Menu
/


Jika dengar kata batik, yang terlintas dalam pikiran adalah produk kebanggan dalam negeri. Di Indonesia setiap daerah mempunya cirri khas batik tersendiri, seperti batik Cirebon, batik Lasem, batik Kalimantan, batik Yogyakarta, dll.


Batik merupakan warisan budaya bangsa. Sejak abad ke 6 batik mulai dikenal di Indonesia. Awalnya batik dikenakan oleh para petinggi kerajaan, tokoh penting atau  bangsawan. Seiring berjalannya waktu batik menjadi pakaian yang  banyak disukai. Hingga akhirnya batik menjadi pilihan semua rakyat Indonesia untuk acara-acara yang dianggap formal.

Jika ada acara resmi baik acara Negara, acara pernikahan, acara wisuda, dan acara-acara lainya banyak dijumpai orang-orang yang memakai batik. Ada kebanggaan tersendiri ketika kita memakai batik. Corak batik yang selalu unik dan bernilai seni selalu memikat hati para pecinta batik.

Apalagi sejak batik diakui oleh Unesco pada tanggal 2 Oktober 2009. Batik semakin mendunia dan menjadi incaran para pecinta batik di dunia. Tak kalah, pemerintah pun menetapkan pada tanggal 2 Oktober sebagai hari batik . Sehingga masyarakat bisa ikut berpartisipasi dalam mendukung produk dalam negeri.

Ternyata saat ini bukan hanya batik yang berbentuk pakaian saja yang digandrungi. Para pecinta batik mulai mengoleksi aneka pajangan yang berbahan batik. Bisa dilihat dari patung yang memakai kain batik, Acesoris dari batik dan pernak pernik batik lainnya.

Tahukan Anda untuk menjaga aneka pajangan atau pernak pernik berbahan batik dari serangan jamur bisa melakukan cara mudah yaitu dengan cara:

  1. Membersihkan pajangan batik dari debu-debu yang menempel
  2. Siapkan air teh kental (tidak manis)
  3. Lap dengan katun bersih
  4. Celupkan lap ke dalam air the kemudian usapkan perlahan-lahan ke seluruh permukaan batik hingga basah merata
  5. Kemudian jemur batik dibawah terik sinar matahari sampai benar-benar kering.
Kini batik pajangan Anda bersih dan tidak jamuran lagi.

Lalu bagaimana jika kita memiliki koleksi baju batik, apakah caranya sama juga dengan membersihkan pajangan batik?


Tentu tidak, jika Anda memiliki koleksi baju batik atau kain batik. Yang perlu diperhatikan adalah hati-hatilah ketika Anda ingin mencucinya. Hindari mencuci kain batik kesayangan Anda dengan deterjen biasa. Belilah sabun pencuci khusus berbahan lerak. Untuk mendapatkannya Anda bisa menemukan sabun khusus ini toko-toko batik atau di tukang batiknya langsung. Hal lain yang perlu diperhatikan adalah jangan menjemur kain batik dibawah sinar matahari langsung, cukup hanya diangin-anginkan saja.

Setelah tahu merawat kain batik, cara lain agar koleksi batik tidak pudar atau cepat rusak, yaitu dengan cara memilih bahan kain batik yang berkualitas. Saat ini Anda bisa dapatkan koleksi kemeja batik pria berkualitas yang tersedia di MatahariMall.com. Memberikan yang terbaik untuk pasangan dengan model Hem Batik Jagung Regular Fit dari Batik Karunia untuk moment istimewa.



Hem Batik Jagung Regular Fit dari Batik Karunia, motif batik tradisional dengan desain simple dan elegant. Hem Batik Jagung Regular Fit dari Batik Karunia dengan perpaduan warna-warna cerah dapat dipadu-padankan dengan gaya favorit Anda sehari-hari. Material serat jagung yang nyaman di kulit. Cocok untuk kegiatan semi formal, formal, hingga outfit berpesta Anda. Untuk itu Anda tidak perlu lagi khawatir akan koleksibatik kesayangan Anda dan pasangan. Karena Hem Batik Regular Fit dari Batik Kurnia bisa menjadi solusi cepat untuk memberikan penampilan terbaik pasangan Anda di hari spesial.



Kelebihan lainnya berbelanja batik di MatahariMall.com yaitu nyaman dipakai, mudah dicuci, fashionable dan bahan berkualitas. Selain itu banyak promo diskonnya. Tunggu apalagi saatnya belanja ke MatahariMall.com keperluan Anda tersedia di sana.


SalamBatik
6 comments

batik, baju sejuta umat :D
hheee

Reply

Wowww... nice info mbak, jadi tahu klu batik ga boleh dicuci pake detergen biasa.

Reply

sama-sama mba, iya mba biar tetap awet batiknya dicuci pakai sabun khusus.

Reply

aku barusan dapet diskon 100rebu bingung mau belanja apaan, tak kasihkan adekku aja :D

Reply

wis, keren diskonnya gede juga ya di MatahariMall.com memang keren deh buat belanja disana banyak promo nya ya

Reply