-->
Menu
/

Merupakan sebuah tempat bagi suatu kelompok atau perusahaan untuk menyebarluaskan, memproses, menyimpan serta mengatur berbagi macam data, data center menjadi fasilitas pendukung kerja yang penting. Dalam pusat data, terdapat banyak peralatan pendukung yang membantu pengoptimalan data, seperti pengatur daya, keamanan maupun pengatur suhu ruang. 


Kegunaan Data Center dalam Membantu Kinerja Perusahaan

1. Sebagai Tempat Penyimpanan Data yang Aman

Tentunya Anda tidak ingin kehilangan data penting perusahaan karena rusaknya komputer penyimpanan baik secara sengaja ataupun tidak. Resiko kehilangan, rusak dan disadap oleh pihak yang tidak semestinya lebih besar terjadi jika hanya menggunakan satu komputer sebagai tempat penyimpanan. 

Selalu simpan semua data di pusat penyimpanan data center. Dengan begitu, jika ada apapun menimpa data di perusahaan tersebut, data di pusat penyimpanan masih baik-baik saja, lebih aman dan server tetap bisa mengakses beragam informasi yang tersimpan disana. 


2. Masih Bisa Diakses Apabila Sumber Daya Mati

Pusat penyimpanan data memiliki beragam alat untuk tetap menyuplai sumber daya apabila terjadi pemadaman listrik. Biasanya, terdapat generator lain sebagai suplai listrik sampai listrik menyala kembali. 

Oleh sebab itu, data masih bisa diakses dengan normal tanpa kesulitan. Selain tambahan generator tersebut, pusat data memiliki bermacam fasilitas lain yang bisa melindungi akses pengambilan data baik secara fisik ataupun virtual. 


3. Mempermudah Proses Pengambilan Data

Data center memiliki tingkat keamanan, kestabilan dan prosesi pengambilan data yang lebih cepat. Dilengkapi dengan layanan IP provider yang berkecepatan tinggi,  sistem yang dimiliki bagian penghubung data antara perusahaan dan pusat data lebih efisien dengan penggunaan fiber optik. 

Untuk selanjutnya, jika data makin banyak, pusat data juga bisa menambahkan besaran ruang penyimpanan sesuai kebutuhan. Perusahaan pun tak perlu khawatir untuk mengakses data dimanapun dan kapanpun. 

4. Menekan Biaya Operasional Perusahaan

Tak bisa dipungkiri, penggunaan data center bisa menekan penggunaan pembiayaan dalam perusahaan. Budget perusahaan dapat difokuskan dengan lebih optimal dalam bidang sistem kerja tanpa perlu memikirkan kerusakan dan kehilangan data. 

Ini akan membuat perusahaan bekerja lebih efisien dengan beban kerja yang lebih ringan. Seluruh biaya investasi perangkat pendukung penyimpanan dan pengoperasian data telah diatur oleh bagian pusat data dengan menjadikannya sebagai biaya operasioan harian. 

Dari beberapa uraian diatas, tak ayal lagi banyak perusahaan lokal maupun internasional menggunakan pusat data sebagai media penyimpanan dan pengolahan data. Ini dikarenakan banyak penyedia pusat data menjamin operasional yang mendukung secara optimal dengan tingkat kerusakan yang rendah. 

Dalam penggunaannya, terdapat dua kategori pusat data; pertama dalam bentuk Enterprise yang penggunaan layanannya dapat diakses oleh pengguna internal melalui LAN/WAN perusahaan tersebut, dan kedua bentuk Internet yang pengoperasionalannya dapat diakses secara publik dengan jaringan internet masing-masing. 

Salah satu perusahaan yang menyediakan pusat data yang berkualitas adalah Nexdata Center. Klasifikasi unggulan yang dimiliki adalah keamanan maksimum 24 jam dalam seminggu. Selain itu, Nex memiliki infrastruktur bersertifikat TIER III dan memenuhi standarisasi untuk organisasi internasional. Anda juga dapat dengan mudah mengakses data yang Anda miliki dimanapun karena koneksi internet exchange yang unggul. 

Lebih lengkapnya, Anda bisa mengunjungi laman perusahaan di NEX untuk melihat secara lebih lengkap produk yang ditawarkan dan bermacam jenis  fasilitas unggulan lainnya. Data center ini memberikan solusi terbaik untuk menyediakan layanan pusat data yang memenuhi kebutuhan perusahaan Anda.

Powered by Blogger.