Menu
/


Tidak sedikit orang yang mengalami nyeri punggung, karena sakit punggung tidak mengenal usia dan bisa dialami oleh semua orang. Baik pria maupun wanita bisa terserang penyakit nyeri punggung sehingga membuat aktivitas harian menjadi tersendat. 

Nyeri punggung dapat disebabkan oleh banyak faktor. Dalam beberapa kasus, nyeri punggung disebabkan oleh bentuk tubuh yang salah yang dapat mempengaruhi waktu Anda sambil duduk atau saat aktivitas. 


Oleh karena itu, ketika melakukan aktivitas berat harus berhati-hati karena tanpa disadari aktivitas sehari-hari yang dapat mengancam kesehatan tubuh. Dengan kasus nyeri punggung, selain menyebabkan rasa sakit di daerah belakang tubuh, postur dapat juga terganggu. Hal ini biasanya disebabkan oleh posisi tidur yang salah dan juga bisa disebabkan oleh duduk yang terlalu lama.


Berikut adalah beberapa penyebab nyeri punggung:

Cedera tulang struktural bisa menyebabkan nyeri punggung atas parah
Arthritis adalah penyebab utama dari nyeri bahu. Arthritis menyebabkan disfungsi sendi di tulang rusuk belakang dan punggung atas sehingga menyebabkan sakit sendi.
Umur juga dapat menyebabkan nyeri punggung. Hal ini disebabkan oleh degenerasi tulang leher akibat penuaan atau penyakit tulang dapat menyebabkan nyeri tulang belikat.


Itulah penyebab nyeri punggung yang perlu kita ketahui. Hati-hati dengan nyeri punggung tiba-tiba dan besar karena bisa menjadi tanda bahaya dari sakit punggung. Jika Anda mengalami sakit punggung yang parah perlu untuk mendapatkan perawatan yang lebih intensif. Untuk itu, sebelum menjadi efek yang berbahaya terhadap tubuh, kita dapat mencegah nyeri punggung tersebut.

Sebagai mombloggger yang kadang terkena deadline menulis, saya sering mengalami sakit punggung ketika lama duduk di depan komputer. Hal ini akan menjadikan aktivitas saya yang juga sebagai ibu rumah tangga yang bertugas mengurus urusan domestik dan mewarat anak-anak jadi sedikit terganggu. Bahkan untuk kembali ingin mengetik sebuah postingan di blog pun punggung terasa sakit, akhirnya pekerjaan saya tak terselesaikan.

Awalnya saya memilih duduk ini sebagai relaksasi saya setelaha beberes rumah. Dipadukan dengan menulis yang terkadang bisa 4 sampai 6 jam ketika anak-anak sudah terlelap tidur dimalam hari. Saya ingin menyelesaikan pekerjaan saya ketika anak tertidur lelap, namun ternyata malah ada resiko dibalik duduk yang terlalu lama.

Resiko Duduk Terlalu Lama


Ternyata sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh, karena pada posisi duduk tubuh statis dan tidak ada pergerakan sehingga memiliki efek buruk.

  • Dapat menyebabkan serangan jantung
Kondisi duduk yang terlalu lama dapat menyebabkan jantung tidak bekerja secara normal. Hal ini memicu serangan jantung dan dapat menjadikan kematian mendadak. Waspadai kondisi serangan jantung ini dengan : cepat lelah dan jantung berdebar, keringat dingin dan dada terasa sakit. 

  • Gangguan pada tulang
Posisi duduk yang terlalu lama apalagi pada posisi yang tidak ergonomis membuat ganguan pada tulang belakang. Hal ini dapat menimbulkan tulang yang  tumbuh tidak normal, membuat postur tubuh yang tidak normal dan bungkuk.
  • Menyebabkan keletihan yang berlebihan
Duduk terlalu lama menyebabkan keletiha yang berlebihan. Hal ini disebabkan tubuhbergerak secaramonoton dan tidak bervariasi. 
  • Penyebab Obesitas, kolesterol, diabetes dan kanker
Akibat duduk terlalu lama membuat yaitu obesitas karena proses metabolisme dalam tubuh tidak optimal. Sehingga pembakaran lemak terganggu dan menyebabkan obesitas. Bukan hanya obesitas saja penyakit lain yang akan menghinggapi yaitu kolesterol dan diabetes bahkan kanker.
  • Otot tubuh terasa kaku dan pegal
Ketika duduk terlalu lama tubuh akan terasa kaku dan pegal dikarenakan otot-otot tidak bergerak variasi dan hanya monoton. 

  • Kesemutan
Hal yang sering terjadi apabila duduk terlalu lama dan dalam posisi yang tidak benar adalah kesemutan juga mati rasa. Terutama dibagian kaki sering mengalami kesemutan. 
  • Kebosanan dan Depresi
Hal yang membuat jenuh karena duduk terlalu lama membuat seseorang menjadi rentang depresi. Gerakan statis dan monoton membuat kebosanan melanda.

