Menu
/

www.ernawatililys.com – Penghujung 2019 tinggal menghitung hari lagi, sudah buat rencana liburan bersama keluarga? Apalagi liburan akhir tahun ini sekarang begitu panjang ya, jadi bisa berwisata ke luar kota. Tentu saja kalau ke luar kota maunya berhari-hari, atau seminggu agar liburan semakin seru. Bisa hunting tempat-tempat wisata yang ingin dikunjungi. Apa sih yang harus dipersiapkan ketika akan berlibur sekeluarga? 


3 Tips Persiapan Liburan Bersama keluarga 


1. Buat Itinerary 

Jauh hari persiapan pertama adalah membuat itinerary atau rencana perjalanan. Kita bisa buatkan semacam tabel. Hari pertama akan berkunjung ke mana, tempat makan, istirahat, serta penginapan. Pada day 1 ini juga kita sudah hitung taksiran biaya yang akan dikeluarkan jika ingin mengunjungi tempat wisata, mulai dari harga tiket, akomodasi, sarapan, makan siang dan makan malam. Bisa juga menyebutkan budget untuk membeli oleh-oleh.  Maka dari itu itinerary dibuat begitu detail agar semua biaya dan waktu dapat diperhitungkan. 


2. List Barang Bawaan 

Setelah point 1 membuat rencana liburan dan juga estimasi biaya. Maka pada point selanjutnya yaitu mulai membuat ceklis barang bawaan. Buatlah daftar mulai dari barang apa saja yang wajib dibawa saat liburan seperti baju, dompet, obat-obatan, kartu-kartu di dompet baik itu ATM, kartu kesehatan, serta Kartu Tanda Pengenal/SIM/passport, dll. Jika pergi sendiri mungkin jumlah bagasi tidak perlu khawatir, namun jika berlibur dengan anak-anak jumlah bawaan pun harus diperhatikan. Jangan sampai mau liburan tapi seperti mau pindahan, semua dibawa. Pastikan hanya barang-barang yang diperlukan saja selama diperjalanan. Hitung juga bagasi oleh-oleh yang akan dibawa pulang, jangan sampai overload juga. Jik bawa anak-anak harus memperhatikan mereka juga jangan sampai orangtua sibuk dengan bawaan masing-masing. Liburan pastinya untuk membuat bonding keluarga semakin dekat, menambah wawasan serta mengajak anak-anak berpetualang ke tempat yang baru dan tujuannya untuk refreshing pastinya. Jadi jangan membuat beban berlebihan dengan bawaan barang-barang yang sebenarnya bisa dishortir. Hal ini juga  bisa mengajarkan pada anak untuk membuat ceklis barang bawaan yang seperlunyas saja. 


3. Pesan tiket, booking penginapan dan juga akomodasi yang dipilih. 

Point ke tiga ini memang berbeda, jadi harus hati-hati dan matang untuk menentukan liburan. Kenapa penting di awal memesan tiket, booking penginapan, pesan akomodasi, dll karena jika masa liburan tiba dan baru pesan mendadak, belum tentu dapat seperti yang kita inginkan. Bisa saja full atau booking

Kelebihan memesan lebih awal adalah bisa menyiapkan dana, lalu hunting promo, bisa mendapatkan harga yang murah, semakin lama waktu keberangkatan semakin bisa menabung terlebih dahulu. Lokasi wisata bisa dekat dengan penginapan, adanya tempat sewa kendaraan yang bisa mengantar customernya keliling selama liburan di suatu kota tertentu. 

Kekurangannya pasti ada, seperti ada yang dananya tidak bisa direfund atau tidak bisa dikembalikan jika gagal liburan ke tempat tujuan karena ada musibah diluar dugaan  atau ganti tujuan wisata. 

Selesai pesan tiket wisata, booking penginapan selanjutnya adalah sewa mobil via online. Saat ini kemudahan sewa  mobil via online sudah tersedia, tidak perlu repot lagi bawa mobil dari rumah, ada bantuan supir juga untuk menunjukkan jalan-jalan area tujuan wisata. Seperti waktu itu saya harus ke Bogor ke rumah orangtua, lalu ke Sukabumi menjenguk eyang uyutnya anak-anak, serta ke Bekasi ada pertemua keluarga suami. Nah, sewa mobil di rental Jakarta menjadi solusi, karena tinggal ke web TRAC dan semua jenis kendaraan yang ingin disewa tersedia, baik itu motor, mobil, sampai bus juga ada. Jadi bisa ajak keluarga besar jalan-jalan ya. 

Itu tips persiapan liburan ala keluarga kami. Kalau teman-teman ada tips lainnya, boleh sharing di kolom komentar ya, agar bisa jadi inspirasi bagi pembaca lainnya. 


Salam Inspirasi 

4 comments:

  1. Nah biasanya kalau liburannya ke luar kota aku sewa mobil di lokasi mbak, memang lebih enak ya. Biasanya drvernya ngerti jalan & bisa jadi guide sekalian

    ReplyDelete
  2. Wah bener banget nih Mbak memang tips seperti di atas memang sangat di penting dilakukan nih ya Mbak

    ReplyDelete
  3. Dengan menggunakan tips di atas bisa membuat liburan semakin menyenangkan ya

    ReplyDelete
  4. Memesan tiket ini memang sangat penting nih ya dilakukan terlebih dahulu. Kan sekarang sudah canggih hihi

    ReplyDelete

Powered by Blogger.