Menu
/


www.ernawatililys.com - Hidup itu adalah sebuah perjalanan transaksi, setujukah? Coba pejamkan mata dan mulai mengingat rutinitas dari bangun tidur sampai mau tidur lagi, semua perlu waktu hitung-hitungan yang tepat agar semua pekerjaan harian berjalan lancar. Makan di luar berarti akan melakukan transaksi dengan penjual makanan, naik ojeg atau naik angkot itupun transaksi perjalanan dengan pengemudi. Bahkan ketika sampai tempat kerja pun, akan bertransaksi dengan bos. Ya, pekerjaan itu akan diakumulasikan gajinya sebulan kemudian. Walaupun ada juga yang dapat gaji harian atau mingguan. Hidup tak jauh-jauh dari transaksi'kan? 



1. Transaksi Rohani


Inilah aktivitas ibadah kepada Sang Pencipta kehidupan. Kalau setiap manusia punya kalkulator penghitung amal bakal ada yang senang luarbiasa melihat saldo amalnya semakin berkembang. Namun sebaliknya jika punya kalkulator penghitung dosa, duh rasanya hidup begitu berat melihat amalan yang minus serta dosa yang menggunung. Walaupun aktualnya kelak memang ada hari penimbangan amal, manakah yang akan menjadi paling berat timbangannya untuk memasuki pintu syurga dan neraka. Tapi, dalam kehidupan sehari-hari setiap manusia diberikan hati, inilah yang selalu membisikkan ia, kata sebenarnya, inilah ia yang berkata jujur bahwa ini dosa jangan dilakukan dan ini dzikir yang membuat hati tenang. Dengarkanlah suara hati, agar langkah kaki ini selalu terpaut pada Ilahi. 

2. Transaksi Jasmani/Dengan Diri Sendiri


Bangun tidur pasti transaksi dengan diri, iyes mandi itupun jenis transaksi dengan diri sendiri. Membersihkan badan, memakai pakaian yang rapi, serta memberikan asupan yang bergizi inipun transaksi dengan organ pencernaan. Pun, ketika perut mulas ingin mengeluarkan sisa metabolisme, kita pun bertransaksi di toilet :)

Jika tidak menjalankan transaksi dengan diri sendiri saja tidak baik maka akan menerima sesuatu yang tidak baik pula. Misal, jarang mandi bisa membuat badan tidak segar, tidak makan makanan yang bergizi akan mudah terkena penyakit karena pola hidup tidak sehat. Transaksi jadi tidak sehat. Jika transaksi dengan diri sendiri saja tidak berjalan baik apalagi melakukan transaksi dengan orang lain. Transaksi dengan diri sendiri ini meliputi kepedulian pada diri sendiri untuk selalu menjaga kesehatan, pola pikir yang positif, kejujuran, serta kedamaian hati yang akan menuju kedamaian hidup. Hal-hal kecil inilah yang akan membuat hidup diri sendiri menjadi fokus, terurus dan semakin produktif menebar manfaat kepada sesama manusia. 


3. Transaksi Dengan Orang Lain 


Berbicara ketenangan dalam bertransaksi dengan orang lain, selalu menomorsatukan kepercayaan, tanpa itu pasti akan ada yang dirugikan. Nggak percaya buktikan saja:

  • Belanja di abang sayur, yang ngitung belanjaan dan ternyata ngitungnya salah kelebihan uang sebesar Rp. 30.000,- kemudian mencoba mengikhlaskan kejadian ini, jika cuma sekali? Kalau ternyata berkali-kali, hidup tenang pun akan terusik. Pasti bete, ingin pindah belanja ke tempat lain tapi jauh. Kalau belanja lagi takut ngitungya salah terus, loncat-loncat kayak kangguru nominalnya. Aku atau si abang sayur inilah butuh alat penghitung yang akurat agar kepercayaan pun kembali lagi. Alat penghitung itu adalah kalkulator, hal kecil tapi penting lho!



