Menu
/


www.ernawatililys.com - Fakta Menarik Mengenai Jaringan Internet 4G. Salah satu hal yang jadi pertimbangan masyarakat sebelum membeli smartphone sekarang adalah apakah sudah mendukung jaringan 4G atau belum. Hampir semua operator ternama di Indonesia sekarang mendukung jaringan 4G, asal dipadukan dengan smartphone yang juga mendukung jaringan super cepat tersebut. 


Provider-provider seperti Smartfren, Indosat, XL, Telkomsel dan beberapa yang lainnya sedang berlomba lomba untuk memberikan pelanggannya konsektivitas 4G yang super cepat dengan harga yang murah. Ambil satu contoh yaitu paket data Indosat yang tersedia dalam beberapa pilihan paket super ngebut dengan harga murah seperti Freedom Combo Indosat atau Indosat Unlimited.



Di Indonesia, tentu masalah yang sering kita temui adalah lambatnya kecepatan koneksi internet. 4G hadir dengan tujuan menyelesaikan problem tersebut, terutama untuk para pengguna smartphone. 

Jaringan 4G sudah bisa dinikmati dan cukup stabil di kota-kota besar di Indonesia, namun belum merambah ke semua daerah lainnya. Dengan semakin banyaknya pengguna 4G, di artikel ini saya akan memaparkan beberapa fakta fakta menarik tentang 4G yang mungkin belum semua orang ketahui.



Tentang 4G


4G adalah singkatan dari fourth generation technology. Teknologi ini menawarkan dua standar yang digunakan secara komersil di seluruh dunia. Yang pertama adalah WiMAX dan yang kedua, seperti kita semua tahu, adalah LTE, atau Long Term Evolution.

Jenis yang digunakan oleh masyarakat pengguna 4G di Indonesia adalah LTE. LTE ini kasarnya memiliki kecepatan 10 kali lipat lebih tinggi dibanding jaringan 3G. Tentunya manfaat yang paling dirasakan oleh pengguna seperti kita adalah tidak adanya “buffering” atau waktu tunggu ketika akan menonton video di situs-situs besar seperti Youtube.

Selain tidak buffering ketika streaming video, manfaat lain dari LTE adalah lebih efisiennya pekerjaan yang hampir seluruhnya mengandalkan koneksi internet. LTE membuat semua pekerjaan jadi lebih efisien dan irit waktu.

Jenis Jenis 4G


Ada banyak jenis koneksi yang menggunakan label 4G, beberapa diantaranya adalah HSPA+, WiMax, TD-LTE, LTE, dan LTE-Advanced. Koneksi jaringan yang secara utuh memenuhi kualifikasi 4G adalah LTE-Advanced dan WirelessMAN-Advanced. Namun LTE, WiMax dan HSPA+ juga diperbolehkan untuk menggunakan label 4G.


 Memilih Handphone 4G


Untuk pengguna awam, sebenarnya tidak perlu terlalu memusingkan jenis 4G apa yang akan digunakan pada smartphone, karena penerapan teknologi 4G ini juga sudah menyesuaikan dengan chipset yang digunakan.

Rekomendasi Smartphone


Selama smartphone yang Anda pilih sudah mendukung teknologi 4G, Anda tinggal pilih yang paling sesuai dengan budget.Namun apabila Anda ingin kecepatan dan teknologi maksimal dari 4G, maka pilihlah smartphone yang jaringannya sudah mendukung VoLTE

Pilihan Paket Data 4G LTE


Untuk Anda pengguna smartphone dan provider yang mendukung jaringan internet 4G LTE, Anda bisa manfaatkan masa-masa ini untuk mendapat jaringan internet yang memuaskan dengan harga murah. 



Provider internet di Indonesia sedang gencar memasarkan jaringan 4G LTE mereka masing-masing, oleh karena itu banyak promo yang bisa Anda dapatkan dari penyedia jaringan seluler pilihan Anda. Pastikan saja area anda mendukung jaringan 4G yang stabil, karena kalau tidak maka konektivitas 3G lah yang akan digunakan dan pada umumnya kuota 4G dan 3G adalah terpisah.


Sumber referensi :
pict by canva and pixabay.

Salam Inspirasi 


8 comments

Sekarang kalau beli handphone memang suka bertanya dahulu sudah 4g atau ada lagi yang terbaru. Providernya yang paling oke yang mana. Padahal semua tergantung jangkauan ya. Makasi artikelnya mencerahkan.

Reply

Bener banget Mbak erna, aku sekarang juga concern banget sama jaringan 4G. Kalo beli kuota, hal pertama yg ditanyain adalah 4G nya berapa giga. Karena kerja di dunia digital, butuh banget sinyal 4G biar ga ngadat

Reply

Oh gt ya.pantas kini para provider menyediakan paket kuota yg dibelah, misal satu paket terdiri dari 2 gb utk 3G dan 2 gb utk 4G.masalah timbul ketika trnyata di rumah jaringan 4G si provider, lemah.walhasil harus menjauh mencari sinyal agar kuota 4g nya terpakai.. Makasih infonya kakaak

Reply

iya benar sekali, sebagai konsumen harus tahu yang sesuai dengan kebutuhannya termasuk smartphone.

Reply

iya bagi pekerja online di rumah semakin cepat internet semakin cepat kelar kerjaannya di dunia internet. Apalagi blogger dan freelancer writer yang berhubungan dengan klien.

Reply

sama-sama, iya pembagian itu terkadang harus disiasati dengan cerdas bagi pemakai provider agar yang dipilih sesuai dengan kebutuhan.

Reply

4G itu jaringan palingcepat tapi juga boros kuotam hahaha.

Reply

iya Mba, sabar-sabar ya Kuotanya lariii :)

Reply

Powered by Blogger.