Menu
/

www.ernawatililys.com - Sesuai usianya anak akan terus tumbuh dan mulai memiliki keinginan sendiri, termasuk dalam hal memilih jajanan. Jika awalnya mama-lah yang menentukan asupan makanan anak, sekarang si kecilpun sudah dapat menemukan makanan favoritnya. Hal tersebut tentu sesuai yang ia lihat baik diacara keluarga, kumpul dengan teman sepermainan ataupun ketika ikut belanja dengan mama  di warung, supermarket atau mall. Bertemu dengan aneka jajanan yang belum ia coba, ingin coba dan telah ia coba pastinya membuat si kecil penasaran sekaligus kalau sudah mencoba bisa ketagihan. Yang perlu mama lakukan adalah tetap memberikan edukasi tentang pilihan jajanan anak yang sehat.


Anak sejak ia minta jajan, maka saat itu juga perlu edukasi untuk memilih jajanan yang sehat dan aman. Kenapa? Karena jika ia paham akan kesehatannya, ia pasti akan tertanam dalam alam bawah sadarnya tidak membeli jajanan di tempat yang tidak higienis, tidak membeli makanan yang warnanya mencolok berbahaya kandungannya, serta bisa memahami nasehat jika mama melarangnya beli jajanan yang kurang tepat. Bayangkan, jika mama langsung melarang tanpa memberi penjelasan. Mama hanya akan membuatnya bersedih, apalagi jika mama sampai marah-marah, hal ini akan membuat si kecil tak memahami apa yang mama khawatirkan. Jika perlu mama ajak diskusi seperti di bawah ini : 

"Ma, kalau aku mau jajan boleh?"
"Hmmm... boleh, asal pilih jajanan yang bersih dan sehat ya."
"Memangnya ada jajanan yang bikin sakit?"
"Kalau jajanannya kurang higienis bikin sakit perut."
"Oh jadi cari tempat jajan yang bersih ya?"
"Ya, selain itu pilih jajanan yang sehat juga."
"Wah, kalau sudah di tempat bersih, juga harus pilih jajanan lagi?"
"Tentu, cari yang aman alias sudah mendapatkan izin edar dari BPOM serta sertifikasi halal."
"Banyak juga ya Ma."
"Iya, agar ketika kita makan makanan tersebut aman."

Mama juga bisa menunjukkan logo yang terkait, hal ini edukasi bagi anak agar ia memahami semua pilihan makanan atau jajanan jika jauh dari pantauan mama. Karena anak dan mama pasti ada waktu-waktu yang tidak selalu bersama. 

Mama juga jangan terlalu memaksa anak untuk memahami semua peraturan dari mama. Buatlah anak memahami bahwa edukasi yang mama ajarkan untuk sang anak untuk dirinya sendiri dan ketika ia mandiri dapat senantiasa memilih jajanan yang sehat.

Biasanya mulai kapan sih anak akan kenal dengan aneka jajanan?

Anak akan mengenal aneka jajanan ketika ia sekolah, jalan-jalan, mendatangi suatu acara, atau ketika ada penjaja makanan di dekatnya. Jika mama telah berhasil membuat si kecil sadar untuk kesehatannya pastinya mama dan anak akan kompak pilih jajanan yang sehat.


Ketika anakku suka banget sama permen


Anak-anak pastinya tidak akan ada yang menolak salah satu makanan favorit mereka ini. Kenapa permen begitu disukai anak-anak? Selain yang pertama adalah soal rasanya yang manis dan bikin ingin nambah lagi dan lagi. Permen juga punya tekstur lembut atau bentuk yang unik yang disukai anak-anak. Apalagi jika punya warna yang mencolok perhatian anak, pasti anakpun tergoda. 

Orangtua pun tak dapat memisahkan permen dalam daftar list favoritnya anak-anak. Selanjutnya tugas mama adalah mengenalkan mana saja permen yang telah mama "acc". Hal ini penting agar si kecil bisa sedikit-sedikit paham penjelasan mama. Ia pun menikmati tanpa rasa ketakutan ataupun merasa bersalah kepada mama karena menyukai dan memakan permen secara diam-diam. Butuh keterbukaan agar si kecil nyaman dengan pilihannya dan ia pun dapat menghindari dirinya dari kecanduan yang manis-manis yang tanp kontrol dari orangtua. Jajan di luar tanpa pengawasan itu sangat berbahaya. Namun, jika anak telah paham mana jajanan yang boleh dan tidak serta dapat memilih jajanan yang sehat setidaknya mama telah berhasil membuat anak menyayangi dirinya sendiri dengan benar. 