Untuk menghindari gejala-gejala yang timbul dari duduk terlalu lama maka biasakan duduk dengan posisi yang benar dan ergonomis juga bisa menyiasati dengan menggunakan kursi yang nyaman. Agar tidak banyak beban yang ditahan ketika posisi duduk.

Cara mengatasi nyeri secara alami yaitu dengan cara :

  • Banyak mengkonsumsi air putih. Hal ini untuk melancarkan metabolisme tubuh.
  • Kendurkan otot secara berkala, ketika sedang mengetik atau duduk terlalu lama dapat diselingi dengan gerakan yang berpindah, agar otot tidak bergerak statis.
  • Lakukan peregangan minimal setiap 30 menit. Bisa dengan melakukan senam dasar seperti memutar kepala, tangan, dan pundak. Bisa juga berjalan di area ruangan.


Salah satu cara untuk mencegah nyeri punggung adalah dengan mengonsumsi suplemen kesehatan. Banyak suplemen kesehatan yang dapat membantu mencegah nyeri punggung dan salah satunya ialah H2 SUPERBA KRILL OIL.



H2 SUPERBA KRILL OIL merupakan suplemen kesehatan menyeluruh (hollistic wellness) yang terutama berguna untuk meningkatkan kesehatan persendian dan meningkatkan kesehatan jantung karena mengandung 100% Pure Superba Krill Oil  500 mg, Total Omega-3 110 mg, EPA 60 mg, DHA 28 mg.



Untuk lebih jelas mengenai H2 SUPERBA KRILL OIL cek di sini :http://www.kalbestore.com/Product/Varian/h2-health-and-happiness-Superba-Krill-Oil



27 comments

Harus dibaca dengan baik nih, karena saya termasuk yang sering merasakan nyeri punggung

Reply

Partner saya malah sampai di operasi, pemasangan tulang implan, gara2 cedera :( Ternyata sering diabaikan ya nyeri punggung ini

Reply

Saya kalau ngetiknya dengan duduk di lantai dan posisi laptop juga di lantai habis itu pasti nyeri panggung mba.

Reply

Nice info Mak :) Saya kerja di depan komputer seharian jadi terlalu lama duduk.

Reply

wadoohhh..aku sering juga maak nyeri punggung,
waspada..waspada, biasanya ya perbanyak minum air putih aja

Reply

superba krill oil.. perlu dicoba nih..

Reply

wah bisa juga karna tiap hari memandangi pc kantor ya

Reply

Nah ini yang sering dialami banyak orang yg duduk lama di depan PC. Aku sih berusaha membatasi diri di depan laptop. Sejam paling lama 2 jam, abis itu harus bergerak. Aku nggak mau kena nyeri punggung, efek nya ngeri sih, sampai kena jantung juga. Temen kerjaku mengalami itu mbak.

Reply

Aku juga pernah nyeri punggung..taunya stlh di cek. Skoliosis ๐Ÿ˜…

Reply

Aku juga pernah nyeri punggung..taunya stlh di cek. Skoliosis ๐Ÿ˜…

Reply

Keren.. udah jadi ajah reviewnya.. aku.mah apa atuh, deadliner sejati... hehee

Reply

duh udah mulai ada gejala >.<

Reply

Iya sama mba Tian, me too. semoga hilang rasa nyerinya ya dengan pola hidup sehat. terima kasih atas kunjungannya ya mba Tian

Reply

Turut sedih mendengar partnernya mba Ipeh Alena. Semoga diberi kesembuhan ya, Amin, Terima kasih sudah mampir ya mba

Reply

Mungkin bisa cari solusi dengan mengetik di meja belajar. Makasi kunjungannya ya mba :)

Reply

sama saya juga dulu waktu masih kerja duduk trs, sampai makan minum juga diruang kerja kalau banyak kerjaan yg deadline.

Reply

iya teh nchi, air putih juga bikin sehat dan cantik, secantik teh nchi hani yang putih bersih. :)

Reply

yup,makasi mba Nova kunjungannya :)

Reply

iya benar mba laily. buat gerak ol otot saja mba biar rilex.

Reply

iya saya juga sejam dua jam diusahakan bergerak mba. Semoga teman mba hidayah sehat dan nyeri nya hilang ya.

Reply

Semoga mba Mutia diberi kesehatan selalu ya mba, amin.

Reply

pengalaman pribadi sih mba sering nyeri punggung.

Reply

wah harus dirubah kebiasaan lama dan penyebab sakitnya mba. semoga diberi kesehatan terus ya mba

Reply

bumil, kayak saya ni sering mengalaminya

Reply

Aku termasuk yg sering nyeri punggung nih. Katanya sih disuruh ganti kasur

Reply

iya mba saya juga termasuk yang suka sakit punggung

Reply

benar banget, setiap hamil tua bawaannya punggung pegal2 ya mba:)

Reply