Menu
/


Inna Riana Si Emak Riweuh Yang Ternak Banyak Blog. Pasti pada gak percaya ya, satu blog aja gak keurus apalagi banyak. Nah, kali ini saya ingin memperkenalkan kakak blogger yang sudah saya anggap sebagai kakak sendiri, Yaitu Mba Inna Riana (Saya memanggilnya Mba Inna). Sejak awal pertemuan pertama di Hotel Salak Bogor, saya begitu nyaman dengan sosoknya yang ramah dan baik sekali. Bukan kepribadiannya saja yang selalu ramah terhadap semua orang yang patut ditiru, namun keuletannya dan semangat merawat blognya dapat dijadikan inspirasi para blogger. Yuk simak lebih lanjut emak riweuh yang menginspirasi dan cara beternak blog.


Inna Rianna alias Mba Inna ini sebentar lagi mau ulang tahun pada tanggal 30 Juli (Selamat Ulang tahun Mba Inna, semoga sehat selalu dan sukses menyertai, aamiin). Mba inna merupakan anak kedua dari tiga bersaudara. Mba Inna lulusan FISIP UNPAD Bandung, yang pernah bekerja di bank swasta asing di Jakarta. Setelah menikah Mba Inna ikut kemanapun suaminya pergi dinas. Pernah tinggal di kota Semarang, Solo, Banjarmasin, Denpasar, Palangkaraya, dan Makassar. Menurut Mba Inna, ia pernah 10 kali pindah dalam waktu 11 tahun. Kebayangkan, riweuhnya setiap tahun pindahan, bukan antar kota saja bahkan sudah antar pulau. Mungkin ini juga kali ya, yang melatarbelakangi kehidupan emak riweuh. Oh iya mba Inna ini berdarah sunda dan jawa, jadi sudah tahu lah artinya riweuh yaitu ribet/repot. Nanti kita bahas kenapa pakai emak riweuh untuk salah satu blog TLD nya ya.

Oh iya, Mba Inna ini memiliki tiga orang anak laki-laki (3 Boyz) diantaranya, Aa Dilshad (13,5 tahun), Kaka Rasyad (9 tahun), dan Dede Irsyad (6 tahun). Kesehariannya tentu merawat ketiga putranya ini. Bukan emak riweuh namanya jika cuma itu saja, ternyata mba Inna juga memiliki toko obat Trisyad. Mba Inna juga jualan aksesoris homemade via facebook dan twitter.  Ada juga yang di jual dengan cara menitipkan tetangganya yang punya toko busana muslim. 

Kesibukannya yang lain yaitu beternak blog dan merawatnya dengan konsisten. Mba Inna memiliki 7 blog diantaranya :


1. Blog Emak Riweuh. Dengan Tagline : A Happy Hectic Mom

Blog Emak Riweuh ini menuliskan segala sesuatu yang berhubungan dengan keluarga dan keriwehannya. Namun, daripada ga produktif dan jerit-jerit di sosmed, Mba Inna menuliskannya di blog agar dapat berbagi cerita dan memberi semangat kepada emak-emak yang sekiranya bernasib sama. Mau lebih detail lagi kita lihat penuturan langsung dari Mba Inna
Sedikit cerita tentang blog Emak Riweuh. Situasi rumah dengan anak-anak yang masih kecil, jauh dari keluarga, dan kerap tanpa asisten rumah tangga membuat keseharian kami selalu riweuh, alias repot. Meski riweuh, saya menyempatkan diri menulis semua cerita di rantau dan tempat wisata yang kami kunjungi. Iyes, menulis blog sembari riweuh. Jadilah nama “Emak Riweuh” untuk blog dan akun Twitter saya. Oia, dulu saya aktif di Twitter lho, dan selalu update keriweuhan saya sehari2. Dijamin yang baca ikut merasakan apa yang saya rasakan, hehe. Sebenarnya, nama emak riweuh itu universal karena memang semua emak pasti riweuh bukan? Every mother is emak riweuh, menurut saya. Kebetulan, saya merasa nama itu cucok untuk mewakili kondisi saya yang always eungaph nguber2 3boyz saat itu. Tapi jika nama emak riweuh menjadi branding buat saya, yaa itu saya terima dengan senang hati. tutur Mba Inna alias si Emak Riweuh

Nah sudah tahu kan, asal nama emak riweuh. Semoga emak riweuh menjadi inspirasi bagi emak-emak bahwa dalam keadaan riweuh sekalipun bisa produktif dan bermanfaat. Silahkan yang mau mampir dan mencari inspirasi di www.emakriweuh.com

2. Blog Inna Riana. Tagline nya : Cerita Emak Riweuh

Mungkin di blog ini lebih ke personal Mba Inna Riana, sebagai seorang wanita, istri, ibu dari anak-anak. Lebih bercerita curhatan dan menceritakan beberapa teman sesama blogger dan juga untuk ajang kompetisi lomba. 

Silahkan juga yang ingin mampir di blog www.innariana.com


3. Blog Dapur Ngebut. Tagline : Masak Cepat dalam Waktu Singkat.

Di blog khusus resep dan kuliner dan sesekali tentang review tempat makan atau resto, namun kebanyakan tentang resep masakan mba Inna sendiri yang disajikan dengan cepat dan dapat dimasak dengan mudah. Saya juga sering ngintip aneka resep di blog dapur ngebut ini, resepnya simple dan praktis, bisa saya praktekkan dengan cepat. 