  • Belanja di warung, si ibu warung menghitung belanjaan salah. Kali ini aku yang bayarnya kurang. Walau salah si ibu warung yang ngitungnya salah. Tetapi jika sudah ngecheck semua barang di rumah ternyata memang uang si ibu warung ada di aku sekitar Rp. 20.000,- pastidiri ini nggak tenang deh. Pengen segera datang lagi ke warung balikin uang dan bilang sama si ibu warung salah hitung belanjaan. Tapi kan butuh proses bolak-balik, kalau dekat jaraknya, kalau jauh bikin mood turun. Pengen deh, beliin si ibu warung kalkulator biar ngitungnya tinggal pencet-pencet tuts kalkulator. Atau ketika  belanja di swalayan, mba-mba kasir ngitungnya nggak masuk potongan diskon. Padahal diskonnya 50-75% pasti aku pengen balik lagi ke mba-mba kasir dengan tunjukin hasil hitunganmu yang sudah pakai kalkulator. Apalagi di mall yang jumlah biaya belanjanya nggak nanggung-nanggung. Namanya transaksi inginnya jelas dan benar. 



  • Naik angkot, naik ojeg online, kembalian ongkos kelebihan banyak. Uang aku Rp. 50.000,- tarif yang dibayarkan seharusnya Rp. 12.000,- kembalian seharusnya Rp. 38.000,- tetapi uang yang aku ambil ternyata Rp. 48.000,- kelebihan sepuluh ribu karena pengemudinya terburu-buru menghitung dan akupun berburu waktu untuk tujuan berikutnya. Kelebihan ini pasti akan membuat kepikiran pada driver yang mengantarkan. Bagaimana mengembalikan kelebihannya. Terutama sopir angkot yang kita sendiri lupa wajah supir apalagi nomor plat mobilnya. Hal-hal ini akan membuat mood jadi turun naik, pura-pura tidak bersalah, tapi hati sulit menerimanya. Ingin mengembalikannya tapi bingung caranya bagaimana. Andai waktu terulang, pasti kamu ingin pencet kalkulator dan transaksipun berjalan lancar. 


Janjian meeting atau ketemuan dengan seseorang. janjinya jam 1 siang tapi baru muncul jam 3 sore. Kasian sekali teman atau mitra kamu yang nunggu. Pasti suara hatinya ingin bilang 'Memang nggak punya jam?" Memang nggak bisa ngitung ya kapan mau ketemuan? Masih untung kalau ditunggu sampai datang, kalau ditinggal pulang dan langsung cancel semua proyek, duh Gusti sedihnyo hidupmu. Hanya karena perhitungan waktumu lewat. Hal-hal sepele ini karen kurang perhitungan dan perencanaan yang tepat jadi kesempatan emas pun lewat. 

Aku pribadi suka kepikiran hal-hal kecil jadi akan jadi boomerang disepanjang hariku terutama semua transaksi di atas, maka apa saja sih hal-hal kecil yang bikin moodku terjaga dan lebih produktif, selain menyelesaikan transaksi rohani, jasmani dan dengan oranglain dengan cara yang baik, halal, dan benar alias akurat transaksinya biar aku tenang hidupnya.  Aku juga punya rumus PSC agar moodku terjaga dan produktivitas lancar : 

1. Planing 


Awali hari dengan planning yang telah ditetapkan. Ya, ini penting perjam apa saja yang akan dilakukan. Yang mau ke sekolah pergilah ke sekolah, jangan ke bioskop ya nanti mama marah dan guru juga ikutan marah. Yang mau kerja berangkatlah kerja, jangan terlambat nanti gajimu kena potong, sayang kan kalau selama sebulan setiap hari gajimu selalu dipotong. Emak-emak pun sama jangan kalah, walau di rumah harus bikin planning, antarkan anak tepat waktu, ke pasar, jemur cucian, masak, beberes rumah dan segudang aktivitas lainnya. Semua pakai planning agar mood selalu terjaga.

Seperti sarapan itu kan pagi-pagi, bukan siang apalagi malam. Jadi buat planning buat masak sarapan pagi apa, kalau yang single sih bisa simple makan roti atau minum segelas susu pun bisa. Namun bagi yang berkeluarga harus tahu menu andalan untuk semua anggota keluarga. Ada yang suka ngemil buah di pagi hari agar sehat, ada yang harus sarapan nasi (Indonesia banget, kalau belum ketemu nasi ya belum sarapan namanya), atau ada yang cukup sarapan dengan jeniper alias jeruk nipis peras segelas saja.

