-->
Menu
/

HPL telah lewat? 
Semua saudaraku banyak yang bertanya-tanya kapan aku lahiran, begitu juga dengan ibuku, mertuaku, dan orang-orang yang menyayangiku. Sms, telepon, whatsapp, email, FB, aplikasi lainnya, semua bernada sama menanyakan kabar kapan aku melahirkan.

Aku yang sudah ada pengalaman melahirkan anak pertama, cuma bisa berdoa dan yakin akan ketetapan ALLAH yang telah jauh merencanakan kehidupan ini, toh bukan aku saja ibu hamil yang lewat HPL,bahkan ada yang hamil sampai 12 bulan lamanya (nama lainnya sering disebut hamil kebo, hehehe bukan aku yang kasih nama itu tapi sudah dari zaman dahulu). 



Ingin menerbitkan buku klik Yuk, terbitkan bukumu!



"Kita tunggu seminggu ya bu" kata dokter kandungan ketika aku check up pada hari H.
Akupun menjawab dengan anggukan kepala.
"Oiya, jika sudah lewat seminggu dan belum ada tanda-tanda ingin melahirkan, kita periksa lagi"
Akupun hanya menjawab anggukan kepala dan senyuman ketabahan.

Memoryku mulai mundur dua tahun lalu, ketika aku akan melahirkan anak pertamaku. Ya, HPL tanggal 15 april 2012, karena tidak ada tanda-tanda mules dan ingin melahirkan akupun menjalankan rutinitasku seperti biasanya, ya mahasiswi tingkat akhir yang sedang UAS, dan ngejar-ngejar dosen untuk menyelesaikam skripsiku. Walaupun teman-temanku dan dosenku semua jika melihatku masih beredar disekitar mereka semua merasa berdebar-debar, mereka pun sudah mengikrarkan bahwa mereka akan siaga ketika aku ada tanda-tanda mau melahirkan dikampus (Hohoho makasih ya teman-teman dan dosenku semua).


21 april 2012 

Aku pun tidak ikut ujian, dan SMS kepada sahabat karibku dan dosen yang sedang mengadakan ujian mata kuliahnya bahwa aku sudah dirumah sakit, izin tidak ke kampus dan akan   ikut ujian susulan. 
Ternyata teman-temanku semua lega, mereka tidak perlu keringat dingin lihat aku kadang-kadang suka kontraksi palsu. 
Akhirnya tepat dihari kartini, putra pertamaku lahir dengan selamat, dan aku bisa  lahiran secara normal (alhamdulillah, bisa kebut skripsi dan uas susulan).

Sekarang ditahun 2014 ini, dikehamilanku yang ketiga dan anak kedua (bingungkan, iya,hamil pertama aku keguguran, berdoa untuk anakku disyurga, semoga kita bisa berkumpul lagi disana ya nak). Jadi anak pertamaku yang lahir selamat itu hamil keduaku, sekarang usianya dua setengah tahun. Sekarang hamil ketigaku dan akan lahir anak keduaku yang seharusnya (HPL) tanggal 20 oktober 2014 tidak ada tanda-tanda akan lahir. Apakah akan sama dengan kakaknya, lewat sehari atau seminggu?


28 Oktober 2014


Ternyata tanggal 28 OKTOBER 2014 putra keduaku lahir. Tepatnya hari sumpah pemuda. Sampai-sampai keluargaku bilang, diih kamu hamil ngitung tanggal dulu ya, kok bisa pas banget ada momentnya. Ada juga yang mengatakan aku lahiran cesar, secara bisa request tanggal cantik gitu. Bukan seperti itu, semua memang sudah ALLAH yang takdirkan.

Anak keduaku lahir secara normal, dengan BB 3,7 kg, panjang 49 cm. Dan kontraksi sejak subuh, tapi aku cuek bebek di rumah, masih santai mandi, makan, dan beberes rumah. Lalu memandikan anakku, nyuapin anakku makan, sampai mulesnya ga nahan. Ternyata sudah ada bukaan. Dan lahiran pun lancar jaya.


