Menu
/
Assalamualaikum



Hari ini saya mau berbagi tip bagaimana proses kreative menulis buku Anak. Sebelumnya saya pernah menulis cerpen Gugu dan Salam Persahabatan yang terpilih menjadi pemenang lomba cerpen anak. Kemudian saya menulis buku "Panglima Tangguh" Kisah peperangan heroik Rosulullah SAW diterbitkan oleh penerbit Sygma tahun 2015 lalu. Sekarang yang terbaru dan sudah beredar di toko-toko buku pada bulan april 2016 yaitu buku anak yang berjudul buku "Keren!! Cerita Seru dan Fakta Unik Tentang Burung" penerbit Visi Mandiri. Harga Rp. 45.000,- bisa juga pesan di saya penulisnya atau di tokofamily.com

Cerita anak Rumah kuman juga adalah salah satu cerita anak yang saya tulis di portal serusetiapsaat. Ilustrasi bukan saya yang buat. Saya hanya  menyumbang ide dan naskah cerita saja.


Tips dari saya untuk menulis cerita anak, ini juga dapat dari briefing ketika ada pesanan menulis buku paket anak. Menulis buku anak bisa dengan dua genre yaitu fiksi dan nonfiksi. Dimana keduanya memiliki syarat yang sudah pasti mengikuti dunia anak-anak. 

Tips Menulis Buku Anak

  • Kalimat pendek, sekitar 6-10 kata.
  • Bahasa yang digunakan mudah dimengerti, bahasa anak-anak.
  • Ada unsur mengajarkan kebaikan, mendidik lewat cerita
  • Jika menulis buku pelajaran sumber buku harus jelas.
  • Ketika menulis buku fiksi maka diksi yang dipilih adalah yang mudah dimengerti anak-anak.

Menulis buku anak bisa dikatakan memiliki tantangan tersendiri. Agar bisa menuliskan dengan bahasa yang menarik dan mudah dipahami anak adalah dengan banyak belajar dari dunia anak, membaca buku anak, serta menempatkan kembali masa-masa menjadi anak sehingga dalam menulis akan menjadi mudah. Tentunya penulis juga menyukai dunia anak-anak. 

Salam 


18 comments:

  1. ernaa...kamu keren banget.. cup ya atu bukunya buat boyz. jangan lupa ttd-nya :D

    ReplyDelete
  2. Terima kasih tips nya mbak Erna, berguna sekali siapa tahu saya bisa nulis cerita anak juga hehe

    ReplyDelete
  3. Makasih tips-nya, bisa saya terapkan nanti kalau buat buku anak.

    ReplyDelete
  4. Poin nomor 3 ini, mencari unsur2 yang mudah dipahami anak2 lumayan menantang juga

    ReplyDelete
  5. masyaAllah, tipsnya Ok sangat.
    semmoga terus berkarya, jangan sampai informasi2 di dunia anak dipenuhi informasi2 yang negatif seperti yang terjadi di soal2 UN :)

    ReplyDelete
  6. Emang bener2 Mbak Erna produktif banget deh. Masih inget kemarin cerita kalo demen banget nulis sampe pas nyuci aja pengen nulis :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hohoho iya emang demen nulis. ayo semangat nulis :)

      Delete
  7. Hmm muantappp mbak tipsnya akan saya coba deh.

    ReplyDelete
  8. Ini tantangan bagi saya karena belum menulis buku anak.Terima kasih tipnya uang bermanfaat.
    Salam hangat dari Jombang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sungkem pak De, semoga lancar menulis buku anak :)

      Delete
  9. wah keren mba :D makasih sudah mau berbagi ilmunya :D

    ReplyDelete

Powered by Blogger.