Untuk menghitung semua budget belanja aku pakai kalkulator Casio. Kalkulator mini yang bisa digenggang tanganku dan masuk dompetku jadi bisa dibawa kemana-mana, praktis sekali. Tepas sekali pilihannya sebagai CASIO My Style.

Sarapan itu pagi hari, bukan siang apalagi malam. Jadi bikinlah planning mau bikin menu apa dan sesuaikan budgetnya juga. 


2. Schedule 

Ada kegiatan yang harus aku agendakan. Seperti menghadiri undangan pernikahan, ulangtahun, dan undangan lainnya. Persiapkan baju atau dresscodenya agar mood selalu oke jika datang waktunya. Kado telah dipersiapkan dan amplop pun isinya sudah dicadangkan. Jadi aku nggak pusing mana scedule yang harus didahulukan, yang urgent, atau bisa dijadwalkan nanti.

Urusan nulis buku dan ngeblog pun bisa kita buat schedule agar tetap produktif. Jadi setiap harinya bisa buka buku agenda yang telah dibuat. Aktivitas tak terganggu apalagi berbentur dengan deadline lainnya.

buat scedule 


3. Calculation


Percaya diri kemana-mana bawa kalkulator Casio, berani?. Emak-emak zaman now sudah banyak yang melakukannya. Sambil memilih belanjaan sambil pegang kalkulator untuk menghitung budget pengeluaran belanja.



Bahwa transaksi yang sukses adalah transaksi yang kedua belah pihak tidak ada yang dirugikan, kedua belah pihak saling percaya dan memberi kenyamanan. 

Siapa yang sejak masa sekolah sudah setia sama Casio? Kalkulator ilmiah yang membantu para siswa mengerjakan tugas-tugas matematika, akuntansi serta perpajakan. Dengan kalkulator Casio siswa menjadi cepat menyelesaikan soal-soal atau tugas dan belajar berhitung cepat.

Mereka yang jadi asyik dengan Casio di aktivitas hariannya yaitu :

  1. pelajar
  2. Mahasiswa
  3. Guru/dosen
  4. Kasir 
  5. Pedagang
  6. Ibu Rumah Tangga
  7. Bag. keuangan kantor 
  8. Petugas loket
  9. Petugas gudang 
  10. Abang fotocopyan
  11. dan lainnya

CASIO merupakan perusahaan teknologi Jepang yang sudah berdiri sejak tahun 1946 di Shibuya, Jepang. Produk pertama yaitu kalkulator elektrik menjadi pelopor pertama di dunia. Sehingga wajar sekali kalau Casio menjadi kalkulator nomor 1 di dunia. 

Kelebihan kalkulator Casio yaitu colorful, mudah dibawa kemana pun, trendy dan kekinian. Kalkulatir Casio terkenal awetnya menjadi ciri khas yang diingat konsumen. Hingga sekarang Kalkulator Casio terus berkembang dan mengikuti keinginan konsumen setia mereka. Hingga lahirlah model terbaru Colorful Calculator.

10 varian yang colorful

Mau dapatin Colorful Casio Calculator yang super keren dan cantik ini yuk belanja di https://www.mataharimall.com/p-9604/colorful-casio-calculator , pakai kode voucher ini juga ya biar dapat diskon keren, kode vouchernya yaitu CASIOBLOGZR12.


Kalau setuju hidup ini adalah 100% bertransaksi, maka  harus miliki alat counting yang akurat. Kalau aku pakai rumus PSC bikin mood terjaga dan lebih produktif karena ada #CasioMyStyle. Mau jadi wanita karier, ibu rumah tangga, penulis, blogger dan juga segudang aktivitas lainnya tak masalah. Mood terjaga dan fokus pada produktvitas yang baik karena semua transaksi rohani, jasmani dan transaksi dengan sesama telah dilaksanakan dengan baik. Karena hidup penuh transaksi yang berwarna, maka warnailah hidup ini dengan indah. 




