan di bawah ini : 
  • Kebiasaan menahan pipis,
  • Sering  kurang minum,
  • menggunakan alat kontrasepsi seperti jenis diafragma dan spermisida
  • menggunakan kateter, 
  • memiliki kelainan saluran kemih bawaan sejak lahir yang menyebabkan urine tidak keluar secara normal, 
  • kekebalan tubuhnya berkurang akibat mengidap penyakit tertentu seperti diabetes, 
  • masa menopause

Pertanyaan seputar anyang-anyangan 


Apakah anyang-anyangan?


anyang-anyangan atau keingian untuk buang air secara terus menerus namun hanya sedikit-sedikit keluarnya. 

Apakah anyang-anyangan bisa semakin parah?

Ya, memang ada beberapa yang bilang mereka sembuh sendirinya.Mungkin masih kategori ringan. Namun yang sudah parah bisa diberi obat oleh dokter, jika beberapa hari tidak sembuh ada juga yang perlu dirawat di rumah sakit.


Apakah anyang-anyangan hanya sembuh dengan antibiotik?

Dokter yang akan memberikan resep sesuai dengan hasil pemeriksaan pasien. Jadi sebaiknya jika memang mengganggu sekali anyang-anyangan Anda segeralah periksakan. 

Jika anyang-anyangan terjadi setelah berhubungan badan?

Jika memang terjadi selalu pasca berhubungan, silahkan tanyakan ke dokter gejala anyang-anyangan yang Anda alami. Karena tidak semua pasangan terkena anyang-anyangan pasca berhubungan.

Anyang-anyangan selama dua hari, seminggu, sebulan, bahayakah?

Lihat gejalanya, ingin pipis terus meneruskah, berbaukah, atau keluar darah, perih atau terasa gatal. Jika sudah tak nyaman langsung periksa ke dokter.


Anyang-anyangan terjadi juga pada anak kecil?

Ya, tidak mengenal genre wanita maupun laki-laki. Jadi jagalah kebersihan tubuh terutama area bawah. Bersihkan dengan alur yang benar. 

Anyang-anyangan bukankah gejala awal kehamilan dan juga trimester akhir? 

Ada ibu hamil yang merasakan anyang-anyangan dari awal atau akhir semester kehamilan. Ada juga yang tidak, jadi selagi konsultasi ke dokter diskusikan semua kondisi yang Anda alami. 

Anyang-anyangan periksa ke dokter apa?

Saya pernah bertanya ke petugas pendaftaran rumah sakit, diberitahukan ke dokter spesialis penyakit dalam. Silahkan tanya juga kebagian pendaftran rumah sakit yang Anda kunjungi. 


Anyang-anyangan pasca melahirkan normal & cesar?

Saya sendiri sudah melahirkan tiga kali normal atau spontan, gejala anyang-anyangan pasca melahirkan tidak pernah. Jadi jika kontrol ke bidan atau dokter kandungan pasca melahirkan segera diskusikan hal ini agar Anda juga nyaman. Apalagi untuk yang operasi cesar segeralah konsultasikan ke dokter Anda. 

Anyang-anyangan sembuh dengan jempol kaki diikat?

Kalau ini baru pertama kali dengar, sebaiknya gejala anyang-anyangan yang disebabkan bakteri diobati ya.Kalau diikat jempol kaki cobalah tanyakan ke dokter. 


Anyang-anyangan sembuh dengan minum soda?

Belum ada penelitian yang saya baca tentang minum soda yang menyembuhkan anyang-anyangan. Cobalah periksakan anyang-anyangan Anda ke dokter. 

Adakah obat tradisional atau alami untuk menyembuhkan anyang-anyangan?

Ada, buah cranberry yang menjadi salah satu solusi alami untuk mengatasi anyang-anyangan atau infeksi saluran kemih. 


Prive Uri-Cran 



Saat ini telah hadir ekstrak cranberry yang praktis bisa diminum kapan saja dan dimana saja, Prive Uricran. Ada dua bentuk  kapsul dan powder Satu kapsul berisi 350 mg ekstrak buah cranberry  yang dapat langsung diminum setelah makan (1-2 per hari) atau pilih yang powder per sachet berisi 375 mg dapat dicampur dengan air dingin yang seger. Khasiat dari ekstrak cranberry yang alami ini membuat ibu hamil sekalipun aman mengkonsumsi Prive Uri-Cran.



Prive Uri-Cran tersedia ada dua bentuk yaitu dalam bentuk kapsul dan juga powder sachet. Dosisnya untuk kapsul 1-2 perhari. Isi perbox ada 30 kapsul. Untuk powder sachet dosisnya sama yaitu 1-2 sachet/hari. Isi perboxnya ada 15 sachet/box. Untuk sachet ini saya menikmatinya dengan air dingin jadi segar sekali rasanya.



Combiphar mengeluarkan inovasi produk yaitu Prive Uri-Cran dengan tujuan mengedukasi masyarakat agar peduli pada kesehatan saluran kemih. Mencegah penyakit ISK akibat bakteri E-colli. Kepedulian Combiphar bagi konsumen setia pun banyak sekali selain ada gift juga artikel informatif di web agar masyarakat lebih tercerahkan.

