-->
Menu
/

Manfaat Menstimulasi Kecerdasan Anak Melalui Permainan - Ketika memiliki buah hati yang sedang tumbuh kembang, orangtua pastinya berharap dapat memaksimalkan bakat yang dimiliki anaknya. Namun kenyataannya masih ada orangtua yang tak tahu memulai dari mana. Mengikuti kelas parenting ataupun membaca buku-buku parenting secara teori memang bisa didapat. Ketika praktek banyak orangtua yang kesulitan mengaplikasikannya. 


Ternyata saat ini kemajuan teknologi dapat dikembangkan untuk memudahkan orangtua agar dapat menstimulasi kecerdasan anaknya dengan permainan. Ya, ide-ide permainan yang mudah diaplikasikan serta memiliki tujuan yang jelas, tatacara bermain dan bahan yang digunakan, serta evaluasi yang dapat dilakukan untuk mengetahui hal apa saja yang merangsang anak dalam hal merangsang kecerdasan anak. Website dari Morinaga dalam bentuk perhatiannya kepada generasi multitalenta dan mendukung peran orangtua untuk mengenali bakat anak sejak dini, yaitu http://morinagamiplayplan.com/


Pada dasarnya untuk menciptakan generasi Multitalenta membutuhkan dua aspek yaitu :


1. Good Nutrition

Orangtua ingin anak yang tumbuh berkembang dengan optimal, cerdas dan tidak gampang sakit. Untuk hal itu butuh nutrisi yang mencukupi untuk kecerdasan otak, daya tahan tubuh, serta tumbuh optimal.


2. Good Stimulation

Memberi stimulasi sejak dini tidak cukup hanya sekali saja. Orangtua harus berulang kali memberikan stimulasi kepada anak secara bertahap sesuai dengan usia perkembangannya. Anak akan menunjukkan bakat alamiahnya sendiri mana yang membuatnya berbinar suka dan mana yang membuatnya mudah bosan bahkan tidak tertarik sama sekali. Biarlah stimulasi yang diberikan kepada anak sebagai tahapan mengenali bakatnya dan bukan untuk memaksakan keinginan orangtua.



Pengalaman saya memberikan Agenda bermain selama #30HariMain dalam website http://www.morinagaplatinum.com/30harimain dan melihat ide-ide permainannya di website http://morinagamiplayplan.com/ bisa saya lihat manfaat yang didapatkan dalam stimulasi kecerdasan anak saya :

1. Membangun kedekatan antara anak dan orangtua

Inilah momen yang membuat anak merasa dekat dengan orangtuanya saat saya dan anak-anak fokus bermain dari permainan yang saya dapatkan di website http://morinagamiplayplan.com/ 

2. Mengenali bakat anak

Dari beberapa ide permainan yang saya dapatkan di http://morinagamiplayplan.com/ , melihat anak saya dapat melakukan step by stepnya dengan tidak ada rasa jenuh atau pun mengeluh. Justru terlihat bakatnya bahwa anak saya tipe kinestetik yang tetap butuh pengawasan dari orangtuanya. 
Selain kecerdasan kinestetik, juga kecerdasan naturalis terlihat dari beberapa stimulasi dengan binatang baik dari alam ataupun peliharaan. 

3. Dapat menumbuhkan sikap tekun, disiplin dan tanggung jawab

Hal ini yang tidak disadari ketika bermain, dimana anak mampu dengan tekun menyelesaikan step by step yang dilakukan . Disiplin dalam permainan dan juga adanya rasa tanggung jawab pada benda-benda atau objek yang pegangnya. 

4. Mengasah kreativitas

Dengan stimulasi permainan membuat anak saya kreatif dalam membuat kreasi sesuai keinginannya. Berani mengkreasikan karyanya sendiri dengan rasa percaya diri membuat saya sebagai orangtuanya bahagia. Hal ini sekaligus mengasah kemandiriannya.

5. Membangun kerjasama dan komunikasi yang baik

Dengan menstimulasi kecerdasan anak melalui permainan membuat jembatan kerja sama antara anak dan orangtua terjalin erat. Sehingga anak bisa nyaman bersama dengan orangtuanya serta membangun komunikasi yang baik. 

