Menu
/

www.ernawatililys.com – Pernahkah melihat suatu konten yang dishare ribuan atau jutaan kali? Kemudian ramai jadi perbincangan di dunia maya maupun pemberitaan di radio dan televisi. Memang saat ini banyak konten-konten yang mendadak viral, beraneka ragam, mulai dari tulisan di website tentang informasi atau pemberitaan terkini, atau cover lagu yang unik, video atau foto di media sosial bahkan hanya caption atau status di facebook,instagram, twitter, dan lain sebagainya. 


Nah, kira-kira apa yang bikin semangat dalam membaca dan membagikan konten dalam sebuah blog atau website? Isi konten yang bermanfaat? Pembahasan yang memang dicari? Memilih  niche khusus dalam satu pembahasan pada website tersebut? Niche website penting juga  agar mudah dikenal branding dari website tersebut dari semua konten-konten yang dipublishnya. Ada hal lain juga yang bikin para content writer ini tercharger energinya, yaitu traffic website yang meningkat. Pengunjung setia yang setiap kali membaca artikel demi artikel yang telah dipublish, serta ada feed back dari content creator dan pembaca web. Lalu, bagaimana cara membuat sebuah blog atau webiste trafficnya terus meningkat? Lakukan tips sederhana di bawah ini ya. 

8 Cara Sederhana Meningkatkan Traffic Website


1. Membuat konten viral 


Menurut KBBI kon.ten /kontèn/ adalah  informasi yang tersedia melalui media atau produk ektronik. Sedangkan vi.ral adalah  berkenaan dengan virus atau  bersifat menyebar luas dan cepat seperti virus. 

Jadi ketika ada artikel/informasi, atau video/foto yang menyebar di media sosial, akan menjadi trending tersendiri. Tentu saja akan mendatangkan trafik yang besar.  


Banyak website yang mengolah artikel biasa menjadi artikel yang unik, berbeda, klik bait, sampai disuguhkan dengan bahasa pendekatan kisah sehari-hari. Sehingga konten tersebut mudah diterima masyarakat dan akhirnya akan terus naik di masyarakat. 

Bagi pembuat konten tentu saja hal ini akan mendatangkan trafik bisa dua kalilipat, sepuluh kali lipat bahkan banjir trafik pun bisa terjadi. 

Namun, ada hal yang banyak di dapat dari sesuatu yang viral, tetapi ada juga dampak lainnya. Tak semua konten yang dilempar akan selalu viral, jadi hadapi semua ini sebagai pembelajaran bahwa berbagi artikel positif adalah poin pentingnya, sedangkan viral adalah bonus tersendiri. 



2. Berita up to date atau yang sedang dicari 


Kepo atau penasaran dengan pemberitaan atau sesuatu yang sedang tren di dunia maya, membuat celah sendiri di mesin penelusuran. Kebanyakan pengguna internet akan mencari sendiri info yang tren, misalnya info tentang KKN, politik, nama tokoh, dan lainnya. Bagi content writing bisa membuat tulisan di website mengenai hal terupdate. Agar pada saat pencarian tulisan tersebut bisa muncul dan dibaca oleh para pembaca. 


3. Membuat tulisan pengalaman sendiri atau user experience 


Bikin rumus viral itu misteri? Atau nulis yang tren itu butuh kecepatan dan juga update yang berkala. Tak perlu sedih bagi penulis konten website, bisa juga kok menuliskan pengalaman sendiri atau user experience atau pengalaman pengguna, sekarang justru banyak reader atau pembaca internet yang mencari informasi berdasarkan curhatan seseorang. 

