Menu
/
by pixabay

www.ernawatililys.com - Cara Mudah Menulis Buku Bisnis Sendiri. Sudah baca penjelasan bahwa menjadi penulis itu hanya sebuah keterampilan dan untuk menjadi seorang penulis bisa dilatih. Karena menulis adalah keterampilan sama halnya memasak, merajut dan lainnya. Selain itu jika memang sudah buntu dan tidak dapat merangkai naskah maka bisa pakai jasa ghost  writer. Walaupun pakai jasa ghost writer ada baiknya jika kita pun bisa mengonsep buku sendiri. 

Menentukan ide bisnis Anda untuk sebuah naskah



Hobi yang kini Anda jadikan bisnis menjadi poin di mana Anda telah memahami apa yang jadi kebutuhan.  Dengan begitu Anda dapat menjadikan ide tulisan berdasarkan pengalaman sendiri. Selain nantinya bisa jadi jejak untuk mengenang kerja keras Anda juga bisa berbagi inspirasi dengan orang lain.

Menentukan ide bisnis Anda untuk sebuah naskahsangat mudah, Anda hanya memikirkan satu pokok bahasan yang ingin Anda sampaikan ke pembaca. 

  1. Perjalanan Bisnis
  2. Menerobos Kesulitan Dalam Berbisnis
  3. Untung Rugi Membangin Bisnis X
Setelah Anda tentukan dari tiga pokok di atas yang ingin Anda bahas. Buatlah  mind mapingnya.

Mind maping yaitu peta tulisan yang Anda pikirkan kemudian Anda tuangkan berupa gambar-gambar untuk mengikat keseluruhan ide Anda. 

Contoh mind maping



contoh mind maping 

Setelah membuat mind maping atau peta pemikiran tidak salahnya untuk membuat outline. Outline ini akan menjabarkan per bab apa saja yang ingin Anda bahas. 

Jadi ketika Anda ingin memberikan naskah Anda ke penerbit bisa Anda lampirkan outline dan naskah utuh Anda sebagai penilaian. Pun ketika naskah Anda ingin dituliskan oleh jasa orang lain, Anda bisa membuat outline yang dikehendaki. 


Per bab Pembahasan Keterangan
Bab 1 Mengapa memilih bisnis A
Bab 2 Kesalahan yang sering terjadi di bisnis B
Bab 3 Cara kilat meraih omset di bisnis C
dst

contoh buat outline 



Setelah semua Anda buat baik mind maping dan outline,  sekarang tinggal menuangkan ide naskah Anda menjadi sebuah tulisan. Tulislah hingga selesai, tidak perlu edit di tengah penulisan karena tidak akan selesai. 

by pixabay


Untuk menemukan passion Anda sebagai penulis atau bukan bisa terlihat di sini juga. Jika Anda sudah menyerah menuliskan sebuah naskah Anda karena memang bukan bakat Anda carilah jasa penulisan. Anda ingin memiliki buku sendiri tentang bisnis yang Anda geluti juga sebagai jejak kenangan untuk Anda dan  ingin berbagi ide bisnis Anda agar banyak dibaca orang lain sehingga pembaca Anda dapat inspirasi dari kisah Anda.




Salam Inspirasi


10 comments

Ilmu bisnis yang dijalankan dibukukan. Butuh proses jika belum memahami teknis menulis.

Reply

Semoga tipsnya bermanfaat bagi banyak orang. Asalkan mau belajar, pasti bisa.

Reply

wah gimana cara bikin buku, masih nulis cerita saja bingung. mau belajar juga.

Reply

mulai dengan catatan-catatan kecil. nanti akan menemukan ritmenya dan bisa menyimpan jejak bisnis juga.

Reply

Iya Mba, karena buku bisnis selalu dinantikan para pejuang bisnis.

Reply

Mulai dari menulis cerita sehari-hari saja, nanti lama-lama akan terbiasa menulis.

Reply

sip, makasih sharenya mba, karena nulis buku bisnis itu nggak mudah

Reply

Sama-sama Mba, sukses ya buat Mba Tite :)

Reply

Oke nah, barangkali ada tulisan khusus tentang teknik mind map dan cara membuat outline dari pengalaman Mbak Ernawati Lilys. Terima kasih

Reply

Sudah ada di blog ini ada di postingan ini https://www.ernawatililys.com/2015/11/mind-map-ide-dan-outline.html

Reply

Powered by Blogger.