Banyak lagi manfaat yang didapat dari memberikan stimulasi kepada anak-anak sejak dini. Yuk Moms, stimulasi kecerdasan buah hatinya melalui permainan yang ada di website http://morinagamiplayplan.com/ 

Salam inspirasi


33 komentar:

  1. Setuju mba stimulus pd ank membuat tbuh kmbang mrk mnjd brtmbh

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mba, jadi terbentuk pula komunikasi antara orangtua dan anak

      Hapus
    2. Dapat masukan bermanfaat menstimulasi tumbuh kembang buah hati tercinta nih 😉

      Hapus
  2. Betul banget. Stimulasi itu perly

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mba naqy, penting nya mnstimulasi kecerdasan anak.

      Hapus
  3. Ini website favoritku buat cari ide stimulasi kecerdasan anak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya juga mba, buat jadwal anak bermain dari web MIPlayplan

      Hapus
  4. Setuju mba.. Stimulasi sangat perlu bagi tumbuh kembang anak

    BalasHapus
    Balasan
    1. huum, bangun kedekatan dengan anak juga ya mba.

      Hapus
  5. Stimulus ke anak memang harus, mba. Tapi juga dilakukan dengan kasih sayang yaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pasti, karena ini juga termasuk rasa sayang, perhatian dan waktu khusus antara orangtua dan anak

      Hapus
  6. Stimulus ini yang membutuhkan kinsistensi dan kreativitaa orang tua terutama ibu.

    Dan Morinaga menjawab dengan tantangan 30 hari.

    Keren!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup, sebulan bermain dengan anak dan juga dapat melihat bakatnya. Paket lengkap ikut tantangan #30haribermain

      Hapus
  7. Bagus juga stimulasi untuk tumbuh kembang anak, nutrisi juga harus terjaga.

    BalasHapus
  8. belum sempat cek ricek webnya, baca ini jadi penasaran. Apalagi udah lama absen ngasi stimulasi buat anak2ku, huhu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mba, tinggal pantengin aja website MIPlayplan, pilih permainan berdasarkan kecerdasan anak atau usia anak. seru pastinya orangtua dapat rule dan pengetahuan, anak juga senang dengan ikut bermain yang menstimulasi bakatnya

      Hapus
  9. Thank you mbak infonya! Jadi nambah ilmu nanti soal cara menstimulasi Rio :D

    BalasHapus
  10. Mengenali bakat anak emang penting ya mbak, jd kita bisa menstimulasinya sejak dini :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mba, sedini mungkin agar lebih bisa memahaminya juga :)

      Hapus
  11. Stimulasi dari permainana itu untuk anak-anak memang penting ya maaaakk.. Nanti mau coba cari mainana yang cocok untuk anak-anak ah di webnya.. Hehehee.. Makasi infonya ya maaak

    BalasHapus
  12. Pengalaman saya menstimulasi anak dengan permainan juga lebih asik. Karena anak-anak kan suka bermain jadinya mereka lebih cepat menangkap :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba sama kayak anak saya hobi banget main jadi emaknya suka ikutan main dan sambil stimulasi juga

      Hapus
  13. nice artikelthanks for sharing

    BalasHapus
  14. Bahagia ya bisa membuat anak-anak ceria dan dekat dengan mereka, stimulais itu penting buat otak dan psikologis anak

    BalasHapus
  15. kalau aku untuk saat ini lebih meningkatkan bonding dengan anak.... main bola bersama..atau yang lainnya... coz aku kalau siang kerja..jai begitu ada kesempatan aku ikutan main bareng dia..

    BalasHapus
  16. mengenali bakat itu memang penting jadi aku sbg ortu bisa mengarahkannya dan memfasilitasinya semoga anak bisa tumbuh dan berkembang dengan baik.

    BalasHapus
  17. Anak ku sekarang senangnya main gambar-gambaran, itu udah termasuk stimulate belum ya, jadi kita kaya mewarnai bareng gitu

    BalasHapus
  18. Bagus juga stimulasi untuk tumbuh kembang anak, nutrisi juga harus terjaga.:D

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.