Menu
/

www.ernawatililys.com - Cara Mudah Menulis Kisah Inspirati. Menurut KBBi online, kata inspiratif yaitu sesuatu yang bersifat menginspirasi. Jadi menulis kisah inspirasti merupakan menguraikan sebuah kisah/cerita/tulisan untuk memberikan nilai hikmah dan juga nilai kebaikan.


Menulis bukan hanya curhatan hati saja, tapi juga mengajak pembaca untuk lebih baik lagi dari penulisnya dengan cara belajar atau study kasus dari kisah yang penulis berikan. 

Lalu, bagaimana agar penulis bisa menuliskan dengan mudah kisah pribadinya menjadi kisah inspiratif? 

Cara Mudah Menulis Kisah Inspiratif 


1. Pahami tema yang akan dibahas


Ketika kita paham akan tema yang kita bahas, yaitu mengenai perjalanan spiritual kita kepada Allah SWT, misalnya, maka pilih cerita ini dalam balutan nilai spiritual. Jika tema tentang pertemanan pilih pembahasan tentang kenangan,hubungan atau juga warna pertemanan. Pun ketika kita memilih tema menikah, apa yang akan kita bahas dalam tulisan, apakah nikah muda, taarufnya, ujian rumah tangga, dll begitu banyak kisah yang bisa diurai dalam satu tema. 


2. Judul Itu Penting!


Pernah baca satu buku isi judulnya sama semua, walau satu tema tentang menikah, judulnya pengantin hijau, pengantin biru, pengantin kuning, pengantin pelangi, dll. Kurang menarik!

Sekalipun judul bukunya di cover : Kisah-Kisah Pengantin Millenial!
tapi ketika melihat daftar isinya semua tentang pengantin dan warnanya, hmmm... sepertinya akan membuat pembaca penasaran atau merasa bosan.

Tema Kembali pada Ilahi, bisa judul dengan “Transfer doa di Rumah Allah” ekstrim sih, tapi bikin pembaca penasaran apa sih isi tulisannya. Atau judul dengan “Mekkah dan Sepotong Hati Yang Terluka.” Atau “Hongkong dan Kesembuhan Hatiku.” Atau “Senja di Singapura dan Airmata Masa Lalu.” Buatlah judul-judul greget. Judul yang menggerakkan hati dan indera perasa pembaca. Silakan pilih judul yang menarik bagi teman-teman.

3. Batasi paragraph 


Ada yang satu paragraph setengah sudah ganti paragraph. Dua kalimat sudah buat paragraph baru. Pembaca menjadi lelah. Bikin ketentuan satu paragragh ada 4-5 baris. 

4. Bahasa yang mengalir seperti bercerita.


Ketika mengetik jangan terlalu banyak berpikir bagus atau jeleknya.Dijamin nggak selesai. Dijamin akan ada bisikan gaib. Dijamin bikin Anda akan menciut. Menulislah tanpa ada bisikan ketakutan. Kalau perlu sebelum menulis berwudhu, baca bismillah, atau dalam keadaan suci dan tenang. InsyaAllah tulisan akan mengalir. 

5. Kerangka tulisan


Walau menulis hanya 3-5 halaman, biar lancar. Boleh buat kerangka halaman. Misalnya opening-isi masalah-mengurai masalah-hikmah di balik hijrah atau pesan hikmah dari tulisan yang teman-teman tuliskan.

6. Quote, kutipan motivasi, potongan ayat, pemanis lainnya sisipkanlah dalam tulisan teman-teman. 


Pernah baca ketika lagi enak-enak membaca paragraph demi pragraph penulis selalu bikin quote-quote makjleb. Quote keren makjleb ini bikin hati naik turun, contoh : Hidup ini memang penuh ujian, kalau penuh cucian berarti kamu lagi di tempat laundry-an. 


7. Baca sendiri, kalau kita enjoy sudah pasti orang lain suka


Ini nggak perlu dijelasin ya, kalau kita baca oke, sudah pasti itulah yang terbaik dari kita. Tapi nyadar diri juga, baru belajar nulis seumur jagung, ingin tulisan sekelas bunda Asma Nadia dan Habiburahman atau Andrea Hirata, atau sekelas penulis dunia JK Rowling. Mereka itu sudah latihan nulis berdarah-darah,ditolak, lanjut nulis, sampai mata mereka tertutup saja sudah hapal tuts keyboardnya. Apalagi penulis zaman dahulu yang nulis pakai lembaran daun, tulang, kemudian nulis pakai pena, mesin ketik belum ketemu tipe X, sekarang kita menyerahnya kemudahan,salah typo dikit aja nyerah,padahal sudah ada tombol delete dan backspace. Menulislah 7 purnama kau akan temuakan gaya tulisanmu. hehehehe... 

8. Ending, penutupan kisah yang menarik.


Sebagus-bagusnya opening, sebagus-bagusnya isi, tetap ending adalah raja.mau gantung, mau surprice ending, mau jenis ending apapun, tutup kisah dengan bahasa yang dari hati agar sampai ke hati. 

2 comments

Makasih tipsnya mba. Memang ada poin poin yang saya baru tahu. ��

Reply

Tipsnya bagus untuk yang baru belajar menulis

Reply

Powered by Blogger.