Manfaat Cranberry dalam ekstrak Prive Uri-Cran yaitu :


  • Mencegah anyang-anyangan
  • Menjaga daya tahan/kekebalan tubuh
  • Mencegah kanker 
  • Mencegah tumor
  • Menjaga kesehatan jantung
  • Mengobati sariawan
  • Memiliki antioksidan proanthocyanidins yang dapat mencegah pertumbuhan bakteri penyebab infeksi saluran kemih. 
  • dan masih banyak lagi khasiatlainnya.


Cara untuk menghindari terjadinya gejala anyang-anyangan 

Di bawah ini ada beberapa cara mencegah anyang-anyangan yaitu

  • Rutin konsumsi air putih sesuai dengan anjurannya 8 gelas perhari. Untuk memenuhi cairn tubuh. Melancarkan pengeluaran urin.
  • Bersihkan area bawah dengan benar yaitu dengan membasuh kemaluan dari arah depan ke arah anus selepas buang air besar dan juga saat buang air kecil agar tidak masuk bakteri ke uretra.
  • Olahraga yang rutin.
  • Jika ingin buang air kecil segerakan jangan ditahan-tahan. 
  • Rajin membersihkan area kemaluan dan mandi dengan bersih.
  • Rutin mengkonsumsi buah Cranberry yang ternyata efektif mencegah anyang-anyangan. 

Selain langkah di atas yang terpenting adalah selalu jaga kebersihan untuk kesehatan raga. Juga tak lupa banyak berdoa untuk jiwa yang sehat agar hidup penuh rasa syukur atas keberkahan setiap harinya. Pada jiwa yangg sehat terdapat raga yang kuat. No stress dan juga mengabaikan setiap alarm tubuh. Sakit menjadi pengingat bahwa nikmat sehat itu tak ternilai.

Sumber referensi :
alodokter.com
http://uricran.co.id/



Salam Inspirasi 

64 comments:

  1. pertanyaan seputar anyang-anyangan cukup banyak juga, tapi memang itu juga yang mau saya tanyakan dan terjawab. Nice untuk artikelnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya masih banyak seputar pertanyaan anyang-anyang ini, semoga artikel ini bisa membantu mencerahkan ya :)

      Delete
  2. Nggak nyaman banget kalau kena gejala anyang-anyangan mau aktivitas apapun jadi terhambat. Sekarang tinggal minum prive Uricran, jadi enak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. huum, jadi nyaman beraktivitas kembali. :)

      Delete
  3. ga enak banget anyang-anyangan, berasa ada yang ga beres

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba, jadi bolak balik ingin ke kamar mandi terus dan jadi lelah juga lama-lama. Bikin nggak nyaman sekali.

      Delete
  4. Saya pernah 2x terkena anyang-anyangan Mba, dan rasanya itu gak enak banget, untungnya sekarang sudah ada prive uri-cran yaa untuk mengatasi anyang-anyangan ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Alhamdulillah sekali ya ada prive Uricran, anyang-anyangan jadi hilang.

      Delete
  5. Prive uri-cran ini enak, seger, menyembuhkan anyang-anyangan. Kusukaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. memang segar sekali rasanya, apalagi dinikmati dengan air dingin, fresh diminumnya.

      Delete
  6. Aku pernah mengalami anyang-anyangan paska melahirkan, dan itu sungguh tidak nyaman rasanya :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. pastinya Mba, anyang-anyangan pasca lahiran bikin ibu jadi nggak nyaman sekali.

      Delete
  7. hahah dulunya saya gitu mbaa ngikat jrmpol kaki. tapi skg tahu dung ada uri-cran. efektif sekali menghilangkan anyang2

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah ternyata ada yang praktek ikat jempol kaki ya, hihihi. Untung ada UriCran ya, jadi bebas anyang-anyangan.

      Delete
  8. Kadang kalau toilet jauh suka malas aku . Padahal nggak boleh ya tunda-tunda

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya penyebab ditunda-tunda salah satunya adalah anyang-anyangan.

      Delete
  9. Ohh... Ayang ayangan bisa menyerang kaum lelaki juga yaaa??

    ReplyDelete
    Replies
    1. benar mas, nggak kenal gender baik wanita maupun pria, anak atau dewasa.

      Delete
  10. Wah ternyata manfaatnya banyak ya selain mencegah anyang anyangen

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, minum prive Uricran aman dan menjaga kesehatan tubuh.

      Delete
  11. Wah pengen banget deh bisa bebas dari anyang-anyangan biar lega kalau perjalanan jauh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar Mba, apalagi bawa tiga anak, repot emak dan anak jika diperjalanan sebentar-bentar harus cari toilet.

      Delete
  12. Kadang saya nganggep anyang-anyangan sepele tapi kalau berkelanjutan emang bahaya banget ya Mba.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bahaya bisa sampai dirawat di rumah sakit jika tidak sembuh-sembuh anyang-anyangannya.

