Menu
/

Dunia bisnis bagi kami bukan hal baru lagi. Karena kami berdua sudah mencicipi manis pahit dunia bisnis. Dari membuka bisnis kuliner, bisnis fashion, usaha kursus online dan offline hingga saat ini menekuni bisnis di passion kami masing-masing namun saling mendukung. Saya akan bahas kenapa kami menyebutnya bisnis duo.


Gambar diatas saya foto ketika saya mengisi acara kepenulisan di kampus Umar Usman. Disana banyak quote orang-orang besar yang menyadarkan saya untuk tetap semangat dalam menjalani dunia bisnis. Awalnya saya sudah pesimis dengan dunia bisnis. Tetapi saat ini saya dapat pencerahan kembali untuk bisnis keluarga kami. Keseharian saya sebagai ibu rumah tangga, penulis buku, blogger dan juga mompreneur dengan menyicipi aneka bisnis yang pernah saya geluti tiga tahun terakhir. Salah satu yang masih berjalan adalah tokofamily.com , tempat jualan online yang produknya untuk saat ini masih dari suplier dan ada yang beberapa dari produk sendiri seperti menjual buku-buku yang saya tulis dan juga ada produk DVD edukasi karya suami saya. Kenapa namanya tokofamily.com karena kedepannya insyaAllah akan diisi oleh produk-produk keluarga kami.

tersedia produk edufamily di tokofamily.com

Setelah mengisi acara workshop kepenulisan di Jakarta dengan membawa duo anak saya yang cukup anteng dari pagi sampai sore hingga acara selesai. Alhamdulillah, saat saya mengisi materi pun anak saya duduk di bangku  ikut menyimak dan satu lagi saya gendong. Ada yang bertanya kemana ayahnya anak-anak, kebetulah di hari yang sama, suami saya juga sedang mengajar kursus VB.Net dan Mikrokontroller di daerah Bekasi.


Yang membuat saya tak pernah lelah dalam berbagi ilmu yang saya miliki adalah menyambut kebahagiaan orang lain yang mau belajar menulis. Kebetulan juga saya berbicara dengan salah satu founder bisnis produk muslimah yang tertarik juga dengan dunia tulis menulis, saya dan beliau berbincang bagaimana memadu padankan antara bisnis dan hobi menulis agar bisa berjalan. Saya hanya menjalani kecintaan saya dengan menulis menjadikan sebuah buku yang bermanfaat, berbagi artikel di blog, dan mengisi materi kepenulisan di kelas menulis offline dan  online.  Jika dirasa ilmu saya dan pengalaman saya ini bermanfaat untuk dibagikan, saya dengan senang hati berbagi. 

Sebenarnya, bukan satu dua yang bertanya dimanakah mereka bisa kursus menulis offline dengan saya. Saya belum menjawabnya karena mempertimbngkan banyak hal salah satunya ingin membuka kursus untuk usaha suami dahulu yang sudah berjalan. Jadi saya hanya dapat menyarankan untuk ikut mendaftar di komunitas kepenulisan offline yang sejak tahun 2008 saya aktif disana. Jika tidak bisa ikut offline maka bisa ikut kelas kepenulisan online dan saya juga menjadi mentor kepenulisan di sana. Namun, ada saja yang ingin tetap belajar private dengan saya. Walau keinginan itu belum saya wujudkan secara offline, kalau konsultasi gratisan baik lewat email, whatsapp, inbox FB saya tetap menerima dengan senang hati. Karena bagi saya menulis adalah berbagi kebaikan. Termasuk sharing ilmu dan pengalaman.

Sejak SMP saya sudah memiliki kelas private untuk yang mau belajar baca tulis dan belajar mata pelajaran yang ingin dikuasai. Kelas belajar di rumah saya ini cukup lama juga hingga saya lulus SMA. Jumlah murid paling banyak adalah 20 murid, tidak dipungut biaya alias Gratis. Namun, jika ada orangtua yang memberi uang tanda terima kasih, saya belanjakan untuk membeli fasilitas belajar seperti papan tulis kecil dan meja atau juga camilan untuk dimakan bersama. Setelah saya meninggalkan kota kelahiran saya di Bogor dan merantau di Bekasi untuk kerja dan kuliah, belajar private tetap berlangsung dan dilanjutkan oleh adik saya. Hanya bertahan satu tahun dan akhirnya tutup.

