Menu
/

www.ernawatililys.com - Menulis Buku Anak Itu Susah Atau Mudah? Saya ingin share pengalaman menuliskan buku anak baik itu fiksi maupun nonfiksi. Pengalaman saya yaitu menuliskan buku anak bertema fiksi berupa dongeng yang menyisipkan fakta unik tentang binatang dan juga ada game edukasi. Selanjutnya pengalaman saya adalah menuliskan buku anak nonfiksi berupa sejarah perjuangan Rosulullah SAW dalam peperangan. Bagaimana kedua prosesnya?


Menulis buku anak susah atau mudah?



Setiap menulis pasti punya tantangan tersendiri. Pun halnya dengan menuliskan buku anak. Jangan anggap sepela, "Ah cuma nulis untuk anak-anak mah, mudah. Tinggal asal-asal saja bikin cerita." Nah, ini saja sudah dianggap hal yang mudah padahal ada seninya juga menulis untuk anak-anak. Tidak sembarang ambil tema cerita karena harus disesuaikan dengan usianya, pemilan kata atau diksi pun harus dimengerti anak-anak kalau ada yang memang sulit maka bikin keterangan bimbingan orangtua. Agar pesan cerita sampai oleh pembaca anak-anak.


Tip menulis buku anak yaitu :


1. Gunakan kalimat pendek

Baik genre tulisan anak berupa fiksi maupun non fiksi, gunakanlah kalimat yang pendek. Agar konsentrasi mereka sempurna dan mereka nggak bingung serta memahami jalan cerita. 5-8 kata per satu kalimat.

2. Gunakan pilihan diksi yang mudah dimengerti

Catatan banget nih. Kita orang dewasa ini terlalu banyak memakai kata-kata yang njlimet dan membingungkan, ini yang bikin anak-anak pusing. Gunakan bahasa dan kata yang mudah dimengerti. Caranya? Banyak gaul sama anak kecil kali ya. Mencoba menyelami cara berpikir mereka yang lugu dan sederhana itu.

 3. Selipkan Pesan Moral

Cerita anak yang baik harus menyelipkan ajaran tentang kebaikan dan ada unsur mendidik di dalamnya. Setidaknya ada ilmu baru atau pesan moral yang bisa diambil sang anak seusai membaca cerita supaya terbentuk karakter positif di diri si anak. Sesederhana apapun, pesan moral harus selalu terselip.

4. Jika menulis buku pelajaran, sumber buku harus jelas

Ternyata nggak hanya buku untuk dewasa ya, ketika menulis buku anak pun referensi yang kita pakai harus jelas. Apalagi untuk genre non fiksi, jangan sampai kita memberikan ilmu atau pengetahuan yang nggak jelas sumbernya.

5. Mencintai dunia anak

Ini mah pasti. Gimana mungkin mau bikin cerita anak tapi nggak ngerti dunia anak atau bahkan nggak tahan sama anak-anak?


Selain itu buatlah alur cerita yang menarik. Karena daya imajinasi anak sangat tinggi. Cerita yang monoton pun akan membuat anak mudah jenuh.


Kenapa saya kasih nama CALA? . . Waktu menuliskan buku ini, ada macam-macam burung lho. Baca bukunya saja setebal bantal bikin ngantuk. Tapi, saya berpikir bagaimana agar nama si burung ini mudah diingat. . . Cerita tentang burung Cangak Laut yang punya bulu putih di atas rambutnya ini memang unik. Agar mudah diingat bulu putih ini saya simbolkan uban, nah karena beruban maka CALA jadi pemalu. Jadilah kisah "CALA SI PEMALU." . . . Awalnya saya ini menulis cerita dongeng untuk Abang @fatih_story yang setiap malam minta diceritakan kisah-kisah. Bukan hanya satu, dua kisah, tapi bisa 10 kisah. Walau mata mamanya sudah sepet, rapet, dia nggak mau berhenti mendengarkan cerita. Jadilah tiap malam saya sering bercerita dan ketika ada waktu, satu persatu diketik. #bukuanak #dongenganak #ceritaanak #dongengmautidur. #momsinstitutedotcom
A post shared by ERnawati Lilys (@ernawatililys) on


