Menu
/

www.ernawatililys.com - Catatan Keuangan Harian. Bagi moms 3 anak, yang sehari-hari sebagai ibu rumah tangga dan bekerja dari rumah. Paling ribet mencatat keuangan via laptop. Padahal kerjaan juga bikin laporannya via laptop. 

Pasti tahukan mamah-mamah kalau belanja pasti banyak dan cara simple melawan lupa uang belanja lari kemana, maka saya install aplikasi catatan keuangan harian. Simplenya selain ketak ketik by hp, bisa foto struk, bisa edit settingan pengeluaran dan pemasukan. Rapi juga laporan ini, dari aplikasi bisa send by email lalu kita tinggal downlod via laptop dan sudah rapi filenya dalam bentuk excel.


Cara install aplikasi keuangan harian ini yaitu :

  1. Buka play store
  2. Ketik catatan keuangan harian 
  3. Pilih yang gambar dompet abu-abu dengan  dua lembar uang yang menjulur keluar. 
  4. Install 
  5. Isi setiap pos-pos pengeluaran


Cara kerja aplikasi catatan keuangan harian ini, kalau baru install pasti bingung cara pakainya. Semua blank dan bikin bingung ya. Namun, coba-coba saja semua, bisa didelete jika memang salah post atau bisa diedit juga jadi memang dibuat sederhana untuk ibu-ibu. 


Cara kerja aplikasi catatan keuangan harian :


Klik icon yang sudah diinstall “Catatan Keuangan Harian”
Ada 3 laman, “Utama, Laporan, dan Setelan”
  • Utama : Untuk mencatat setiap transaksi harian baik pendapatan maupun pengeluaran. Cara mencatatnya adalah klik “Tambah”  maka akan muncul slide “Tambah Transaksi” berisi tanggal transaksi, tipe transaksi, kategori, jumlah dan judul. Isi saja.

Contoh : 01 Mei 2018
Tipe : Pemasukan 
Kategori : Gaji Pokok
Jumlah : 5.000.000
Judul : Gaji bulan Mei 18
Kemudian klik simpan 


  • Laporan : laman yang menginfokan apa saja yang telah kita input di laman “utama”. Sehingga semua pencatatan tampil dalam bentuk laporan. 


  • Setelan : laman untuk mengedit atau menyesuaikan semua alur pengeluaran yang sesuai dengan rumah tangga masing-masing. 

Untuk mengedit ketegori pengeluaran (disesuaikan dengan pengeluaran rumah tangga masing-masing). Jika tidak ditambahkan pun tak apa-apa pengeluaran umumnya saja. 


  1. Edit kategori pemasukan : untuk mengedit pemasukan yang diterima selain gaji pokok. Ada pemasukan jualan online, jualan jasa, atau pemasukan dari hasil kerja harian lainnya. Tidak diedit pun tak mengapa, cukup sesuai aplikasi saja. 
  2. Atur pin aplikasi : ini untuk pengamanan agar tidak ada yang akses sembarangan. Atau ada anak-anak yang buka-buka aplikasi mamahnya. Tapi saya tidak pakai. Semoga aman terkendali.
  3. Tentang aplikasi : menurut saya inipenting sekali,ibarat kita tahu siapa pembuatnya, desain dan pemogramnya, ada juga kontak yang bisa dihubungi. 
  4. Setelan lainnya : bisa untuk atur pengingat,manual backup, manual restore, currency format. Ini tambahan aplikasi yang bisa Moms pilih. 






Alhamdulillah jadi pos-pos bisa diamankan. Moms, pakai aplikasi atau catatan manual dibuku atau via laptop ngetik by excel? Sharing yuk, atau langsung pakai amplop buat bagikan pos-pos pendanaannya.


Salam Inspirasi 

5 comments

Aplikasi yang membantu khususnya untuk sirkulasi keuangan

Reply

Mau coba install juga bermanfaat banget buat sehari-hari, suka lupa juga mau ngesave pengeluaran.

Reply

Pencatatan yang super simple banget bisa langsung tertata rapi selama satu bulan.

Reply

Yuhu, apalagi yang mau nabung dan butuh pencatatan arus kas, agar nggak bablas juga.

Reply

Wah ada aplikasi kayak gini juga ya, saya pingin download untuk memanage keuangan lah. :D

Reply

Powered by Blogger.