Setelah saya lulus kuliah dan hidup menyewa rumah dengan suami, saya kembali membuka kursus menulis. Awalnya saya membagikan majalah anak-anak yang saya dapatkan dari pihak majalan anak sebagai bukti terbit karya saya. Karena jumlah majalah anak dan remaja sudah banyak juga (kebetulan saya rutin mengisi majalah tersebut), maka saya bagikan kepada tamu saya yang datang ke rumah atau anak-anak ditempat tinggal saya. Ada beberapa yang tertarik dan ingin belajar. Saya pun mengajarkan kelas menulis anak gratis di area tempat tinggal saya, dan satu anak yang serius telah memiliki karya berupa puisi dan artikel. Tak berhenti disitu, saya pun mengajarkan keponakan-keponakan saya (jika kebetulan sedang bersilaturahmi) untuk belajar kelas menulis anak dengan saya. Alhasil, empat keponakan saya memiliki karya yang terbit di majalah baik artikel, puisi dan cerpen.

Status instagram tahun lalu bertepatan ramadhan juga, ada karya dari saya dan keponakan.


Ternyata ilmu jika dibagikan dengan keikhlasan, feedbacknya luarbiasa. Banyak yang ingin private menulis bersama saya. Dari anak-anak, remaja hingga orang dewasa. Akhirnya saya pun menceritakan kegelisahan saya itu pada suami untuk membuka kursus menulis di rumah. Suami pun memikirkannya dengan matang, bahwa selama ini juga ia mengajar kursus sudah sering pesertanya mencarinya sampai rumah, dari mahasiswa yang ingin  tugas akhirnya dibantu, karyawan yang ingin memperdalam ilmu di sesuai bidangnya di tempat kerja, dan dosen yang ingin memperdalam keahliannya, dan masih banyak lagi. Akhirnya suamipun berpikiran sama kenapa tidak dirumah saja membuka tempat kursus PLV VB.Net Arduino Mikrocontroller dan kursus menulis dirumah, dalam satu CV. Bagai gayung bersambut, ternyata suami pun menyetujui permintaan saya. Suami saya juga ingin membuka kelas kursus online dan offline namun di rumah sendiri juga, bukan di tempat lain yang saat ini lumayan jauh juga jarak tempuhnya. Hal yang terpenting bagi saya adalah dapat memulai kursus dari rumah.

Belajar dari pengalaman pahit bisnis yang lalu-lalu. Ya, dahulu ketika ego bisnis masih labil, kami pernah banting setir terjun ke bisnis yang memang bukan passion kami berdua, yaitu usaha kuliner. Walau kuliner itu sangat cepat perputaran modalnya, bahkan kami langsung punya dua usaha kuliner dan ada yang sampai buka cabang. Namun, kami mengalami masalah di human trust. Saya sebagai bagian keuangan mendapati modal yang raib, suami selaku pemilik modal harus memutuskan kerjasama kepada mereka yang tidak bisa amanah. Tentu kerugian yang kami alami sangat besar sekali. semua jadi pelajaran bagi kami. Untuk saat ini kami akan kembali membesarkan bisnis duo ini dengan perencanaan yang matang. Saya sendiri yang akan mengelola dan menyiapkan segala hal untuk keperluan bisnis duo kami ini. 

Saat ini, saya dan suami menyamakan suara, mencintai passionnya masing-masing tanpa perlu memaksa satu sama lain harus seperti ini dan satunya lagi harus rela meninggalkan hobinya. Namun kami saling dukung dan selaras dalam menuju masa depan, kami menamakan bisnis ini bisnis duo. Saya yang hobi menulis, ngeblog dan berjualan online serta mengajar training kepenulisan di dukung suami untuk tetap pada passionnya, suami tidak memaksa saya untuk ikut ke passionnya atau saya terpaksa meninggalkan kecintaan saya pada dunia menulis. Karena akan ada salah satu yang dkorbankan. Tetapi dalam dunia bisnis tentu harus fokus dahulu untuk salah satu bisa dibesarkan, maka saya tetap menyusun bisnis duo yang pertama kali launching adalah milik suami karena semua jadwal kursus suami secara online dan offline telah tersusun rapi, modul sudah siap, sertifikat juga sudah ada.