Tips dariku ketika menjelang HPL lahir, atau belum, maka : 
1. Berdoa kepada ALLAH 
2. Minta doanya orangtua
3. Tetap periksa ke dokter
4. Pantau gerakan bayi, aktifkah atau diam saja? 
5. Makan-makanan yang sehat dan bersih, jaga kesehatan 
6. Jangan begadang 
7. Olahraga ringan atau senam hamil setelah bangun tidur seperti kaki sila lalu tarik napas, dan hembuskan. Lakukan 8-10 kali, setiap hari yaa. 
8. Jangan banyak pikiran apalagi stress. 
9. Sudah siapkan tas keperluan ketika akan melahirkan.
10. Sambut kehadiran bayi dengan perasaan bahagia.

Alhamdulillah, beribu syukur kepada ALLAH yang telah memberikan amanahnya kepada keluarga kecil kami. Semoga kami bisa mendidiknya menjadi anak sholeh dan bermanfaat untuk dunia akhirat. Kami pun berdoa dalam perjalanan panjang menjadi orangtua kami tidak lupa untuk terus bersyukur, menambah ketaatan kami kepada-Nya, bersabar dalam setiap fase tumbuh kembang anak. 
Semoga yang ingin seperti kami mendengar dua tangis malaikat kecil, disegerakan, kalaupun sudah beranak pinak sebagai orangtua kita dapat mendidiknya menjadi generasi insani, sholeh dan solehah. Amiin.


HPL lewat dua minggu , anak ketiga dan inilah kisahku


2016, ternyata Allah SWT memberikan kepercayaan kembali pada keluarga kami, yaitu aku hamil ke 4 dan akan lahir anak ketiga kami. Memang hamil ini pun sama dengan kehamilan lalu, bahwa tidak ada rencana menambah momongan. Apalagi aku masih ibu ASI, waktu itu cukuplah memiliki duo anak sholeh super aktif yang tiap hari energynya selalu full.

Periksa setelah dua bulan tidak haid dan badan rasanya tidak karuan. Sejak bulan puasa hingga lebaran badanku selalu lemas apalagi setelah memberikan ASI anak keduaku. Tadinya mau ke dokter, namun suami sudah hapal karena aku jarang banget sakit jadi inisiatif suami langsung ke apotik dan membeli testpack. Benar saja ternyata garis dua.

Lalu, ada rasa senang (karena kehadiran bayi harus disambut bahagia), sedih (karena harus segera stop ASI anak keduaku), khawatir (karena hitungan haid ada yg mengkhawatirkan). Ya, haidku pertama yaitu sekitar tanggal 27 mei 2016 selesai sekitar 3 Juni 2016. Tanggal 6 Juni sudah mulai ikut melaksanakan puasa ramadhan. Namun pada tanggal 15-16 Juni keluar darah segar selama 2 hari, entah masuknya haid atau pendarahan karena kelelahan puasa, ASI dan hamil (tetapi tidak tahu hamil). Karena dianggap haid (waktu itu nggak kepikiran hamil)  jadi aku pun beranggapan haid. inilah yang membuat HPL jadinya rancu.

Periksa di beberapa bidan lebih dari 4 tempat, semua sepakat dihitung pada bulan mei ketika haid terakhir maka jatuh HPL pada tanggal 5 Maret 2017. Yang dua hari pendarahan disebut kelelahan.

Ada satu tempat periksa, berdasarkan hasil USG bilangnya berbeda, maka HPL jatuhnya April, duh jauh sekali kan. Bikin degdeg an.

Tetapi USG ditempat lain, jatuhnya pada tanggal 5 Maret. Fixed, aku pun percayakan lahiran sekitaran Maret.

Ternyata, 5 Maret belum ada tanda-tanda bukaan. Mules sudah dirasakan, namun selalu hilang lagi. Ada yang bilang, anak ketiga itu lama, mendeking (bahasa jawa, nggak tahu artinya apa, katanya sih setiap bilangan ganjil memang sulit). Aku hanya bisa banyak berdoa.

USG ketika sudah lewat HPL seminggu. Pemeriksaan dokter kandungan, air ketuban masih bagus, tidak keruh dan cukup airnya. Plasenta masih oke, tidak rapuh. Berat bayi ditaksir 4 kg (posisi kepala di bawah dan kata dokter bisa lahiran normal karena riwayat anakku lahir dengan BB yang sekitaran 3-4 kg). Jenis kelamin, dari awal USG hingga HPL lewat tetap jenis kelamin tidak kelihatan. Jadi kehamilan ini selain tidak direncanakan juga tidak tahu mau launching baby apa. Walau keluarga banyak yang tanya dan penasaran dengan jenis kelamin anak ketiga. Bahkan ada yang bilang bahwa aku sembunyikan jenis kelamin anak, karena malu mau melahirkan anak ketiga dan laki-laki juga anaknya. Duh, sedih hatiku, bagi seorang ibu yang tahu perjuangan melahirkan, mau jenis kelamin laki-laki atau perempuan, tetap anaknya dan tetap disayang.

