Menu
/


Nunu Amir PNS dan Blogger. Dua profesi  yang berbeda namun dapat bersinergi. Nunu Amir yang berprofesi sebagai Pegawai Negeri Sipil yang ditempatkan di Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian. Yang awalnya pada akhir tahun 2014 ikut test CPNS dan diterima. Lalu bagaimana Nunu Amir masuk ke dunia tulis menulis dan blog, simak terus ya. 




Nur Sahadati Amir, lebih akrabnya dipanggil dengan nama Nunu. Waktu awal main Facebook-an kata Nunu, ia mulai belajar menulis dan mempunyai nama Nunu Amir Marewangeng (menambahkan nama kakek  biar bugisnya kelihatan) sebagai nama pena, dan nama profil di sosial media tersebut. Karena merasa nama itu kepanjangan jadinya disingkat saja menjadi Nunu Amir dan nama ini boleh dibilang semacam personal branding baginya sampai sekarang. Nah sudah tahu kan sejarah nama Nunu Amir, lanjut lagi ya. 

Nunu Amir yang berdarah bugis ini kini mengadu nasib di Jakarta. Bukan sebuah kebetulan, ada perjalanan panjang dan tak terduga meghampiri. Wanita single yang menamatkan pendidikan terakhir di D3 jurusan Manajemen Informatika. Dahulu punya rencana untuk resign dari pekerjaan di Makassar dan ikut tinggal bersama Ibunya di Tanjung Pandan - Belitung, namun jawaban takdir berkata lain yang mengantarkan Nunu ke Jakarta hingga saat ini. 


Terjun Ke dunia Tulis Menulis dan Ngeblog


Masih menurut pengakuan Nunu Amir, awal menulisnya di blog pada tahun 2011. Ternyata sebenarnya Nunu Amir sudah memiliki blog sejak tahun 2006 tapi tidak konsisten dan sering gonta-ganti blog gara-gara sering lupa password.

selalu muncul diawal buka blog Nunu Amir ^_^


Mulai serius ngeblognya sejak tahun 2011 itupun karena promosi bisnis MLM yang Nunu ikuti kala itu. Biar isinya tidak iklan banget  blognya Nunu diisi dengan tulisan-tulisan dan ada juga tulisan copas dari web ataupun blog lain (yang terakhir ini jangan ditiru, dulu Nunu belum pahamrule-nya jadi blogger no copas)

URL blog Nunu waktu itu yaitu www.nunusangpemimpi.blogspot.com (pakai “sang pemimpi” karena tetralogi laskar pelangi dan Andrea Hirata adalah favorit Nunu. “Edensor” juga yang paling favorit, menginspirasi Nunu agar suatu saat nanti bisa berkeliling Eropa dan Afrika. 

blognya Nunu Amir
Sejak pertengahan 2015 lalu Nunu memutuskan membeli domain dan url blog diubah menjadi www.nunuamir.com. Blog ini sekarang telah di monetize, dan cukup menghasilkan. 


Pada tahun 2011 Nunu berkenalan dengan seorang mom blogger asal Makassar, namanya kak Mugniar, pada waktu itu Nunu meminta direkomendasikan agar bisa menjadi member IDBlogNetwork. Kak Niar setuju untuk merekomendasikan Nunu dengan beberapa syarat antara lain : 
  • blog saya tidak boleh alay
  • animasi burung twitter yang berterbangan di blog Nunu harus dihilangkan, 
  • tulisan di blog Nunu tidak boleh berbau SARA, 
  • menghapus postingan copas dan menyarankan agar lebih banyak menulis tulisan karya sendiri. 
Nah, ini Erna setuju banget, buat blogger yang Newbie point penting ini harus dicatat ya. 


Menambahkan lagi bahwa Kak Niar pada waktu itu mengatakan bahwa tulisan Nunu Amir sangat  bagus, untuk apa  copas punya blog orang lain. Nunu Amir pun akhirnya  insaf jadi blogger copas.

apresiasi menjadi Blogger Favorit

Selanjutnya jasa Kak Niar yang lainnya adalah pembuka jalan Nunu Amir mengenal dunia tulis menulis, blogging, dan komunitas. Kak Niar menarik Nunu untuk bergabung di grup FB komunitas Ibu-ibu Doyan Nulis (IIDN) Makassar dan Pusat (awalnya Nunu enggan gabung, karena merasa belum jadi ibu-ibu). Bergabung di IIDN Nunu mulai belajar menulis yang baik dan benar itu seperti apa. Nunu juga mulai ikut berbagai lomba menulis dan blogging. Lebih banyak gagalnya daripada menang, walaupun gagal Nunu tidak berkecil hati, yang penting proses dan semangat belajar nulisnya. 

Sejak mulai belajar menulis, tulisan Nunu Amir pernah mejeng di beberapa buku antologi antara lain : 

Bunga Rampai Seringkuh (2)
Cinta Membaca (2)
Dalam Genggaman Tangan Tuhan
Sembuh dan Sukses dengan Terapi Menulis
Apa Kabar, Sahabat Dumay-ku


Selain itu juga tulisan Nunu Amir di "One Day One Juz" juga pernah diterbitkan di sebuah harian lokal "Amanah".

Untuk buku solo, itu salah satu mimpi Nunu Amir yang sedang diperjuangkan. Saat ini on progress, kata pihak Indscript sedang ditawarkan ke salah satu penerbit. 

Doakan ya teman-teman semoga mereka mau menerbitkannya. Aamiin. Harapan dan Doa Nunu Amir. 


Mau tahu prestasi Nunu AMir dalam dunia blog, ternyata Nunu Amir ini pernah menjuarai beberapa  lomba blog, antara lain :

Juara 3 Lomba Blog "Makassar Tidak Kasar"
Juara 2 Kontes Blog Semi SEO "Disabilitas Tanpa Batas"
Juara 3 Lomba Blog UseeTV pada Acara Blogicious 2012
Juara 3 Lomba Blog Kopi Oey Makassar
7 Besar Lomba Blog Semi SEO Komunitas Blogger Maros tentang Bantimurung
Juara Lomba Blog Bugis Water Park yang dilaksanakan oleh Komunitas Blogger Makassar. 


Semangat belajar Nunu Amir patut ditiru nih, tidak mudah menyerah dan terus berlatih. Yuk teman blogger yang mau menjadi sahabat Nunu Amir, bisa add dan follow akun sosmedmnya ya :

FB : Nur Sahadati Amir
FB Page : Nunu Amir Blog
Twitter : @nunu_amir
Instagram : @nunu.amir
email : nunu.sangpemimpi@gmail.com


Salam Sahabat Blogger 




2 comments

Salam kenal buat Nunu Amir.. Kisah beliau mirip2 diriku.. PNS dan blogger nge-blend jadi passion hidupku..

Reply

asyik ada bu Lurah mampir terimakasih ya :)

Reply