Pindy Permen Susu

Pindy Permen Susu merupakan kembang gula lunak dengan rasa susu. Ada 3 varian yaitu susu, coklat dan strawberry. Pindy permen susu memiliki nomor izin edar BPOM RI MD 224510008005 yang diproduksi oleh PT. Inasentra Unisatya – Kabupaten Bogor. Izin edar tersebut telah diterbitkan Badan POM RI setelah dilakukan evaluasi terhadap aspek keamanan, mutu, dan juga gizi. Bahkan pemeriksaan produksi dan juga label kemasan sudah dicheck kelayakannya. Jadi tak perlu ragu lagi untuk memberikan permen susu kemasan yang telah lolos uji BPOM. (sumber info : di sini)



Mengenai berita yang simpang siur yang menyebutkan permen susu bernarkoba memang membuat resah. Tetapi jika memilh jajanan sehat yang telah lolos uji BPOM dan sudah mendapatkan izin edar seperti permen Pindy tak perlu diragukan lagi.


Edukasi anak, jika ingin membeli permen :

1. Lihat tempat jualnya. Hal ini penting bagi kebersihan jajanan. Sekalipun permen itu sudah punya kemasan yang tertutup namun perlu juga tempat yang bersih untuk menata jajanan tersebut.

2. Bentuk kemasan. Ada juga kemasan makanan yang tidak fresh alias rusak. Sebaiknya jangan pilih. Pastikan kemasan tertutup rapat tidak ampos dan makanan di dalamnya tidak berubah bentuk, aroma yang tak sedap dan rasa yang telah berubah.

3. Sebaiknya belanja permen kesukaan di tempat yang terpercaya, seperti biasa mama berbelanja. Stock saja permen kesukaan anak di rumah. Jangan melarang tapi main belakang membeli permen tanpa sepengetahuan mama. Jadi, jika si kecil ingin membawa bekal permen favoritnya, mama sudah menyiapkannya di box camilan si kecil. Jadi lebih aman bawa dari rumah. Mama yang telah menyiapkannya. Sudah diperiksa kemasan, kadarluarsa serta permen tersebut aman dikonsumsi. Hal ini untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

4. Edukasi anak jangan menerima pemberian permen dari orang yang tidak dikenal dan tidak bertanggung jawab ya. Waspada itu perlu untuk keselamatan.

Semoga mama dan anak kompak pilih jajanan yang sehat, tidak ada mama yang marah-marah melarang anak makan permen. Pun dengan anak tidak ada yang sembunyi-sembunyi. Keterbukaan diperlukan untuk mengontrol dan juga memberikan pengawasan yang aman untuk anak-anak.



Mama juga bisa mencari informasi terkait tentang permen yang aman dan tidak mengandung zat yang berbahaya seperti #PermenPindy yang #Amandikonsumsi. Bisa ikuti sosial medianya untuk interaktif antara produsen dan konsumen yang saling terpercaya. Like FP Permen Pindy dan follow instagram @permenpindi_id karena kebaikan itu perlu disebarkan.




Salam Inspirasi

34 comments

Ternyata kalau membeli jajanan "lihat tempat jualnya" bisa berperan dan memiliki pengaruh dalam kualitas jajanan yah,.. Apalagi kalau jajanannya untuk anak-anak, harus teliti banget.

Reply

Saya dan si kecil pun suka permen ini... Biasanya kan kalau makan permen dikit aja, tenggorokan sama langi-langit mulut suka perih. Tapi pas makan Pindy, enggak lho. Niatnya ni permen buat si kecil, tapi kalau malam malah suka saya makanin sendiri sambil ngeblog! Hahaha...

Reply

iya karena kebersihan itu penting. Apalagi untuk jajanan tanpa bungkus yang rapi. Menghindari kotor, juga harus teliti expired nya juga.

Reply

wah sama kayak saya, ikutan makan permen pindy juga. Hehehehe jadi mama kompak ya sama anak. :)

Reply

Azzam ga suka permen empuk begini karena suka nempel di gigi,,, enak ya bunsay rasanya?