HPL sudah mau dua mingguan, kalau di rumah sakit sudah pasti harus segera operasi ceasar. Beruntung sudah memilih tempat lahiran di bidan yang sangat pengertian, sabar dan juga bagai sahabat yang menenangkan. Ya, Bidan Fitri ini selain seorang bidan juga bisa bekam juga lho. Waktu aku telat HPL seminggu, aku pun di bekam oleh bidan Fitri. Memang setelah bekam badanku jadi ringan, enak sekali, dan perut juga sering kontraksi walau hilang timbul. Namanya juga ikhtiar. Nanti aku tulis ya pengalaman bekam saat hamil, ini juga bekam pertamaku.

HPL yang lewatnya sudah mau dua mingguan, bikin hati deg-deg an. Setiap periksa bidan Fitri selalu menguatkan. Bahwa nanti juga akan datang waktunya kalau mau lahiran, insyaAllah lahiran. Aku jadi ingat waktu menulis buku kehamilan (naskah pesanan atau goshwriter dari kisah seorang bidan yang berpengalaman 20 tahun) dari bidan hingga akhirnya punya rumah sakit, beliau selalu menegaskan bahwa proses persalinan itu alami, semua waktunya sudah Allah tentukan. Jangan minta didahulukan lahir dengan minum obat/suntikan kontraksi, apalagi minta operasi ceasar. Semua alami, ibu-ibu di pedalaman hutan saja lahiran di pinggir sungai dan langsung potong sendiri tali pusar bayinya. Duh, kalau dengar ceritanya bisa merinding. Tetapi kata alami inilah yang terekam pada benakku, bahwa persalinan itu alami, lahir diwaktu yang telah menjadi ketetapanNya. Ini pula yang membuatku tenang.

Namun, bukan berarti nunggu lahiran dengan duduk santai. Tetapi selalu rajin periksakan kehamilan, tenangkan pikiran dan banyak berdoa, rasakan gerakan bayi masih aktifkah, serta jaga kesehatan.

HPL yang lewat ini, membuat ku terus berusaha tenang walau sudah banyak yang menanyakan kapan lahiran. Inilah yang tiap hari aku lakukan :

  1. Olahraga pagi, jalan kaki yang lumayan cukup jauh, sampai berasa kepala bayi sudah menekan-nekan kebawah. Kalau malas olahraga pagi bisa pakai cara alternatif yaitu jalan-jalan ke mall. Biasanya kan tak terasa sudah mengitari banyak stage.
  2. Jaga pola makan, konsumsi makanan yang bergizi
  3. Istirahat yang cukup dan hindari stress
  4. Minum minyak Zaitun/ minyak kleutik sehari sesendok
  5. Ngemilin kurma (menurut bidan Fitri Kurma dapat merangsang kontraksi)
  6. Banyak sujud, berdoa, sholat tahajud dan qobliah subuh, dzikir.
  7. Baca doa ini





Robbi Yassir, Walaa tu'assyir
Fainna Taisir, kulli 'asiir, 'alaika yasiir. 
Allahumma tammim Bil khoir.
Birohmatika yaa arrhamar Rohiimin. 


Alhamdulillah anak ketigaku lahir normal, diusia kandungan 41 minggu. Seorang bayi perempuan yang cantik. Pertengahan Maret yang indah dan tak terlupakan.

Semoga ibu-ibu yang HPL nya telah lewat, dapat bersabar menanti buah hati tersayang. Dapat melahirkan normal dan juga ibu bayi sehat dan selamat.





Ingin menerbitkan buku klik Yuk, terbitkan bukumu!

Salam Inspirasi


85 komentar:

  1. Klo mbakku sblm hpl... pasti rasanya dag-digdug y mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya Jiah, deg-deg an, tetapi yakin Allah sudah punya Ketetapan

      Hapus
    2. Mbak bagaimana supaya pikiran tenang dan tidak stress

      Hapus
    3. Banyak-banyak berdoa Mba, dan pasrah pada Allah.