Referensi

http://www.casio-intl.com/asia/en/calc/mystyle/
http://www.sahabatutama.com/news
https://www.facebook.com/casiocalculatorindo/
http://www.knowyourcolor.id



Salam Inspirasi

28 comments

Kalau ada kalkulator Casio sih nggak bakalan ya uangnya tak terhitung dengan baik. Ukurannya yang mini teryata muat juga di tas ya

Reply

warna kalkulator yang mencolok bikin mudah mencarinya jika lupa. its true.

Reply

Ukurannya yang irit eh simple, stylish dengan warna colourfull jadi kelebihan Casio Calculator ini ya mbak ^^

Reply

Kalau ada hitung hitungan jadi mudah..apalagi kalau nominalnya udah M M man..

Reply

Lebih praktis dan mudah buat ngehitung pengeluaran pake kalkulator draipada masih buka HP, mbak ^_^ :D
TFS untuk sharingnya, mbak Erna

Reply

Seru nih kemana-mana bawa calculator 😊

Reply

iya Mba,si mini yang bisa nahan budget dan juga bikin transaksi lancar :)

Reply

Huhuhu benar sekali, warna yang terang bikin mood baik dan mudah juga nyarinya ya.

Reply

Jadi trendy ya, pegang kalkulator warna warni bikin segar :)

Reply

Huum Mba,daripada salah ngitung bikin mood turun, mending pede pakai kalkulator.

Reply

Iya dedek, kalau hp bisa lowbath, bisa keganggu notif masuk, bisa jadi bahaya juga di tempat umum. Aman pakai kalkulator.

Reply

iyes dede Putri biar makin lancar semua transaksinya :) jadi cepat juga.

Reply

Ini kalkulator pas aku SMA. Ternyata sekarang style nya lucu2 ya. Pake casio bisa jadi terarah juga menghitung keuangan kita ya

Reply

Iya Aya, wah aya masih unyu-unyu juga kok sekarang. Pakai Casio colorful kalkulator makin unyu lagi deh dengan warna-warnanya yang cerah.

Reply

Kekinian banget Casio ya, bikin orang ga malu lagi nenteng2 kalkulator

Reply

Kalkulator Casio yang sekarang, warnanya lucu2 ya mba, pasti deh jadi favorit lgi seperti dulu. Kualitasnya yang awet, bikin susah move on ke merk lain

Reply

Warnanya lycu, Ku punya yang yellow green. Anakku yang cewek langsung naksir

Reply

Kalkulator CASIO-nya mungil bisa dibawa kemana2 ya mbak. Iya kadang ibuk2 pikirannya dah banyak, saat ngitung suka gk teliti, yaweslah bawa kalkulator aja :D

Reply

Pernah beli bakso cuanki harga 8000 dan ternyata duit yang saya kasih 26.000. Uang 20an nya dikirain 2000an. Untung abangnya jujur, jadi langsung dibalikin kelebihannya :D

Reply

iya Mba,si mini yang hasilnya bisa ngitung budget belanja jadi maximal

Reply

iya warnanya bikin semangat terus, yuk ngitung ngitung ngitung pakai Casio.

Reply

yellow selalu nyentrik dan jadi pusat perhatian deh mba, xixixixix mantep ya trendy warna kalkulator Casio.

Reply

iya, kalau kurang jadi ngedumel,kalau kelebihan juga ngedumel males balikin tapi hati kan nggak bisa tenang, kudu wajib dibalikin hak oranglain. Jadi ngitunglah pakai CASIO biar mood terjaga.

Reply

sama mba aku suka juga dua ribuan dengan duapuluh ribuan, duh aku dapat lebihan kembalian banyak banget dari bapak-bapak di warung. Sudah sampai rumah aku balikin lagi. Kerja dua kali, hihihihi.

Reply

beliii lucu-lucu casionya, jadi ingin koleksi semua. Ngitung-ngitung kerjaan emak-emak juga

Reply

Warnanya colourfull, jadi bikin semangat.

Reply

Kalau punya casio jadi semangat hitung-hitungan.

Reply

Waranya cerah dan bentuknya yang mini easy going dibawah kemana-mana, hihi.

Reply

Powered by Blogger.