Saya mendukung bisnis suami untuk melanjutkan pembuatan  DVD edukatif dan promo kursus training offline onlinenya serta open order untuk perusahaan-perusahaan yang membutuhkan alat sensor produksi, counter produksi, dll. Sedangkan saya yang mengurusi perizinan usaha, mengelola keuangan serta menjadi marketing bisnis duo ini. Pengalaman kerja di perusahaan 6 tahun di perusahaan asing membuat saya memahami rencana kerja yang harus dibuat. Saya pun mendukung terutama usaha suami yang semakin hari semakin banyak peminatnya. Sebagai tim management sekaligus marketing banyak yang harus dibenahi, terutama untuk fasilitas kerja yang butuh peralatan yang terbaik dan berkualitas.


Kendala di Bisnis Duo 

Setelah mengalami kerugian puluhan juta di bisnis pertama, tidak mudah bagi kami bergerak di bisnis duo ini. Kenapa harus duo, karena memang agar cepat membentuk modal untuk pengurusan perizinan usaha dan juga membeli perlengkapan kursus, dll. 

Saya pun sebagai penulis dapat menabung dari royalti, selain itu blog ini juga telah menghasilkan pundi-pundi hingga lebaran ini saya dapat 4 baju lebaran gratis dan baju anak-anak juga dapat sponsor *alhamdulillah, serta THR an dari pekerjaan menulis ini. Setidaknya saya bisa menabung untuk pembukaan bisnis duo ini.

Suamipun semakin banyak order permintaan DVD edukatif, saat ini baru launching dua DVD edukatif yaitu VB.Net dan Mikrokontroller. Permintaan untuk DVD 3, 4 dan 5 sudah mulai banyak orderan.

Order permintaan DVD edukatif

Kendalanya kami berdua punya satu laptop dan satu netbook. Satu laptop untuk mengerjakan proyek-proyek kami memang agak repot sekali, sedangkan netbook saya mengalami kerusakan akibat terendam banjir. Jadi pekerjaan semakin menumpuk. Saya harus ekstra gerak cepat agar pekerjaan saya selesai. Maka saya sering sekali mengetik by handphone. 

Suami saya pun menyarankan untuk membeli PC all in One saja untuk bekerja di rumah karena lebih efisien dan fleksibel. Tetapi saya masih memikirkan alokasi pembiayaan untuk pengurusan surat izin usaha terlebih dahulu dan membeli perlengkapan kursus lainnya. PC pasti tetap dibutuhkan, tetapi saya juga bingung mencari harga yang bersahabat dan ramah pemakaian dirumah alias hemat listrik, serta tidak boros tempat, dan PC tersebut dapat membantu pekerjaan lebih cepat dan produktivitas meningkat.

Andalan untuk Bisnis Duo Kami


Saya memilih ASUS setelah suami merekomendasikan, selain itu saya juga bertanya kepada teman-teman blogger dan semua memberikan testimoni bahwa ASUS yang terbaik, awet, bandel dan kuat. ASUS memang pemimpin pasar di Indonesia menyediakan semua kebutuhan produk untuk semua tingkat, dari harga hemat hingga harga yang premium. Semua memiliki keunggulan tersendiri, sesuai dengan kebutuhan dan daya beli seluruh masyarakat.

ASUS menjadi pilihan para profesional IT, ASUS telah memenangkan 4368 award, sehingga ASUS menjadi brand nomor 1 di Indonesia.

Pilihan Tepat untuk Semua yang Kami Butuhkan ada di ASUS Zen AiO Pro Z240IC


Menyempurnakan Produktivitas


ASUS telah dilengkapi Zen AiO  sampai dengan 4K / UHD (3840 x 2160) IPS 10-point multi-touch yang tidak hanya menunjukkan setiap detail, tetapi juga memiliki warna yang nyata hidup dengan sudut pandang lebar 178 °. Layar Zen AiO  adalah sebuah keajaiban. Cocok sekali untuk pekerjaan membuat desain program dan mendesain PCB.