      Hapus
  2. Mantep banget kisahnya...si ibu yang kuat dan tabah. Keep spirit mba

    BalasHapus
  3. Istriku jg blm lahiran mbak, mulai was2 juga sih, tp ya mudah2an dilancarkn aja. Amin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amiin,iya mas. Semangatin terus istrinya, jika waktunya lahir akan lahir dede bayinya, yang penting terus ikhtiar.

      Hapus
  4. Sangat inspiratif bgt mba.. jd tambah semangat saat ini. Krn kehamilan pertama qu ini jg sdh lwt dri hpl 2 harian.. smg Allah bs melancarkan perjuangan qu utk persalinan normal. Aamiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. amiin, semoga lancar ya Mas dan istrinya. Dede sehat dan ibu selamat.

      Hapus
  5. alhamdulillah..bisa cukup nenangin saya udah h+3 blm ad tanda mau melahirkan

    BalasHapus
  6. Ini sayaa jga lagi ngalamin mbak, hamil anak pertama juga. Hpl saya 6 juni 2017 ini. Smpe skrg blm ada mules2 padahal kepala bayinya udh dibawah banget. Kontraksi jga kadang2 itu jga cma sebntr atau kata org mah kontraksi palsu.
    Ortu, mertua, saudara2 saya,teman2, tetangga juga pda nanya. "Kok belum lahir juga," agak nyess gitu denger nya. Saya bilng kloo udh waktunya jga keluar, babynya juga masih aktif dan lincah didlam perut.
    Terima kasih mbak ceritanya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama, semoga lahirannya lancar ya mba,dipermudah. Ibu bayi selamat dan sehat.

      Hapus
  7. jdi pnyemangat ni kbetulan lg hamil ank keda udh lwat hpl 6hari...huhu

    BalasHapus
  8. Makasih ya mbak, Uda berbagi pengalaman�� ini aku hpl 03/10/2017 kata orang bisa maju mundur dan sampai saat ini si adek aktif" aja di dalem perut, ngalamin kontraksi palsu, suka deg"an dan gk sabar pengen ketemu si adek�� suka risih juga kalau di tanya orang" kapan lahiran , ya aku jawab semua Allah yg ngatur jd kalau Uda waktunya pasti akan lahir ����

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama, semoga lahirannya selamat dan lancar ya mba

      Hapus
  9. Hr ini HPL ku, 27 11 2017, debay msh betah di dlm, heehehe, ini adl kehamilan ke 5 ku bund (byk ya untuk ukuran org jaman now) tp nm nya rejeki, xiixxii.. ada rs khawatir bgm pun seorang ibu yg sdh pernah melahirkan terekam smua dg jls sprt msh kmrn gmn pejuangan dn rs sakitnya, kadang pngen ambil OC sj walau 4 kehamilan sblm nya normal semua, deg deg an, trauma dll nya, cmn b istighfar dn berdoa semoga debay dn mamanya sehat walafiat, aamiin
    mohon doanya bunda2 spyn debay bs lahir dlm waktu dekat, aamiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah ke lima ya bun, subhanallahu. Semoga yang terbaik dan dilancarkan ya bunda.

      Hapus
  10. Mba mw nanya dong, waktu hamil bekamnya dibagian tubuh mana sj mba? bolehkah membekam baguan kaki sendiri cz kulit kaki (tungkai/betis) agak sering gatal,,, kalau kelamaan duduk kerja biasanya bengkak tp kalo istrahat biasanya normal kembali

    BalasHapus
    Balasan
    1. bekam di punggung atas bagian tengah, terus pinggang kiri kanan, kalau di gambar jadi mirip segitiga sama kaki.

      Kalau saraf kaki belum tahu mba, karena banyak syaraf ke yg lainnya.

      Tapi pengalaman saya kerja dulu, duduk jangan terlalu lama, kaki jangan menggantung di kursi (sediakan pijakan kecil / jengkok buat kaki berpijak), kalau masih bengkak sepulang kerja di pijit sama pak suami pegal2nya, atau rendam pakai air hangat dan garam.

      Untuk makanan selama hamil kurangi mecin/penyedap rasa juga, ini bikin kaki bengkak. garam juga kurangi sedikit.

      Hapus
  11. Malah nangis saya bacanya mba,terharu..saya HPL tanggal 11 januari 2018..tinggal tunggu hari aja,tapi blm ada tanda" mau melahirkan,was was ada juga...si debay masih betah n anteng aja dalam perut,setelah baca ini jadi agak tenang sedikit
    Makasih mba kisahnya menginspirasi bangey

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama Mba, semoga lahirannya lancar dan selamat ibu dan bayinya.

