-->
Menu
/


Udara yang bersih sudah pasti membuat Anda tetap sehat. Selain itu akan membuat Anda menjadi lebih betah dan nyaman saat melakukan aktivitas sehari-hari di dalam rumah.

 

Kadang menjadi hal yang sulit untuk menciptakan udara yang berkualitas. Alasannya karena masuknya udara kotor di dalam ruangan, baik berupa kotoran, debu atau polusi. Di samping itu udara kotor juga bisa berasal dari dalam, yang dikarenakan debu atau kotoran yang menempel di berbagai area rumah.

 

Untuk mengatasi masalah tersebut, artikel ini akan memberikan beberapa cara ampuh yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan kualitas udara di dalam rumah Anda. Mari kita simak pembahasannya!


1. Gunakan Air Purifier


Langkah yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan kualitas udara dalam rumah adalah dengan menggunakan air purifier. Dengan alat ini setidaknya Anda bebas dari bersin-bersin dan alergi yang disebabkan oleh debu atau bulu hewan peliharaan di rumah Anda.

 

Dilansir dari Harvard Health Publishing, salah satu tips dalam menggunakan air purifier adalah dengan diletakan di ruangan yang paling sering digunakan. Ini bertujuan agar air purifier dapat menangkap kotoran dan irritant yang ada di dalam rumah, sehingga Anda terbebas dari berbagai gejala pernafasan seperti flu, batuk atau bersin-bersin.


2. Tempatkan Tanaman di Luar Rumah


Tanaman juga dipercaya ampuh dalam meningkatkan kualitas udara, khususnya dalam menciptakan oksigen di dalam rumah. Ada banyak tanaman yang dapat Anda perhitungkan sebagai tanaman untuk membuat udara rumah menjadi segar seperti Palem Bambu, Bunga Krisan, Sri Rejeki, Lili Paris dan beberapa tanaman lainnya.

 

Hal yang harus diperhatikan bahwa jangan taruh tanaman di dalam rumah. Ini dikarenakan tanaman cenderung menyimpan debu dan penghasil karbon dioksida di malam hari. Untuk itulah tidak disarankan bila Anda menyimpan tanaman di dalam rumah.


3. Ganti atau Bersihkan Filter AC Secara Berkala


Filter AC dapat menjadi sarang debu dan polutan jika dibiarkan dalam waktu yang lama. Untuk membuat sirkulasi udara menjadi lebih segar, filter AC harus diganti atau dibersihkan secara berkala.

 

Selain membersihkan kotoran, tujuan lain dalam mengganti atau membersihkan filter AC adalah agar dapat menghemat listrik. AC yang kotor mengeluarkan energi yang boros saat beroperasi, sehingga penting untuk diperhatikan agar filter AC selalu bersih saat digunakan.


4. Buka Jendela Setiap Hari


Hal dasar dalam membuat udara dalam rumah berkualitas dengan selalu membuka jendela atau ventilasi setiap hari. Udara dalam rumah kadang menghasilkan bau yang mengendap khususnya yang berasal dari dapur.

 

Biasakan untuk selalu membuka jendela rumah Anda, khususnya di siang hari. Ini akan membuang udara yang mengendap dari dalam rumah dapat keluar dan terganti dengan udara yang lebih segar.





5. Buat Rumah Bebas Asap Rokok


Asap rokok menyimpan lebih dari 4000 zat berbahaya di dalamnya. Dilansir dari webmd.com mengatakan bahwa asap rokok yang ada dalam ruangan dapat memicu terjadinya infeksi pernafasan dan telinga, munculnya kanker hingga terjadinya asma.

 

Untuk mengatasi hal ini, ajak kerabat atau saudara Anda yang perokok untuk tidak merokok di dalam rumah. Ini akan membuat udara di dalamnya menjadi lebih sehat dan bebas dari polusi.


Catatan

Satu hal penting yang tak boleh dilupakan dalam meningkatkan kualitas udara adalah dengan rutin membersihkan ruangan, khususnya lantai rumah. Ini dikarenakan lantai rumah menyimpan banyak kotoran, debu, jamur atau bulu hewan peliharaan yang memicu terjadinya alergi.

 

Solusi yang dapat dilakukan adalah dengan membersihkan lantai dengan vacuum cleaner dengan daya hisap kuat.  Bila perlu, gunakan vacuum cleaner dengan filter HEPA yang dianggap mampu menghisap kotoran agar tidak kembali dalam knalpot vacuum cleaner. Anda juga dapat mengepel lantai dalam rumah untuk hasil yang lebih maksimal.

 

Demikian artikel tentang 5 Cara Untuk Meningkatkan Kualitas Udara di Dalam Rumah Anda, lakukan hal-hal di atas agar udara yang masuk dalam rumah tetap berkualitas dan membuat Anda tetap sehat dan terjaga.


Powered by Blogger.