Reply

Wah Pindy Susu. Emang enak sih ya. Berasa minum susu susu aja. Jadinya gak waswas kalo anak minta. Tapi tetep, udahnya kudu rajin gosok Gigi ya. Takut ompong

Reply

Jajanan kok sehat, jajanan kan sekadar camilan atau makanan ringan.. Oh ternyata ada ya.. Boleh nih jadi pilihan kini, jajanan sehat

Reply

Iyesss. Kita memang serba sulit ta mba untuk urusan jajanan ini. Dilarang total anak2nya ga mau. Jadinya harus cerdas pilih2 jajanan. Bagus ya ada permen susu ini jadi anak ga nyadar padahal lagi emit susu.. :-)

Reply

Anakku suka banget sama susu pindy ini. Rasa susunya terasa banget jadi aku bolehin beberapa tiap minggu.

Reply

Ini mengingatkan zaman dulu nonton V terkenang banget iklannya, pas nonton Doraemon ahaha, dan emang enak juga sih permennya, sukak..

Reply

Ih iya takut ya kalau ada ortg tak dikenal kasi2 permen, apalagi zaman skrng isunya serem2 gtu :D
Emang jd ortu kudu cermat memilih jajanan sehat yaaa

Reply

Anak kecil dan permen itu sesuatu yang sebenarnya bisa didisiplinkan, biasanya kalau loss pengontrolan karena ada jarak antara anak dan orangtua yang tak terkendali.

Reply

Mau permennya abang, kirim-kirim buat kakak rachel ya, suka sama rasa coklat susu.

Reply

Bingung ya mau kasih permen atau tidak sama anak, bisa perang-perangan deh kalau nolak, secara semua anak pasti suka sama permen, memang mama kudu bijak ya.

Reply

Enak, lembut nggak keras. Manisnya juga nggak terlalu manis.

Reply

Iya, jangan berlebihan nanti sakit giginya.

Reply

iya jajanan sehat yang aman dikonsumsi. :)

Reply

iya, jadi minum susu sebenarnya dalam bentuk padat :)

Reply

Mama yang menyenangkan sekali mama Windah ini, punya kebijakan yang asyik dengan anak,

Reply

Benar anak-anak sekali coba aja langsung suka. pas rasanya,

Reply

Harus, jangan sampai di rumah ketat, tapi di luar anak bebas bahkan karena penasaran jadi coba-coba beli jajanan di luar.

Reply

iya, agar anak merasa kan edukasi yang tepat untuk jajanan sehat ini ya

Reply

iyaa, dikirimin yang banyak :)

Reply

Benar jadi mama kudu bijak, salah satu alternatifnya adalah edukasi anak tentang jajanan sehat. Dilarang akan jadi penasaran jika alasannya kurang tepat.

Reply

Sama mba.. kalau saya juga menekankan utk melihat bpom dan logo halal mui. Biar makannya ketelen sampe perut aman.. xixixi

Reply

anakku dijauhkan dari jajanan yang namanya permen, mending jajan ke alfamart, ambil susu kotak aja sama wafer

Reply

Jajanan sehat emang ngga cuman buat anak, buar ortu juga hihi.. ya namanya juga sehat, tentu untuk semua orang yak

Reply

Aku dulu suka banget makan permen mbak, sampai keponakanku sering masuk ke kamarku cuma buat nyari permen tapi seringnya tidak aku berikan takutnya malah membuat dia sakit. Bisa nih aku beliin permen Pindy susu buat dia.

Reply

Makan permen Pindy susu ini mengandung khasiat seperti susu kan mbak? Jajanan sehat nih buat anak-anak.

Reply

Pindy mint.. dingin2 empuk.. ehheh aku masih inget neh tagline dari permen ini.. enak lohh aku aja suka

Reply

Iya, terkadang tanpa liat atribut logo dan bpom bisa khawatir.

Reply

Setuju mas, kalau bisa terus mengawasi dan tidak mengenalkan jenis jajanan satu ini boleh, Tapi kalau kumpul keluarga dan malah suka ada yang bagi-bagi permen sebaiknya kita juga perlu edukasi anak.

Reply

Benar sekali, semakin dapat memilih makanan sehat semakin aman juga buat kesehatan.

Reply

Bisa begitu juga Mba, yang penting selalu edukasi keponakannya ya Mba, agar bijak memilih jajanan.

Reply

Powered by Blogger.