      Hapus
    2. udah telat 5hari dari hpl tapi tak kunjung lahiran jg pdhl tanda2 y udh sy rsakan sprt kontraksi plsu dan miss v nyeri pdhl si dde jg gerk y aktif.. pkiran campur aduk kadang mpe nangs strezs knp

      Hapus
  12. Huwaaa... sama bun... aku jg hpl hr ini sama sekali blm ada kontraksi.. alhamdulilah debaynya msh aktif nendang2 sampe kewalahan kebelet pipis terus.. khawatir deg2an pasti ya bun..moga2 diberi kemudahan dan kelancaran...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga lahirnnya lancar,sehat ibu dan anak, selamat juga lahirannya.

      Hapus
  13. Bun, aku juga hpl hr ini tp blm ada tanda2...lahaula ya bun serahkan semua sm Alloh SWT...usaha udah, doa selalu tinggal tawakalnya...ketetapan Alloh itu pasti...insyaallah jika semua sesuai kehendakNya pasti akan baik....aamiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amiin, iya bunda tunggu kontraksinya mulai sering, bukan kontraksi palsu. yang penting semua dalam keadaaan baik. Semoga lancar ya persalinannya.

      Hapus
  14. sama kaya aku bun hpl lewat dua minggu. lahir di minggu 42. itu hampir di cesar tp ga jadi. kalo ga salah induksi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah saya pun dahulu anak pertama mau operasi karena tak ada bukaan naik, Kuasa Allah didetik-detik terakhir malah naik dan alhamdulillah bisa lahiran lancar.

      Hapus
  15. Sy juga sedang hamil anak ketiga mbak,sudah masuk 39 minggu tp blm ada tanda tanda mau melahirkan.padahal anak sy yg sebelumnya selalu lahir sebelum hpl,tambah was was aja setiap hari apalagi klo dnger omongan orang katnya klo anak ketiga bukannya harusnya lebih cpet y?atau kok blm lahir" y?
    Jadi tambah kefikiran.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga lahirannya lancar ya Mba, ibu dan bayi sehat.

      Hapus
  16. Sy juga sedang hamil anak ketiga mbak,sudah masuk 39 minggu tp blm ada tanda tanda mau melahirkan.padahal anak sy yg sebelumnya selalu lahir sebelum hpl,tambah was was aja setiap hari apalagi klo dnger omongan orang katnya klo anak ketiga bukannya harusnya lebih cpet y?atau kok blm lahir" y?
    Jadi tambah kefikiran.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga lahirannya lancar ya ,ibu dan bayi sehat dan selamat. Amminn

      Hapus
  17. Q dh lwt hpl 5hr bun.. Tpi blm ada tnd2 mw lahiran debay y jg msh aktf didlm.. Khawatir itu pasti y bun.. Sedikit tenang baca kisahmu bun.. Smoga bs cpt lahiran n bs lahir normal yah bun.. Mohon doanya bund..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga lahirannya lancar ya ,ibu dan bayi sehat dan selamat. Amminn

      Hapus
  18. Wah bund, aq lagi ngerasain dah h+6 nih blom ada tanda2.. Pdhal 2hari lalu di cek udah mau bukaan 2, ntah knapa lama prosesnya ngga kaya anak pertama cuma hitungan jam langsung lahir..
    Besok kalo ngga ada tanda juga mau dikasih prangsang sama bidan, tpi aq maunya sih alami aja semaunya dedenya kapan keluar.. Jadi sedih sedih gimanaa gtu bund :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga lahirannya lancar ya ,ibu dan bayi sehat dan selamat. Amminn

      Hapus
  19. Inspiratip dan lumayan menenangkan.
    Saya HPL 15 Juli 2018, skrng udh lewat 4 hari.
    Yakin ketetapan Allah jauh lebih baik ya mba.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga lahirannya lancar ya ,ibu dan bayi sehat dan selamat. Aaamiin. Terima kasih sudah berkunjung.

