Menu
/
Dunia Fantasi
Pict by TripAdvisor

Dunia Fantasi yang terletak di kawasan Ancol, Jakarta adalah sebuah taman bermain yang sangat luas, yang cocok sekali dijadikan tempat untuk piknik bersama keluarga besar. Dunia Fantasi merupakan salah satu tempat wisata favorit yang ada di Jakarta sehingga tidaklah mengherankan jika banyak dikunjungi oleh tidak hanya warga Jakarta melainkan juga orang-orang yang berasal dari luar Jakarta.


Tentang Dunia Fantasi 


Seperti yang telah kita ketahui selama ini bahwa Dunia Fantasi adalah nama sebuah tempat hiburan untuk keluarga, yang telah lama beroperasi, yang berlokasi di ibu kota negara Indonesia, Jakarta. Lokasinya ada di Ancol, wilayah Utara Jakarta. Jika sudah masuk weekend terlebih lagi kalau hari raya besar, seperti hari besar agama, Dunia Fantasi akan jauh lebih ramai, penuh sesak.
Dunia Fantasi adalah tempat hiburan yang pertama kali ada di Indonesia sekaligus yang paling besar, yang menyuguhkan banyak sekali wahana, yang sangat sayang jika dilewatkan begitu saja. Tidak hanya menikmati wahana-wahana yang disediakan di sini, para pengunjung juga bisa sekedar bersantai, menggelar tikar, menikmati makanan yang dibawa dan sudah dipersiapkan dari rumah.
Dunia Fantasi memiliki maskot, bernama Dufan, yaitu seekor kera jenis bekantan. Alasan dipilihnya hewan kera sebagai maskot   adalah karena kawasan ini dulunya dihuni oleh sekawanan kera. Dipilih jenis bekantan karena masuk dalam kategori hewan langka yang wajib dilindungi.


Beberapa Wahana Yang Ada Di Dunia Fantasi


Di Dunia Fantasi akan banyak dijumpai  berbagai macam wahana yang menyenangkan, bisa dinikmati oleh siapa saja, mulai dari anak-anak kecil hingga orang dewasa. Meskipun demikian ada beberapa aturan tertentu yang harus dipatuhi oleh pengunjung. Di antaranya ketentuan mengenai tinggi badan bagi yang ingin menaiki beberapa wahana dan larangan bagi ibu hamil untuk naik wahana tertentu.

Wahana yang ada di Dunia Fantasi totalnya berjumlah 30 buah, yang terbagi menjadi dua, di dalam dan di luar ruangan. Yang berada di dalam ruangan wahananya berjumlah 4 buah, yang 26nya lagi adalah wahana yang terdapat di luar ruangan.


Jenis-Jenis Wahana Yang Ada Di Dunia Fantasi


Wahana di Dunia Fantasi yang berjumlah 30 buah terbagi menjadi beberapa jenis. Ada yang bisa membuat jantung kita berdegup lebih kencang, ada pula yang membuat kita santai. Jika ingin merasakan adrenalin kita terpacu, bisa naik halilintar, niagara, turangga-rangga, kora-kora atau rumah miring. Semua wahana yang disebutkan barusan disebut dengan nama wahana ikonik.

Jika melihat kekayaan budaya nusantara berupa pakaian tradisional dan lagui-lagu daerah, kita bisa mengunjungi Istana Boneka. Bonek-boneka yang ada di sini mengenakan pakaian adat nusantara. Setiap melewati daerah tertentu, yang diputar adalah lagu khas daerah tersebut.

Jika ingin ditelisik lebih jauh wahana-wahana yang ada di Dunia Fantasi dikelompokkan menjadi empat, yakni Familiy Ride, Water Ride, Thrill Ride dan Children Ride. 

Wahana Turangga-Rangga, Rajawali, Ontang Anting, Alap-Alap, Istana Boneka, Rumah Miring, Bianglala, Burung Tempur, Hello Kitty Adventure, Baku Toki, Fantasy Lights Magic of Dufan, Poci-Poci dan Gajah Beledug masuk dalam Family Ride. 

wahana Tornado - pict by Dufan 

Kalau wahana yang masuk dalam kategori Water Ride antara lain Arung Jeram dan Niagara-Gara.
Untuk kategori Thrill Ride wahana yang masuk ke dalamnya adalah Pontang-Pontang, Hysteria, Kora-Kora, Tornado, Ombang-Ombang dan Halilintar. Dream Playground, Kicir-Kicir dan Ubanga-Banga.


Tanda Masuk Ke Dunia Fantasi


Jika ingin masuk ke Dunia Fantasi, akan ada dua pilihan untuk tiket tanda masuknya. Yang pertama dengan membeli tiketnya langsung di loket-loket yang telah tersedia. Nantinya sebagai bukti pembelian tiket, kita akan tiket berupa voucher masuk. Ketika akan masuk ke dalam, telapak tangan kita di bagian luarnya akan diberi cap. 

Pembelian tiket masuk ke Dunia Fantasi juga bisa dilakukan tanpa harus membeli voucher secara fisik. Alternatif lainnya adalah dengan membelinya secara online. Caranya ialah jika sudah sampai di meja registrasi, tunjukkanlah e-ticket yang kita miliki. Nanti akan diproses lebih lanjut. Apabila sudah selesai prosesnya, anda dipersilahkan masuk ke dalam, sebagai tanda anda sudah mengantongi tiket masuk.

Salam Inspirasi 
2 comments

Terima kasih sudah berkunjung, hanya saja link hidup biasanya jangan disimpan di kolom komentar

Reply

Powered by Blogger.