4. SEO adalah kunci 


SEO adalah singkatan dari "search engine optimization" (pengoptimalan mesin telusur) atau "search engine optimizer". Dengan menggunakan SEO dapat meningkatkan peringkat situs web dan menghemat waktu,serta lebih tepat sasaran. Namun, ilmu SEO juga setiap pakarnya berbeda sesuai dengan pengamatannya dan juga teknik yang dikuasainya. Untuk sebuah website yang ingin memiliki trafik tinggi bisa optimalkan SEO. Para pakar SEO akan merekomendasikan untuk mendapatkan trafik yang optimal maka diperlukan juga hosting untuk perform sebuah website. Hosting atau disebut rumahnya sebuah website, yaitu hosting adalah penyewaan tempat untuk menampung data-data yang diperlukan oleh sebuah website dan bisa diakses melalui internet.  Jadi bagi yang ingin konten digital pada website tampil di halaman pertama mesin penelusuran, bisa  menggunakan fasilitas hosting yang oke dan sesuai dengan keperluan. Qwords juga terkenal sebagai jasa penyedia Hosting Indonesia yang rekomended. Selain itu juga bisa memilih hosting murah yang aman dan tanpa gangguan, jadi webiste bisa bekerja secara maksimal. 



5. Sering share ke group yang sefrekuensi 


Satu batang lidi, tak akan kuat untuk menyapu jalanan. Namun dari kumpulan batang lidi yang telah diikat maka cukup kuat sebagai alat kebersihan terutama untuk menyapu.  Ibarat sebuah perkumpulan atau group adalah orang-orang sevisi. Jadi ketika kita punya informasi dan ingin sharing info tersebut di group yang sefrekuensi maka info tersebut diterima. Jadi, sebelum share informasi ke group carilah group yang sekufu. 

6. Share link artikel ke media sosial


Ada beberapa aturan di group yang tidak mengizinkan membernya share link ataupun memberikan informasi. Group ini sistemnya satu arah hanya admin saja yang menginfokan. Kemudian, kita ingin bebas menshare link-link tulisan, dengan tujuan ada pembaca baru dan tentunya trafik pun menjadi naik. Nah, tak perlu sungkan untuk share di media sosialnya baik itu facebook, instagram, twitter, bahkan whatsapp story. 



7. Promosi dari orang ternama (artis, influencer, blogger, penulis, atau orang yang punya follower aktif) 


Trafik bisa juga datang setelah alamat website kita ada yang promosikan seperti artis, influencer, blogger, penulis, atau yang punya follower aktif. Hal seperti ini akan membuat website menjadi lebih terpercaya dan rekomendasi dari orang ternama tersebut bisa jadi solusi bagi followernya yang butuh informasi atau tema website yang memang dicari oleh mereka. Setiap ada permasalahan pasti ada peluang, pun dengan menyajikan konten website buatlah solusi untuk para pembaca, sedangkan promo dari artis atau lainnya hanya untuk menaikkan trafik.

8. Teruslah menulis, jangan menyerah nanti akan ada hasilnya sendiri.


Tidak jago bikin konten viral? Tidak menguasai SEO? Tidak mampu bayar endors artis ternama dan lainnya. Pokoknya nggak perlu sedih, menulislah. Dengan menulis, baik itu gaya curhatan, gaya tips sederhana, dan lainnya pasti ada pembacanya. Ingat, setiap tulisan mempunyai muara pembaca yang berbeda-beda. Jadi tak perlu khawatir, yang terpenting rajin menulis setiap hari, rajin update, dan share link juga. Apa yang kita bisa maksimalkan, hasil akan mengikuti kerja keras. 

Punya tips sederhana yang bisa naikkan trafik website juga? Boleh share di kolom komentar, siapa tahu jadi inspirasi bagi pembaca lainnya. 

Gambar : by pixabay 


Salam Inspirasi 

2 comments:

  1. Karena setiap usaha membutuhkan kesabaran.

    ReplyDelete
  2. Saya bisanya yang nomer 8 mbak, menulis terus walaupun topiknya aneh. Karena emang benar, setiap tulisan pasti ada pembacanya....😊

    ReplyDelete

Powered by Blogger.