      Hapus
  20. Menginspirasi bangat mba, saya udah lewat hpl satu hari, deg deg an awalnya takut kenapa kenapa, tapi baca ini jd sedikit lega. Saya enteng aja sih, soalnya baby nya masih aktif aja di dlm perut, daddy nya yang mulai kwatir, takut cairan ketuban nya kering. Tapi tetap percayakan sama yg diatas, klo sudah waktunya lahir pasti akan lahir. Ini anak pertama saya, jd rada kwatir suami mungkin karena baru ini pertama kali.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga lahirannya lancar ya ,ibu dan bayi sehat dan selamat. Aamminn

      Hapus
  21. Selamat Sis Ernawati Lilys, Semoga Sehat Selalu dan dalam Lindungan Allah SWT

    BalasHapus
  22. Hari ini hpl saya mba
    Tapi perut masih kenceng2 aja
    Belum ada tanda2 mau melahirkan
    Suamiku udah ga sabar
    Selalu aja nyuruh ini itu biar cepet lahir

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga proses lahirannya dimudahkan ya Mba, suaminya juga supportnya sabar dan menenangkan :)

      Hapus
  23. Sungguh sangat menginspirasi bunda,pengalaman bunda sama persis yang q alami.....kadang miris banget.. "waktu dtnya kok masih blom kluar2 bayinya...?" Semoga aja kehamilan yang k-3 yang ku jalani ini bisa lairan normal,mama sama dedek byinya sehat semua .. meskipun benak hati slalu Deg2'n krana udah 2 hari lewat hpl...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga lahirannya lancar ya, ibu dan bayi sehat dan selamat. Aamminn

      Hapus
  24. hari ini hpl saya belum ngerasain apa apa , masih anteng baby nya , dari jalan pagi udah , ngepel jongkok udah , kata nya harus hb sama suami, suami lagi di luar kota , sholat berdoa gak pernah putus , sebelum hpl sih udah kaya takut cemas maklum anak pertama , tapi semakin kesini agak tenangan karna bukan saya aja yg pas hpl belum lahir , saya percya kalo allah sudah merencanakan hari baik untuk baby lahir

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mba, Semoga lahirannya lancar ya ,ibu dan bayi sehat dan selamat. Aamminn

      Hapus
  25. Alhamdulillah bisa tetap tenang meskipun lewat HPL ya Mba

    BalasHapus
  26. sungguh artikel yg sangat bisa menenagkan istri saya, kebetulan istri saya HPL tanggal 31 Januari 2019 tapi sampai sekarang hanya kontraksi palsu yg dirasa. Jalan pagi hingga berjam-jam, gymball, senam hamil, jongkok dll sudah dilakukan. masih ikhtiar dan tetap positif. semoga minggu-minggu ini cepat lahir, selamat serta sehat walafiat semuanya...aamiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aammin. Semoga lahirannya lancar ya,ibu dan bayi sehat dan selamat. Aamminn

      Hapus
  27. Alamat dokter Fitri praktek dmn Bun?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Perum Graha Asri Blok F, Setu. Bekasi. Lewatin sekolah STTD lurus terus sampai ada tulisan GRAHA ASRI, sebelum pasar Setu ya.

      InsyaAllah di Blok F , pak satpamnya sudah kenal dan bisa tanya-tanya saja di sana.

      Hapus
  28. Q hpl 10 April udah mulai kontraksi kenceng dari tgl 1, tapi sampai skrng blm ada tanda2 ini anak ke 3 ada perasaan khawatir, mau periksa jadi takut nanti disuruh induksi

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya bun, nunggu saja lahir secara alami, memang sudah ada waktu bayi lahir.

      kalau induksi itu sakitnya ...

      Hapus
  29. Istri saya juga lewat hpl mana cuti saya habis ditambah dengan hasil USG menyatakan ada lilitan di leher membuat saya was2 tp saya serahkan kepada Allah SWT yang terbaik untuk istri anak dan saya

    BalasHapus
  30. Q jg udh h+4 bun, mudah2 an bs lhiran normal. Trimksih y bun sngt inspiratif dan memotifasi sekaligus menenangkn pikiran..

