-->
Menu
/
Halo Writers

Menjadi penulis itu sebenarnya mudah. Asal niat untuk tetap fokus menulis harus dijaga dan dipelihara. Soal teknis dan jurus kepenulisan bisa belajar sambil berjalan. Untuk kamu yang lagi bingung dengan istilah mind map, ide dan outline seperti resep minum obat 1x3 aja ya, kita simak bersama penjelasan singkat dari saya :


Ide dalam tulisan

Ide adalah satu hal yang kita temukan dan ingin kita bahas dalam tulisan yang ingin kita kembangkan. Misal kita dapat ide yaitu kata "JOMBLO" maka kita ingin ide kita ini menjadi unik dan ingin kita kembangkan menjadi tulisan. Maka lahirlah judul "JOMBLO SUKSES DUNIA AKHIRAT" inilah ide yang akan kita luaskan lagi sub-sub ideanya. 

Mind Map

Mind map atau peta, atau rute tulisan atau juga poin-poin penting dalam menulis. Jadi kita buat coretan penting, seperti membuat stasiun tulisan buatlah detail dan semakin bercabang semakin kita mengerti jalur penulisan yang akan kita buat.

Mind Map

Outline

Outline adalah kerangka tulisan, atau mind mapping yang telah tersusun rapi dalam tabel, atau daftar isi yang sudah ada penjelaannya per bab dan sub bab. Jadi outline ini membuat kerangka tulisan semakin rapi dan kita bisa menulis step by step sesuai tabel yang dibuat atau juga dari bab per bab. 

Outline


Semoga penjelasan inimembantu kamu yang sedang berjuang menyelesaikan tulisan naskahmu. Semangat dan sukses jadi penulis!

4 komentar:

  1. Wahh makasii kaa😍💜💜😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama :) terima kasih sudah berkunjung.

      Hapus
  2. Boleh tanya gak teh.. Seberapa penting kah mind map dan outline itu?
    Soalnya kalau saya nulis ya nulis aja, kalau pake outline jatuhnya jadi gak selesai selesai. Makanya saya nulis ngalir aja tanpa mind map atau outline.

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.