Layar Zen AiO  memiliki gamut warna yang lebar hingga 82% NTSC, 85% Adobe RGB dan 100% sRGB. Zen AiO  mereproduksi warna yang lebih akurat, dan warna yang lebih kaya dan lebih jelas dari tampilan standar. Sehingga untuk pengontrollan program yang dibuat oleh  kami akan tampak lebih jelas dan ukuran yang lebar membuat semua data terlihat secara menyeluruh.


Zen AiO  hanya menggunakan komponen terbaru dan paling canggih, sehingga kita dapat menikmati performanya yang tinggi untuk jenis pekerjaan apapun. Didukung generasi terbaru hingga Intel® prosesor quad-core i7, dikombinasikan dengan memori DDR4 hingga 32GB memori dan PCIe® Gen 3 x 4 storage SSD, Zen AiO memiliki kekuatan untuk cadangan respon yang instan dan multitasking. NVIDIA® GeForce® GTX ™ 960m yang khusus digunakan untuk menikmati luar biasa film HD dan video dalam warna yang hidup dan nyata, atau bahkan dengan resolusi penuh dengan pengaturan kualitas tinggi. Nah seperti diatas ketika hendak melihat hasil video rekaman, serta pengerjaan program yang butuh layar jelas dan gambar yang tajam.

Menggunakan total 6 speaker untuk memberikan suara yang kaya macam dan volume. Setiap saluran stereo berkekuatan 8-Watt menggunakan tiga speaker yang kuat yang terletak di kedua sisi Zen AiO, memberikan pemisahan stereo dan total penggunaan 16 Watts murni, suara tidak terdistorsi untuk pengalaman yang luar biasa. Untuk proses rekaman dan hasil yang didapat agar lebih jernih.


DVD eduktif atau DVD Tutorial pembelajaran VB.Net dan Microkontroller yang banyak di minati, bahkan DVD Arduino sedang dinanti launchingnya.


Zen AiO  adalah PC All-in-One pertama di dunia yang menggunakan generasi USB 3.1 yang memberikan transfer data secepat kilat hingga 10 Gb / s - yang dua kali lebih cepat USB 3.0, dan 20 kali lebih cepat dari USB 2.0! Dengan kecepatan ini, bahkan transfer data dengan size besar tidak terasa sama sekali. Zen AiO menggunakan konektor Type-C terbaru untuk meningkatkan kemudahan penggunaan. Konektor berbentuk reversibel, sehingga tidak bisa dimasukkan dengan cara yang salah! Dan untuk konektivitas maksimum, Zen AiO juga memiliki lengkap 4 port USB 3.0 ditambah USB 2.0 port. Sangat cocok untuk kirim-kirim file pemograman. Bagi saya juga nantinya bisa dipakai untuk mengisi kelas online menulis, seperti beberapa waktu lalu saya membuat video rekaman untuk para pelajar di Yaman. Penulisnya masih di Indonesia, ilmunya sudah sampai keluar negeri, bahkan ada buku yang sudah masuk di perpustakaan Yaman. Alhamdulillah, bermanfaat.

Zen AiO Pro dilengkapi dengan kamera 3D yang menggunakan teknologi Intel® RealSense ™ untuk menambah kemampuan futuristik sebuah PC. Secara akurat dapat merasakan gerakan orang atau benda di depan kamera, menjadikan interaksi canggih dengan PC. Misalnya, dengan pengenalan wajah yang tepat 3D, wajah sendiri bisa menjadi password login  untuk cara yang cepat, sederhana dan aman untuk mengakses komputer. Keamann bisnis tetap terjaga.

Zen AiO Pro adalah pusat kehidupan digital, yang memungkinkan untuk membuat awan pribadi sendiri dengan cepat, aman dan nyaman akses ke semua file dari perangkat apapun. Tidak peduli di mana file  disimpan - pada Zen AiO Pro , pada perangkat mobile  , atau di awan -  dapat mengakses mereka semua dengan mudah dan cepat dari Zen AiO Pro .

Dengan setiap Zen AiO Pro , kita mendapatkan akun 100 GB ASUS WebStorage benar-benar gratis selama satu tahun. Cocok untuk tempat penyimpanan file kerja yang penting, mudah diakses dan salah satunya dapat menyimpan program yang telah dibuat jangan sampai hilang dimakan virus.

