Menu
/

www.ernawatililys.com – Yang Perlu Kamu Ketahui Sebelum Memberi Nama Domain Untuk Blog. Perbincangan pertama kali dengan teman blogger, apa sih langkah awal menjadi blogger? Tentu saja punya blog, baik blog itu gratisan dengan nama blogspot.com atau wordpress.com. Namun, jika ingin profesional atau serius lagi mengelolanya, maka buatkan blog dengan nama domain berakhiran dotcom, dotnet, dll.  


Ada yang tahu domain itu apa? Domain adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi alamat (IP address) server komputer seperti web server atau email server di internet (red : klikhost.com). Jadi, buat yang mau jadi blogger perlu tahu banget alasan pemberian nama untuk blog kamu. Apalagi jika blog itu akan digunakan untuk personal branding.  Sebelum kamu beli domain, pikirkan dahulu untuk nama yang akan kamu pilih menjadi branding jangka panjang. Yuk simak penjelasan di bawah ini : 


Yang Perlu Kamu Ketahui Sebelum Memberi Nama Domain Untuk Blog :


1. Nama domain terdiri dari satu sampai dua suku kata. 

Pernah melihat blog dengan nama yang simpel dan hanya dari satu kata, seperti toko-toko online, ecommerce, instansi, blogger dan lainnya  masih memilih  nama-nama domain yang simple. Selain itu juga para tokoh, banyak yang memilih namanya dijadikan sebagai nama domain untuk menaikkan personal brandingnya. 

2. Nama domain mudah diingat 

Banyak nama domain yang simple terdiri dari satu, dua suku kata.  Tetapi ketika konsumen atau calon pembaca yang ingin menginjungi kembali seakan hilang arah sehingga lupa. Mau mengingat lagi belum tentu bisa. Walau segala pencarian bisa dicari dari jejak hostori penelusuran, kadang juga sulit mengingat nama blog tersebut.
“Wah tadi aku baca di mana ya?” Apa ya, alamatnya?”

Jangan sampai kejadian di atas bikin blogmu kehilangan pembaca setia hanya karena nama yang sulit diingat oleh pembaca. Jadi usahakan buatlah nama blog yang mudah diingat. 

3.Nama domain memberikan kepercayaan pada pembaca. 

Bisa dikatakan menduduki posisi google number 1 secara cepat itu sangat luarbiasa. Apalagi jika sudah langganan di posisi penelusuran pertama yaitu page one, sangat disayangkan jika tidak banyak yang klik karena namanya membuat calon pengunjung/pembaca tidak ingin mengklik karena namanya aneh, alay, dan sulit dibacanya.


4.Nama domain mudah diketik 

Bisa dikatakan pengunjung yang sudah mampir akan menjadi pelanggan setia membaca tulisan-tulisan blog kamu. Usahakan, agar mereka bisa juga mengetik alamat blog kamu dengan mudah. Baik secara ejaan kata dan juga pengucapan. Sekalipun menggunakan bahasa asing, pilihlah yang umum dan tidak membuat bingung. 

5.Nama domain mudah diucapkan

Mengetik nama blog kamu sama saja dengan mengucapkannya. Ketika pengunjung mengetik sesuai yang mereka ingat, lalu hasilna not found alias alamat tidak ditemukan, akan membuat mereka melupakanmu. Atau jika kamu sedang bertemu seseorang, jadi pembicara, atau ada yang bertanya alamat blog kamu, kamu mudah menyebutkannya dan si penerima pesan pun mudah mengulangi nama blog kamu. Jangan sampai-sampai karena ingin dibilang blognya keren dan gaul, justru membuat orang lain tidak bisa menyebut bahkan mengingat alamat blog kamu. 

6.Nama domain jangan terlalu panjang 

Nama blog terlalu panjang pun tidak disarankan karena pengunjung juga beraneka ragam usia. Ada yang pengunjung mudah mengingat nama alamat sekalipun sulit penulisan dan lainna. Namun ada juga pengunjung yang mudah lupa alamat yang sekalipun simple apalagi terlalu panjang. Mereka hanya ingat satu kata pertama. Jadi jika nama blog kamu adalah rumahimajinasikatahatisangdewi.com sebaiknya segera pangkas menjadi rumahkata.com , rumahdewi.com , sangdewi.com, atau rumahimajinasi.com. 


7.Nama domain unik tapi tidak alay 

Yang berjiwa muda pasti paham bahasa 4l4y, gaul. Karena kamu sudah punya komunitas dan namamu sudah dibuat branding dengan nama 4l4y, tapi untuk nama domain atau alamat blog kamu harus pikir panjang. Kalau hanya just fun atau hiburan semata, mungkin silakan saja, tapi kalau kamu nggak mau ambil resiko dengan sepinya pembaca dan juga ada komen dari netizen yang kritik dari nama blog kamu sampai tulisan yang ikutan alay juga, sebaiknya kembalilah ke jalan yang normal. Hehehe, jangan siksa pembaca hanya karena gaya-gayaan. Tulisanmu akan bermanfaat jika kamu pun menyajikannya secara baik dan bijak. Selain kamu dapat pembaca setia, siapa tahu juga jadi ladang profesi kamu. Karena sekarang ini menjadi blogger banyak dicari perusahaan bergengsi untuk bekerja sama, baik itu untuk mengulas produk terbaru atau juga review lainnya. Yuk, jadikan hobimu menjadi profesimu. 



Nah, tujuh tips di atas untuk kamu yang mau jadi blogger dan ingin membuat nama blog yang sederhana dan mudah diingat. Selanjutnya pasti ingin tahu juga kan, di mana bisa beli domain murah dan juga nggak ribet prosesnya. Sejak dahulu saja percayakan membeli domain murah di qwords. Selain harga terjangkau, aman, dan juga terpercaya. Customer Service online 24 jam, bahkan hari libur pun bisa kamu chit chat untuk bertanya-tanya perpanjangan, dll. Yuk segera bikin blog kamu jadi nyata, jangan lupa sebelum pilih nama domain, ingat-ingat  tips yang sudah dijabarkan di atas ya. Kalau ada pertanyaan dan juga sharing silakan di kolom komentar. 
Sumber gambar by pixabay 


Salam Inspirasi



Powered by Blogger.