    BalasHapus
  31. Aku hpl 23 mei udah khawatir bun, soalnya yg lain uda pada lahiran. Pdhal yg lain hpl 10 juni tapi uda lahiran, aku yg 23 mei belum juga. Cuma miss v sering ngilu. Semoga saja sehat keduanya🤲

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aaamiin, iya pantau terus janinnya ya, dan tetap periksa. Semoga Allah mudahkan lahirannya

      Hapus
  32. dari semua dokter yg aku kunjungi mengatakan janin ku kecil dan ketuban sedikit,serta HPL tgl 27 juni..hanya 1 dokter yg mengatakan HPL aku masih jauh lagi,sekitaran 7 minggu lagi,krn dari hasil USG,dgn bobot janin yg kecil,maka usianya pd saat aku USG (17juni) masih di week 32-34 minggu..sementara dokter lain sudah 38 minggu...
    Nah aku kan jadi khawatir,apalgi kondisi ketuban sedikit dan emang dari awal gerakan bayi jarang terasa dari awal...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setahuku jika ketuban sedikit, perbanyak minum dan nutrisi selama kehamilan di perhatikan, pilih makanan yang diolah sendiri. serta cukup istirahat , sehat selalu ya mom

      Hapus
  33. Sy agak galau hpl mundur...bunda2 smua sy mohon doanya agar di permudahkan smuah2anya

    BalasHapus
  34. lewat hpl 4hari kak besok mau usg
    sebenarnya udah mulai stress
    tapi berusaha tenang buat aku n dedeknya
    doain ya kak bisa lahiran normal ibu & anak sehat2
    alhmdllh ya ckup nennangin
    bismillah

    BalasHapus
  35. Saya juga khawatir karna kehamilan saya sudah melewati hpl pertama di USG perkiraannya tgl 10 September dan USG ke 2 tgl 3 September tp sampai saat ini belum lahiran juga sampai sampai saya selalu di sarankan untuk segera oprasi, fikiran saya selalu saja tidak karuan mohon doanya ea kak supaya saya bisa lahir dengan cara normal

    BalasHapus
  36. MASYAAALLAH sangat bermaanfaat sekali mbk tulisannya.. terutama utk kami para ibu hamil yg sudah lewat HPL nya.. saya sdg hamil anak ke 4.. alhamdulillah 3x normal semua.. dan ingin lahiran normal lg.. HPHT sy 20/01/19 tidak bs dijadikan patokan kt dktr.. karena sblmnya saya haid 2* dalam sebulan, dan sy baru melahirkan 4 bulan, kemudian hamil lg (kesundulan).
    tp menjadi acuan dibidan..
    sedangkan 3 dktr spog berbeda2 HPL nya.. ada yg sm dgn bidan yakni 27/10.. ada yg 8/11 dan 18/11.. jujur saja saya sudah gelisah mbk.. tp terakhir USG 16 hari yg lalu, semua bagus kt dktr.. sudah sering merasakan kontraksi palsu.. perasaan sdh tdk karuan, semoga sy bisa melahirkan dgn proses normal kembalu, sehat selamat beserta bayi.. Lillahita'ala..

    BalasHapus
  37. MASYAAALLAH sangat bermaanfaat sekali mbk tulisannya.. terutama utk kami para ibu hamil yg sudah lewat HPL nya.. saya sdg hamil anak ke 4.. alhamdulillah 3x normal semua.. dan ingin lahiran normal lg.. HPHT sy 20/01/19 tidak bs dijadikan patokan kt dktr.. karena sblmnya saya haid 2* dalam sebulan, dan sy baru melahirkan 4 bulan, kemudian hamil lg (kesundulan).
    tp menjadi acuan dibidan..
    sedangkan 3 dktr spog berbeda2 HPL nya.. ada yg sm dgn bidan yakni 27/10.. ada yg 8/11 dan 18/11.. jujur saja saya sudah gelisah mbk.. tp terakhir USG 16 hari yg lalu, semua bagus kt dktr.. sudah sering merasakan kontraksi palsu.. perasaan sdh tdk karuan, semoga sy bisa melahirkan dgn proses normal kembalu, sehat selamat beserta bayi.. Lillahita'ala..

    BalasHapus
  38. Assalamualaiku mba mau tanya lahirannya di daerah mana? Aku mau lahir anak pertama insyaallah maunya normal, SDH lewat hpl, tp bidan2 pada ngasih rujukan k RS jadinya skr di RS, mudah 2an segera ada kontraksi n cepat naik pembukaannya

    BalasHapus
  39. Saya Juga Lagi Harap² Cemas Bun, HpL usg sama itungan bidan beda 5 hari..
    Setelah baca kisah bunda saya jd tersentuh, klo perhitungan bidan tgl 22 maret kemarin, sekarang udah lewat 3 hari tapi cuma rasain mules sama nyeri pinggang aja..jadi pikiran juga soalnya hamil anak pertama, jadi takut kenapa² sama bayinya..
    Di tambah mertua, tetangga, saudara, temen udh pada nanyain ko blm lahir juga jd tambah down..tapi sama bidannya cm disuruh sabar, sama kayak bidan bunda omongannya semua alami dan rahasia Allah SWT...