HomeCloud mudah digunakan, membuat sharing dokumen, file, gambar, musik, file laporan menjadi lebih cepat dan pastinya aman. 

PC Link membuat mobile tetap berjalan dimanapun.  Menghubungkan dengan notifikasi dari perangkat mobile , sehingga tidak perlu melewatkan panggilan , atau kehilangan pembaruan sosial, bahkan jika perangkat  ada di ruangan lain sekalipun. Jadi tidak mengganggu konsentrasi apalagi mencari perangkat mobile diletakkan dimana, ada info yang terlewat dan juga panggilan yang tak terjawab. Pokoknya untuk bisnis online PC All In One ASUS Zen AIO dapat menjadi andalan.

Membagikan tautan dengan mudah gak pakai ribet kabel data, dan colokan. Jadi meminimalisir tempat juga. Tinggal tap tap tap transferan lancar, pekerjaan makin cepat kelar.
Menyimpan file  disinkronisasi secara nirkabel antara Zen AiO Pro dan perangkat lain, sehingga  selalu memiliki versi terbaru pada setiap perangkat, tak perlu repot mengupdate file diperangkat mobile, sudah otomatis diperbaharui.


Zen AiO Pro memiliki lebih banyak ruang penyimpanan, menjadi salah satu pilihan terbaik untuk para konten multimedia pencipta visual,  pilihan para editor,  artis, programmer. Duduk dengan tenang mengerjakan semua pekerjaan bersama ASUS Zen AIO Pro, semua kemudahan ada di ASUS Zen AiO Pro.

Nah, sudah semua dibahas kenapa jatuh pilihan kepada ASUS Zen AiO Pro Z240IC, memang sangat cocok untuk pelaku bisnis. Dari mulai penampilan yang penuh keajaiban, layar monitor yang besar dan tajam, kemudahan konektivitas, kemudahan penyimpanan dan transer data, suara jernih serta buat keamanan data juga sangat terjaga, dengan kamera 3D yang bisa membuat password dari wajah sendiri, aman tanpa khawatir lagi file-file tercecer apalagi sampai hilang.

Membuat Skema Bisnis Duo

Seperti diatas telah diceritakan, bahwa kami memiliki passion yang berbeda namun menyatukannya dengan dukungan bersama. Mungkin bisa dibesarkan lagi menjadi usaha rumah pintar UKM digital.

Skema bisnis saya buat menjadi 3 tahap :

1. Hot Step (Langkah panas, atau titik awal)

Langkah disini bukan baru memulai bisnis, namun menjalankan bisnis yang sudah berjalan namun menuju arah yang mandiri. Dengan perlengkapan seadanya namun bisnis tetap berjalan. Menikmati proses tetapi punya target sekitar 1 tahun. Setiap bisnis tak mungkin langsung ada diatas,walau mungkin ada juga pastinya modal dan tim sangat mempengaruhi. Inilah namanya proses, belajar untuk membangun usaha dan impian yang telah dipanjatkan lewat rangkaian doa.

Tahap awal ini, melakukan join sementara pembuatan sertifikat untuk peserta, karena CV dalam proses pengurusan. Setelah CV dimiliki saatnya naik level mandiri. Sambil melengkapi peralatan kursus yang diperlukan.

Hal yang diperlukan pada tahap awal ini :

  • Segera menyelesaikan proses izin usaha
  • Membuat promo-promo atau launching perdana (untuk tempat yang baru)
  • PC All in One ASUS untuk menyimpan data-data usaha, menyimpan program dan modul training online dan data lainnya untuk presentasi
  • LCD Proyektor
  • AC
  • Akses internet untuk peserta kursus di rumah
  • tempat duduk dan meja kerja
  • papan tulis


2. Warm Step (Tahap Mandiri dan Penataan)

Pada tahap ini kami menata struktur bisnis agar semakin kuat. Dari jadwal kursus yang dapat dibuat fleksible sesuai keinginan peserta hingga membuka kelas kursus dengan mendatangi perusahaan-perusahaan. Menentukan target serta melihat setiap peluang yang ada pada bisnis ini untuk dijadikan sebagai ide baru dan membuat inovasi bisnis.