      Delete
  13. Tambah ga enak bangt klo anyanga2an dan beraktifits diluar rumah 😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar sekali, anyang-anyangan bikin aktivitas nggak nyaman pastinya.

      Delete
  14. Terimakasih informasi nya menarik dan komplot. Jadi tahu seluk beluk penyakit anyang anyangan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah sama-sama Ki demang sudah mampir, senang sekali. Semoga sehat-sehat selalu ya.

      Delete
  15. Anyang2an itu gangguan yg bikin gak nyaman apalagi di tengah aktivitas kerja.mantaplah uri cran

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mantap Uricran bikin terobosan gerasakan sehat dari anyang-anyangan. :)

      Delete
  16. Aku suka rasanya seger banget kayak sirup

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama Mba, iya apalagi diminum dingin nyesss segernyaa minum Prive UriCran.

      Delete
  17. Alhamdulillah ya mbak ada uri cran untuk mengatasi anyang-anyangan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya,ada prive Uricran untuk atasi anyang-anyangan.

      Delete
  18. wah artikel nya lengkap ya, semoga kita tidak pernah terkena ISK aamiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiin, terima kasih sudah mampir Rika, semoga kita terbebas anyang-anyangan ya

      Delete
  19. Iyaaa. Anyang2an meski kelihatan sederhana tapi risikonya besar sekali ya mba. Makanya memang perlu penanganan yang tepat. Beruntung sekarang ada prive uri cran yang mudah didapat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beruntung ada Prive UriCran yang atasi anyang-anyangan. :)

      Delete
  20. Untung ada uricran ya. Jadi mudah saat anyang anyangan datang menyerang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya anyang-anyangan dapat diatasi dengan Prive Uri Cran. :)

      Delete
  21. Alhamdulillah sudah ada uricran ini... Anyang anyangan mah sudah ga jadi soal lagi yak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Huum, bebas anyang-anyangan dengan Prive Uri Cran.

      Delete
  22. Pernah ngerasain nggak enaknya anyang-anyangan dan jangan sampai terulang lagi, Alhamdulillah sekarang ada prive uricran.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah,jadi sebuah pengalaman yang tak terlupakan ya Mba Tuty, semoga sejak konsumis Prive Uri cran bebas anyang-anyangan. Aktivitas jadi lancar juga.

      Delete
  23. Terima kasih mbak buat infonya. Wah, kayaknya harus punya stok Prive Uri-cran nih di rumah buat jaga-jaga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama, huum agar sekeluarga sehat bebas anyang-anyangan ya :)

      Delete
  24. Saya dulu nggak ngerti anyang-anyangan, apa sih.. eh ternyata pas tahu jadi ingat pernah ngalami

    ReplyDelete
    Replies
    1. termasuk saya yang punya teman anyang-anyangan jadi rajin browsing. Ternyata saudara juga ada yang anyang-anyangan parah.

      Delete
  25. Uci cran emang solusi banget ya. Mudah juga membelinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sekarang enak sekali, dengan rajin konsums prive Uri-Cran bebas anyang-anyangan.

      Delete
  26. Anyang-anyangan gini pakai popok dewasa kali ya supaya ga bolak-balik cari toilet dan ganti CD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehehehe, kalau nyaman silahkan. Biasanya kurang nyaman. Lebih baik konsumsi Prive Uri-Cran. :)

      Delete
  27. Kalau gak salah ada hubungan antara kehamilan dan anyang2an dan itu gak bisa disepelekan. SOalnya pas anakku masuk NICU dokternya nanya apa aku sering anyang2an apa gk? Cuma pas itu aku dah capek banget jd gk minta penjelasan kaitannya apa :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini kejadian sama dengan teman sekantorku dulu, hamil dan sering banget anyang-anyangan. AKhirnya dikehamilan trimester akhir harus lahiran sebelum masuk HPL.

      Delete
  28. prive uri cran, ada obat anyang-anyangan yang praktis ya sekarang, boleh juga nich buat rekomendasi bagi keluarga yang kena penyakit ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, sebaiknya sedia Prive Uri Cran di rumah selalu.

      Delete
  29. Saya pernah kena anyang-anyangan, langsung kapok :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga sehat selalu ya Mba,anyang-anyangan bye bye karena sudah konsumsi Prive Uri Cran.

      Delete
  30. Derita akibat anyang-anyangan pernah juga kualami. Semoga nggak kenalagi deh :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba, semoga sehat selalu dan nggak kena anyang-anyangan lagi.

      Delete
  31. Ribet ya mba klo ngalamin anyang-anyangan, untung obatnya prive uricran mudah didapat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, alhamdulillah sekarang ada Prive Uri Cran yang mampu atasi anyang-anyangan. Semoga sehat selalu ya Mba Indira.

      Delete
  32. Noted nih jangan nahan pipis sm minum air putih yang banyak ya agar trhindar dari infeksi saluran kemih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya Mba jangan lupa jaga kebersihan dan minum Prive Uri Cran :)

      Delete

Powered by Blogger.