    BalasHapus
  40. saya tgl 18 juli hpl nya..smpe skr jg blm ada tanda2 mau melahirkan. smpet takut dan was2 jg..karena di kehamilan yg pertama melahirkan maju 11 hari dr hpl..tp stlh baca artikel ini sedikit lega.. dan minta doa nya ya smua nya..biar baby saya sgra lounching..aamiin..

    BalasHapus
  41. Slmt MLM,saya Mayang,sa'at ini saya jga SMA sdng menanti kelahiran dd bayi,dn smga smua brjlan lancar,tman2 yg barengan smua udh lahiran tinggal saya aja,yg msh menunggu

    BalasHapus
  42. Ini sya jga lewat hpl lebih 2 hari tp udh mulai stres dan kpikiran udh pngin putus asa aja pngin ndang cepat dikluarin, tapi suami bilang blm waktunya tapi ya gt masih kpikiran dan mulai stres lg. Hbs bca kisah mbk nya ya lmyan agak tenang dikit meski masih kpikiran, dan rencana tgl 8 besok mau ke dokter gtw jwbnya apa entah dsruh nunggu atau operasi. Smoga aja disuruh nunggu dlu. Kemarin sempet kontraksi pas malem tp trnyta dtnggu smpe pagi nggk jd kluar.

    BalasHapus
  43. Makasih bunda, baca tulisan bunda jd tambah tenang. Aku udah lewat HPL, usia kehamilanku sekarang 41w2d. Kontraksi sudah 2mingguan q rasain tp masih hilang timbul. Sempat stress n nangis tiap mlm karna banyak omongan2 yg bikin worry. Tp setiap periksa ke dokter, dokter jg nenangin kalo mungkin de2 masih pngen digendong bundanya didlm perut. Yg penting kondisi plasenta, air ketuban, n de2 masih aktif. Insya Allah bisa lahoran normal di waktu yg tepat. Doain y bunda2 semua, semoga si de2 segera lahor dg normal, lancar, sehat.

    BalasHapus
  44. Hello Everyone,

    Welcome to the future! Financing made easy with Prof. Mrs. DOROTHY LOAN INVESTMENTS

    Have you been looking for financing options for your new business plans, Are you seeking for a loan to expand your existing business, Do you find yourself in a bit of trouble with unpaid bills and you don’t know which way to go or where to turn to? Have you been turned down by your banks? MRS. DOROTHY LOAN INVESTMENTS says YES when your banks say NO. Contact us as we offer financial services at a low and affordable interest rate of 2% for long and short term loans. Interested applicants should contact us for further loan acquisition procedures via profdorothyinvestments@gmail.com

    Services rendered include:

    * Refinancing Loans
    * Car Loan
    * Truck Loans
    * COVID-19 Financing Loan
    * Home Loan
    * Mortgage Loan
    * Debt Consolidation Loan
    * Farm Loan
    * Business Loan [secure and unsecured]
    * Personal Loan [secure and unsecured]
    * Students Loan and so many others.

    For more info; Contact us via Email: profdorothyinvestments@gmail.com

    With Prof. Mrs. DOROTHY LOAN INVESTMENTS. you can say goodbye to all your financial crisis and difficulties as we are certified, trustworthy, reliable, efficient, fast and dynamic

    BalasHapus
  45. Terima kasih sudah berbagi cerita bun. Saat ini saya hamil 39 minggu, blm ada tanda-tanda dan malah jadi khawatir, padahal kan gaboleh stress ya. Saya malah ngga kepikiran ttg rasa sakit selama kontraksi, saya kepikiran ini kira2 kapan lahirnya, telat ngga ya, berakhir sesar ga ya, gituu terus huhuhu
    Ikhtiar dengan jalan2 pagi 30 menit, tetep kerja, pulang kerja aktivitas fisik layaknya IRT pada umumnya tp masih blm ada tanda-tanda. Setelah baca ini jadi agak lega, jadi percaya "waktu lahirnya bayi adalah ketetapan Allah" huhu mo nangis. Kok saya malah lupa harus berserah sm Sang Maha Kuasa.

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.