Kursus Andalan bisnis kami yang dikedepankan saat ini yaitu, Kursus Mikrokontroler AVR dan Arduino.

Target Peserta :

  1. Pelajar dan Mahasiswa
  2. Teknisi dan engineer
  3. Pengajar dan dosen
  4. Penggemar dan hobby


Tujuan Kursus

  • Mampu membuat aplikasi mikrokontroller untuk solusi masalah di tempat kerja (otomatisasi)
  • Mampu membuat aplikasi mikrokontroller untuk tugas akhir
  • Menambah skill untuk melamar pekerjaan


Jadwal Kursus


3. Cold Step (Tahap Pengembangan)

Setalah izin usaha dikantongi, sudah bukan lagi tahap awal. Maka mindset untuk mengembangkan bisnis harus dibuat strategi. Hal yang pertama dilakukan adalah membangun kenyamanan pada para pelanggan lama, dan membangun kolam untuk para pelanggan baru. Service ditingkatkan, promo harus lebih gencar lagi. Terkadang seseorang memilih keyakinan kursus itu berdasarkan testimoni yang diberikan oleh para alumninya. Setelah itu evaluasi diperlukan agar bisa menjalankan tahap berikutnya.

Tahap pengembangan terbagi menjadi dua yaitu tahap pengembangan internal dan eksternal. Pengembangan bisnis secara internal adalah membenahi segala fasilitas tempat kursus yang sudah ada.

Pada tahap pengembangan ini membutuhkan tambahan fasilitas diantaranya :

  • 1 unit PC All in One untuk penyimpanan khusus file pengelolaan bisnis 
  • 3-6 unit PC All in One untuk proses pembelajaran yang efektif, 
  • Merenov ruangan serbaguna agar bisa jadi kelas khusus ataupun bisa diubah menjadi ruang seminar dan workshop.
Selanjutnya pengembangan bisnis secara eksternal yaitu menerima permintaan dari luar yang ingin bergabung atau menjalin kerjasama dengan mitra bisnis yang ingin membuat usaha dibawah management bisnis duo.

Maka program selanjutnya,membutuhkan perlengkapan yaitu :
  • 1 unit PC All in One yang digunakan untuk pelatihan pemrograman khusus untuk para trainer. Satu unit ini selanjutnya akan dijadikan invest para trainer di tempat usaha barunya bisa di beli cash or credit. 
  • Membuat Kelas Pintar Digital, dimana semua member dapat menikmati ruangan kelas dengan membuat program lewat PC All in One ASUS. Tentu ini program gratis untuk perkenalan agar para pengunjung mendapat ilmu pengetahuan baru dan jika minat mendalami bisa langsung mengikuti kursus. Maka dibutuhkan 10 unit PC All in One ASUS untuk menunjang program ini agar berjalan lancar tanpa hambatan. 
Saya memilih tiga tahapan ini yaitu hot step, warm step, dan cold step. Bukan berarti tahap hot step itu tahap darurat namun tahap yang harus diberi solusi sehat dan cermat untuk menjalankan bisnis ini. Begitupun warm step bukan berarti tahap santai, tetapi butuh gerakan mandiri dan penataan lebih lanjut agar bisnis menuju perkembangan. Tahap terakhir yaitu cold step,bukan tahap aman, tahap beku dan tahap damai, tetapi bagaimana membuat perusahan yang stabil dn melebarkan sayap dengan membuka cabang dan semakin di kenal masyarakat. bersyukur menjadi salah satu yang membuat masyarakat jadi melek digital dan menjadi tenaga ahli dibidangnya. 

Setelah bisnis kursus pemprogramman berlanjut pada tahap yang aman terkendali, saya akan fokuskan pada bidang trainer yang saya sukai yang saya sebutkan pertama diatas, penulis dan ngeblog. Saat ini pun sudah tahap pembuatan tim, logo dan rencana kerja. Semoga semua berhasil dengan dukungan ASUS Zen AiO Pro Z240IC. Kenapa tetap setia memilih ASUS Zen AiO Pro, selain untuk belajar mengetik naskah, menggambar, belajar infografis blog dan juga pembuatan vlog yang saat ini sedang tren. Untuk tahapan nya pun sama yaitu tiga tahap dengan kebutuhan yang bisa di sewa di tempat kursus yang pertama tinggal atur jadwal dan waktu pelatihan agar tidak bersamaan. Apapun bisnisnya memantapkan langkah dengan ASUS Zen AiO Pro. 