Silahkan yang mau mampir di blog dapur ngebut temukan resep-resep praktis dan super cepat, di www.dapurngebut.com

4. Blog Inas-craf

www.inas-craft.blogspot.com tentang aksesoris handmade dan tutorial cara membuatnya. Rencananya, saya ingin membuat online store khusus dari blog ini. 

5. Blog Kompasiana 

 www.kompasiana.com/innariana. Awalnya mau dijadikan tempat menampung ide tulisan fiksi, namun sayang agak berlapis dalam verifikasi.

6. Blog Detik 

 http://innariana.blogdetik.com. sempat aktif menulis, memang awal dibuat untuk ikutan lomba dan ikut posting artikel lainnya, cuma tidak terbiasa dengan platform yang digunakan.

7. Blog rahasia

Blog rahasia ini memang di gembok oleh mba Inna, blog curhatan yang enggan dipublikasikan. 

Saya telah membahas ke 7 blog yang dimiliki Mba Inna ini, ternyata Mba ini pun tak segan berguru kepada Mba Ani Berta untuk mengelola blognya yang banyak. Bagaimana strategi mengatur postingan blog agar tetap konsisten. Teh Ani memberikan tips sebagai berikut:
  1. Buat jadwal rutin dan berkala.
  2. Breakdown tema (sudah dijelaskan sebelumnya).
  3. Manfaatkan waktu luang untuk membuat draft.
  4. Tangkap momen berharga di mana pun.
  5. Berpikir kritis, kreatif, dan mampu membuat opini yang inovatif.
  6. Bertanggung jawab.
Selain itu Mba Inna pun membuat jadwal tertulis alias bikin Weekly Calender untuk postingan di blog. Menurut Mba Inna weekly Calender jadwal ngeblognya ia cari di google dan mencari yang dapat diunduh gratis, kemudian ia print. 



Apa saja yang Mba Inna tulis di blogpost weekly calendar:
  1. Rencana tema yang akan diposting setiap minggu.
  2. Pengingat deadline tulisan lomba, giveaway, atau job review.
  3. Rencana tema untuk minggu depan.
  4. Ide tulisan yang kebetulan lewat (ditulis biar nggak lupa).
  5. Setelah posting, tulis judul postingan pada kolom tanggal tayangnya (jadi tahu kapan terakhir kali posting untuk setiap blog).
  6. Buat chek list apakah postingan baru tersebut sudah dishare di media sosial atau belum.
  7. Pakai pulpen berwarna-warni biar kelihatan ceria dan centil.

Selain ternak blog, Mba Inna juga punya prestasi lainnya yaitu memenangkan beberapa lomba blog dan photografi. Keren sekali ya Mba Inna ini, dan inilah prestasinya : 
  • April 2015: Juara dua kontes foto Smartphonegraphy (via Twitter). Mendapat hadiah menginap gratis di Hotel Padjadjaran Suite and Resort, serta voucher diskon Jungle, Jungle Land, dan Jungle Fest 
  • Februari 2016 : Juara kedua dari Morinaga Chil-Go! Writing Competition
  • Maret 2016: salah satu dari tiga pemenang kontes foto dari Mariza Foods (via Instagram). Mendapat hadiah satu set alat masak merk Maxim dan produk Mariza foods. 


Mau lebih dekat agar bisa ternak blog dan konsisten seperti Mba Inna, kontak saja Mba Inna di sosial medianya, add dan follow ya di :
Facebook: Inna Riana 
Twitter: @EmakRiweuh
Instagram: @innariana
Email: helloinnariana@gmail.com 


Salam Menginspirasi 

16 comments

waaaa erna adikku tersayaanggg aku jadi tersanjung... blogpostnya jadi kado manis buat aku. makasih makasih *kecupbasah*

Reply

sama-sama Mba Inna love you too..

Reply

Mbak Inna keren. Ngatur waktunya bisa gitu untuk blog-blognya.

Reply

Mbak Inna keren. Ngatur waktunya bisa gitu untuk blog-blognya.

Reply

Waaaaah kereeeeen bangeeeet bisa ternak blog, aku satu ajah masih jadi ababil hihihi

Reply

WWaaaahh punya blog rahasia pulaaaa.
Aku yg sering baca tiga blog teratas yang disebut.
Kepikiran juga buat menjadwalkan waktu ngeblog kyk Mbak Inna, inspiring. TFS yaaa :D

Reply

Mbak Inna emang pribadi yg menyenangkan pas kesan pertama juga :) Ternak blognya juga konsisten ngurus yahhh, aku padamu deh mbak :)

Reply

Wow...tujuh blog? Saluuut, deh! Yang saya tahu, hanya tiga blog kepunyaan Mak Riweuh, eh..ternyata punya 7 blog ya..? Keren, cara ngatur jadwalnya (y)

Reply

mbak inaaaa, karena dia akhirnya aku ternak blog

Reply

setuju keren banget

Reply

Nah, ini kudu diikutin kak pita yaaa :)

Reply

iyesss inspiring bgt

Reply

huum mantap nian

Reply

iyes kak evrinaspdotcom dan evventuredotcom keren tambah lagi ya kak :)

Reply

Uuuss. Blognya banyak juga. Tipsnya bisa ditiru nih

Reply

Sepertinya untuk contoh atur jadwal khusus blognya kudu saya tiru nih. Baru beberapa blog aja saya udah kewilihin eh kewalahan hehe.

Reply