Kenapa saya kasih nama CALA?
Waktu menuliskan buku ini, ada macam-macam burung lho. Baca bukunya saja setebal bantal bikin ngantuk. Tapi, saya berpikir bagaimana agar nama si burung ini mudah diingat. .
Cerita tentang burung Cangak Laut yang punya bulu putih di atas rambutnya ini memang unik. Agar mudah diingat bulu putih ini saya simbolkan uban, nah karena beruban maka CALA jadi pemalu. Jadilah kisah "CALA SI PEMALU." .


Jika ingin mudah membuat buku anak, bisa juga dengan menggambar sendiri di kertas gambar. Buatlah gambar sederhana dan sisipkan cerita yang menarik.





::Kereta Tua Pak Boni ::
Pagi yang cerah
Kereta tua Pak Boni melaju dengan lincah.
Membawa susu dan buah.
Untuk diantarkan ke sekolah. .
Kereta tua Pak Boni sampai di halaman.
Anak-anak menyambut dengan senyuman.
Terima kasih tak lupa mereka ucapkan.
Untuk Pak Boni dan kereta tua yang selalu dinantikan. .
#ceritaanak
#dongenganak 


Salam Inspirasi 

18 comments

Dunia anak memang sederhana, namun penuh warna. Jadi harus memahami pola pikir anak-anak agar bisa memberi warna-warni imajinasi.

Reply

Ingin bisa nulis juga, apalagi bisa buat cerita untuk kaka rachel. :)

Reply

Pastinya sederhana dan penuh warna :)

Reply

Pengin bgt nulis buku anak. Udah ikutan kelas onlinenya segala tapi belum kunjung dapat hidayah buat nulis. Hehehe.
Nuhun tipsnya, Teh Na.

Reply

Gak Terbayangkan :D

Reply

Terbayangkan apa kak? Susah atau mudah. Semoga bilangnya mudah ya. :)

Reply

Sejak kembali mengajar dan tiap hari bermain ma anak2.. saya kok merasa lebih mudah nulis cerita anak daripada novel ya.. hahaha
Betewe makasih sharingnya mbak Erna..

Reply

Ayo mba Zee nulis buku anak lagi :)

Reply

Saya belum pernah nyoba nulis cerita anak mbak..kadang2 kepikiran sama ilustrasinya. Saya gak bisa gambar. Trus diksi untuk anak juga blm sepenuhnya saya kuasai. Bolehlah y mbak kapan2 bimbingannya buat cernak ini

Reply

Dengan senang hati Mba, saya akan berbagi ilmunya :)

Reply

Menurut saya nulis buku anak susah. Mencari kata yang tepat dan mudah dimengerti anak-anak itu yang sulit kak. BTW, terima kasih kak sharing-nya

Reply

Sama-sama semoga bermanfaat ya.

Reply

Harus riset banyak tentang dunia anak.anak dan bagimana fantasi mereka... itu kata Bu Umi pas ada kelas cerpen anak

Reply

Susah susah gampang. Tapi harus dicoba biar tahu ya. Pengalaman tentu akan berbeda

Reply

iya Mas Ilham, riset itu diperlukan agar semua data akurat dan sesuai harapan.

Reply

Setuju Bu Manager, agar tahu juga teknik menulis buku anak.

Reply

Menulis cerita anak memang susah-susah gampang.. Harus benar2 riset biar nggak asal

Reply

Menurutku justru nulis cernak yg paling susah, Mb
Harus nyelem ke dunia anak2
*menanggapi yg bilang nulis anak itu mudah
Itu sebabny, salutee sm parapenulis anakkk
Moga2 nanti bisaa, setidakny bwt takaa kun wkkk

Reply

Powered by Blogger.