Untuk impian besar memang butuh pengorbanan yang besar, semangat yang tak pernah padam dan keyakinan yang kuat. Menjalankan usaha harus banyak berdoa dan mewujudkannya dengn tindakan nyata, bukan disimpan dalam kepala. Tembus bisnis duo dengan ASUS Zen AiO Pro bikin bisnis gak pernah loyo, semakin jago pakai ASUS Zen AiO Pro. Siap menyambut dunia dengan ASUS Zen AiO Pro, sahabatnya para StartUp. 

Tetap setia dengan All in One ASUS karena berbasis Intel Processor menggunakan teknologi terkini yang dapat mendukung operasional bisnis atau perkembangan usaha. Kekuatan komputasinya dapat menunjang bisnis tradisional dengan teknologi terkini berupa layar sentuh 10 jari, koneksi port serial (COM), modul NFC dan pembaca Smart Card untuk mendukung aplikasi bisnis. Juga Bodinya ramping dan kompak, menjadikan produk All in One ASUS sempurna untuk bisnis yang memiliki keterbatasan ruang area kerja. ASUS sangat mengerti kebutuhan para pengusaha pemula. Untuk membuka bisnis percayakan pada ASUS ahlinya. Apapun bisnisnya selalu ada ASUS solusinya.

SalamSukses







Sumber gambar : http://www.asus.com/ID/AllinOne-PCs/Zen-AiO-Pro-Z240IC/
16 comments

Jujur, aku lebih tertarik baca kisahmu, Jueng Na, daripada keterangan yg bawah2 aku ra mudeng ki wkwkwkkwk *dodol
Mbrebes milii baca bagian atas2 smpe tengah
Keren, Mb
Smoga makin sukses, terus jd bunda yg menginspirasi dg sgala ksibukan masih tetep bisa berkarya & berbagi, dan tetep tawadhu'
Aamiin, YRA

Reply

Asyik, terima kasih doanya ya miyo. Peluk Miyo juga :)

Reply

Brand ASUS memang sudah terkenal dan terpercaya, dengan adanya perangkat ASUS pasti akan sangat membantu dalam menjalankan bisnis duo ini.
Sukses terus ya mbak, smoga menang.
Btw itu ilustrasinya kereeenn :)

Reply

Terima kasih mba Lianny, untuk doanya dan kunjungannya. ASUS memang ahlinya ya mba sudah banyak yang jatuh hati pada ASUS.

Reply

Bisnis besar memang perlu semangat yang lebar, teknologi cetar
Semoga makin sukses

Reply

Senangnya ya mbak, bisa berbisnis dari rumah. Punya partner bisnis sekaligus pasangan hidup..he..he Gak perlu ninggalin anak-anak terlalu lama. Semoga sukses bisnisnya ya...

Reply

amiin,terima kasih doanya ya kaka @lizprayitno. Senang sudah mampir disini :)

Reply

amiin, terima kasih kak @nurul. iya mau bikin usaha dari rumah.

Reply

setuju sama qoute-nya "impian yang bedar butuh pengorbanan yang besar"
hasil selalu berbanding lurus dengan usaha yah Mba Erna, goodluck buat lombanya :)

Reply

terima kasih kaka , senang sekali dapat doa lagi. AMinn, Allahumma amiin. Terima kasih sudah berkunjung :)

Reply

wow mahmudcan yg satu ini emang hebring. moga makin wus wus lancar jaya rejekinyanyaa
gut lak untuk lombanya

Reply

Amiiin, alhamdulillah terima kasih doanya ya kaka. Senang sudah berkunjung :)

Reply

Sukses mbak untuk kursusnya,emang PC Asus itu kereeeen

Reply

terima kasih tya doanya, amin. senang sekali sudah berkunjung

Reply

Semoga sukses, dan terwujud bisnis duo nya

Reply

Waaaah cakep nih Asusu Zen AIO, kereeennnnnn. Reviewnya lengkap pula Maaaak :D Hihiiii. Sukses terus bisnisnya ya Maaaaaaaak :D

Reply